Slide 1

Berita PUPR > TEKNOLOGI BALITBANG MERESPON PERMASALAHAN DI BANJARMASIN


Senin, 05 Maret 2018, Dilihat 159 kali

BANJARMASIN- Dalam upaya menyelesaikan permasalahan infrastruktur yg dihadapi oleh daerah di Indonesia, Balitbang PUPR menyelenggarakan diseminasi dan bimbingan teknis hasil Litbang dan visiting doctors yang mengundang peserta pra konreg untuk berpartisipasi dalam menuntaskan masalah yang dihadapi di daerahnya. Acara yang digelar di Banjarmasin, 2 Maret 2018 ini dimanfaatkan oleh daerah dengan cukup antusias.
"Badan Litbang PUPR mengidentifikasi isu - isu yang ada di lapangan dan menyebarkan kuesioner sebelum acara ini diselenggarakan, oleh karena itu kami mengirimkan spesialis sesuai dengan bidangnya masing - masing untuk menjawab atau merespon apa yang menjadi kendala di tempat kita masing - masing " ujar Sekretaris Badan Litbang Harry Vaza pada pembukaan acara Diseminasi Hasil Litbang dan Vistiting Doctor di G'Sign Hotel, Banjarmasin.
Acara tersebut merupakan bentuk bimbingan teknis sekaligus menjaring kebutuhan teknologi infrastruktur di daerah khususnya di wilayah timur. Sementara untuk menjawab permasalahan yang dihadapi di daerah, Balitbang menyediakan visiting doctors dgn menghadirkan peneliti yang ahli dibidangnya.
"Kami dari Badan litbang sangat mendorong karena ini merupakan perintah dari Menteri PUPR untuk mengawal pembangunan di daerah terutama Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk diberikan masukan - masukan teknologi" ungkap Harry Vaza Sekretaris Balitbang
Adapun teknologi Hasil Litbang yang di sampaikan pada acara kali ini antara lain; Bidang Puslitbang Sumber Daya Air menyampaikan 6 teknologi yaitu Blok Beton Terkunci, Sistem Managemen Operasi dan Pemeliharaan Irigasi (SMOP), Teknologi Pintu Air Berbahan Karet dan Fiber, Teknologi Canal Blocking Pada Lahan Gambut, Teknologi Kualitas Air, dan Teknologi Peringatan Dini Banjir .
Teknologi tersebut cocok diterapkan di Banjarmasin yang sebagian wilayahnya rawa, yang kualitas airnya kurang baik juga merupakan lahan pertanian yang perlu bimbingan teknis untuk menerapkan SMOP dan teknologi pintu air untuk mengairi sawahnya.
Untuk bidang Puslitbang Perumahan dan Permukiman membahas 6 Teknologi Hasil Litbang, yaitu Teknologi Penampungan Air Hujan (PAH), Teknologi IPA Paket, Teknologi IPA Gambut, Teknologi Saringan air rumah tangga, Teknologi Instalasi Pengolahan Air Saringan Pasir Lambat, dan Teknologi Pompa Hidran. Teknologi ini juga dapat menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat di daerah ini.
Sedangkan untuk Teknologi Puslitbang Jalan dan Jembatan membahas tentang Teknologi Hasil Litbang Aspal Plastik, dan terkahir Teknologi yang di bahas oleh Puslitbang Kebijakan Penerapan Teknologi adalah Bisnis Proses pemanfaatan Limbah Plastik. Hal ini untuk mengantisipasi plastik kresek yang sering dipakai untuk belanja ibu-ibu rumah tangga, agar tidak mencemari sungai-sungai yang menjadi sentral pasar untuk jual beli masyarakat dan sebagai distinasi pariwaisata.


"Dengan adanya kegiatan ini semoga dapan memberikan informasi serta solusi dari permasalahan yang ada dan Teknologi dari Balitbang ini bisa diterapkan untuk bangunan yang ada di Propinsi, Kabupaten dan Kota" tutup Harry Vaza Sekretaris Balitbang saat membuka acara.
Turut berpartisipasi dalam acara ini, Harry Vaza Sekretaris Badan litbang, Binsar Parlinggoan Simanungkait Kepala Balai Rawa Sumber Daya Air , Budi Doelrachman Kepala Balai Litbang Penerapan Teknologi Jalan dan Jembatan, Anwar Yamin Kepala Bidang Stanker Puslitbang Jalan dan Jembatan, dan Dery Indrawan Kepala Bidang Stanker Puslitbang Sumber Daya Air yang memberikan bimbingan teknis kepada stakholders di wilayah timur.