Slide 1

Berita PUPR > Kepala Balitbang Danis H Sumadilaga Sampaikan Dukungan Produk Litbang Berbasis Masyarakat ke DPR saat RDP


Kamis, 05 Juli 2018, Dilihat 44 kali

Jakarta, Kepala Badan Litbang PUPR Danis H Sumadilaga hadir pada rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan agenda evaluasi pelaksanaan kegiatan yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 sampai dengan bulan mei 2018 sekaligus usulan program tahun 2019 dengan Komisi V DPR RI di ruang rapat Komisi V DPR RI, Selasa, 4 Juli 2018

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balitbang Danis H Sumadilaga menyampiakan bahwa ada tiga peran Balitbang, pertama Balitbang sebagai unit yang melakukan penelitian dan pengambangan pada kontek Teknologi Terapan yang terdiri dari Kajian, Model, Prototipe, Replikasi Perdana (Pilot Project) dan Kebijakan. Kedua Balitbang bertanggung jawab terhadap Standarisasi dan dan Rekomendasi Teknis (Standarisasi, Advis Teknis dan Alih teknologi) dan yang ketiga adalah Balitbang juga bertanggung jawab terhadap Penilaan Kesesuaia Teknologi.

Selain peran Balitbang PUPR yang disampaikan Kepala Balitbang, juga disampaikan kegiatan Balitbang yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 sampai dengan bulan Mei dalam rangka mendukung agenda prioritas nasional.
Dibidang Ketahanan Pangan dan Ketahanan Energi, Balitbang melalui Pusalitbang Sumber Daya Air telah mengembangkan berbagai produk teknologi yang bersifat fisik yang berbasis masyarakat, produk software serta layanan advis teknis. Dibidang Konektivitas dan Pengembangan Wilayah, Balitbang melalui Pusatlitbang Jalan dan Jembatan juga telah mengembangkan berbagai produk, begitu juga dukungan Balitbang dibidang Perumahan dan Permukiman.

Sedangkan di Bidang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Balitbang melalui Pusatlibang Kebijakan dan Penerapan Teknologi telah melakuan kegiatan Replikasi Perdana Bidang Sumber Daya Air, Bidang Perumahan dan Permukiman, Bidang Jalan dan Jembatan didearah-daerah yang sangat membutuhkan, serta Replikasi Perdana dalam rangka mendukung Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Tahun 2018.
Disamping kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 sampai dengan Mei, Kepala Balitbang juga menyampaikan beberapa agenda dan produk Litbang yang akan di terapkan dibeberapa wilayah Indonesia pada tahun 2019 masih dalam rangka mendukung agenda Infrastruktur PUPR dan Agenda Prioritas Nasional dengan teknologi berbasis masyarakat.

Rapat dipimpin oleh Ibnu Munzir dan dihadiri oleh dihadiri oleh Sekjen Anita Firmanti, Irjen Rildo Ananda Anwar, Plt. Kepala BPIW Lana Winayanti, Kepala BPSDM Lolly Martina Martief dan para Anggota Komisi V DPR RI.