Slide 1

Berita PUPR > Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga Tinjau Kesiapan Jalur Mudik 2018 di Jalur Utara dan Jalur Tengah Provinsi Jawa Timur


Rabu, 30 Mei 2018, Dilihat 235 kali

Peninjauan Langsung Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga, untuk kondisi jalan dan paket pekerjaan TA 2018 Wilayah Jawa Timur 26-27 Mei 2018 dimulai dari Jalan Lintas Tengah Provinsi Jawa Timur. Jalur ini diprediksi akan cukup ramai pada arus mudik 2018 ini karena melewati beberapa kota seperti Mantingan-Ngawi-Madiun-Caruban-Nganjuk-Jombang-Mojokerto untuk menuju kota kota di wilayah timur pulau jawa seperti Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo dll.

Jalan Nasional di Lintas Tengah Jawa ini sudah cukup baik, sehingga Kabalitbang bersama Ses Ditjen BM & Kepala Balai Besar Jalan Nasional 8 Ditjen BM, menyusuri jalan tol yang pekerjaannya belum selesai agar dapat dijadikan jalan tol fungsional pada saat mudik lebaran, agar para pemudik dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

Sebelumnya waktu tempuh dari Solo ke Nganjuk membutuhkan waktu sekitar 5 jam, sedangkan sekarang melalui Tol SOKER waktu tempuh akan jauh lebih cepat yaitu sekitar 2,5 jam. Atau hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk menempuh Surabaya-Ngawi, Selama ini waktu tempuh Surabaya-Ngawi melewati jalan nasional sekitar 5 jam.

Sejak tol Surabaya-Jombang beroperasi penuh pertengahan Desember 2017, waktu tempuh Surabaya-Jombang hanya sekitar 50 menit. Waktu tempuh tersebut terhitung dari pintu tol Bundaran Waru hingga gerbang tol (Bandar) Jombang, menggunakan mobil pribadi dengan kecepatan rata-rata 100 kilometer per jam.

Data yang berhasil dihimpun, tol Surabaya-Jombang mencapai 76,7 kilometer, sementara Kertosono-Ngawi di kisaran 87 kilometer yang terdiri dari ruas tol Ngawi-Wilangan 49,5 kilometer dan Wilangan-Kertosono sepanjang 37,7 kilometer.
Kondisi jalan tol fungisional sudah mumpuni untuk dilewati kendaraan. Mayoritas konstruksinya berupa beton. Fasilitas penunjang seperti lampu jalan, pembatas jalan, rambu, dan markah jalan sudah tersedia di beberapa titik. Fasilitas tersebut masih belum merata, namun dipastikan sekitar tgl 6 juni 2018 mendatang, akan siap menyambut para pemudik yang akan berlalu lalang.