Slide 1

Berita PUPR > Balitbang Gelar Knowledge Management Awareness


Senin, 09 Juli 2018, Dilihat 242 kali

Bandung (09/18), Sekretaris Badan Litbang Herry Vaza memimpin acara Knowledge Managemenet Awerness (KMA) yang merupakan tindak lanjut arahan Kepala Balitbang Danis H Sumadilaga yang mempunyai harapan kepada Unit Organisasi Balitbang agar kedepannya Balitbang bukan hanya sekedar sebagai Knowledge Isntitut tapi juga bisa menjadi Research Institute, yakni menjadikan konsumen sebagai sumber pengetahuan (customer oriented : the customer is always a co-produsen) dengan kata lain Balitbang memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada konsumen untuk turut aktif terlibat dalam berinovasi.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh pada acara tersebut, antaralain pertama KMA merupakan alat manajemen untuk mewujudkan target organisasi lebih baik dan lebih cepat, dengan mengintegrasikan antara ORANG, PROSES BISNIS dan TEKNOLOGI. Kedua KMA membantu me-manage seluruh pengetahuan khususnya tacit knowledge yang ada agar tidak hilang, mudah diakses dan berdampak menambah nilai pada organisasi (service design). Ketiga Balitbang PUPR harus siap dalam era New Wave pada revolusi industri 4.0. Balitbang harus dapat merasakan dan tanggap terhadap perubahan yang ada, bukan sebaliknya.

Adapun tahapan pengembangan platform KMA yang disusun oleh Balitbang terdisi dari beberapa tahap, antara lain Asesmen komponen (asesmen karyawan, organisasi dan infrastruktur teknologi inofrmasi), Pemetaan peran dan tanggung jawab co-creatif platform dan tata kelolanya, Desain co-creation platform architecture, Desain knowledge responsitory, Desain metode, proses kerja dan panduan pelaksanaan Knowledge Management, Penyusunan Knowledge Management Framework dan Roadmap.

Dari beberapa tahapan pengembangan flatform diatas, ada beberapa tahapan yang perlu ditindaklanjuti segera, yakni perlu pengidentifikasian terkait hasil-hasil litbang, apakah hasil-hasil penelitian yang ada telah berupa “knowledge” atau belum, serta perlu disusun SK Tim Tata Laksana Unit Center Knowledge Management.

Acara ini dilaksanakan selama dua hari yang meliputi paparan Knowledge Managemant Awarenesess, Co-Creattion, Knowledge Mapping serta Workshop di Ruang Rapat Grha Wiksa Praniti – Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Bandung dan dihadiri oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Kepala Bagian Perencanaan dan Evaluasi – Sekretariat Badan Litbang, serta pejabat-pejabat struktural dan peneliti dari Pusat-Pusat Litbang.

 

Bahan Knowledge Managemenet Awerness (KMA) klik disini