Slide 1

Berita PUPR > Pemanfaatan Air Minum Teknologi dan Sanitasi di Beji, Depok


Senin, 06 Agustus 2018, Dilihat 42 kali

Implementasi kebijakan penerapan teknologi air minum dan sanitasi secara terpadu, sesuai Rencana Strategis (Renstra) tahun 2014-2019 adalah penerapan teknologi air minum dan sanitasi di zona hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung RW14, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beiji, Kota Depok.  Kondisi di lapangan untuk memenuhi keperluan air minum dalam kegiatan aktivitas sehari-hari masyarakat menggunakan air sumur (25%), air sungai (65%), air PDAM (10%). Kondisi sosial diketahui jumlah Penduduk RW 14 yang memanfaatkan air minum hasil pengolahan teknologi air minum isi ulang Puslitbang Permukiman, Kementerian PUPR, terdiri dari empat RT yaitu RT 3, RT 4, RT 6 dan RT 7.

Penerapan teknologi air dan sanitasi secara terpadu di kawasan DAS, menunjukkan bahwa keterpaduan penerapan sistem penyediaan air minum dan sanitasi dapat mendukung proses pembentukan masyarakat pada tingkat pemahaman dan perubahan perilaku dalam upaya peningkatan fungsi hidrologis DAS. Selain itu, pelibatan masyarakat sangat diperlukan dari mulai tahap pencarian lokasi, pembangunan, pemeliharaan dan pemenanfaatan, sehingga diharapkan adanya rasa memiliki yang tinggi. Harapannya, setelah ada pemanfaatan teknologi terjadi perubahan signifi kan pada masyarakat, diantaranya meningkatnya kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Hal yang perlu ditekankan, perubahan perilaku menuju masyarakat yang berkeinginan untuk konservasi lingkungan dan kemampuan untuk mengelola teknologi merupakan target jangka panjang dan memerlukan waktu yang cukup lama. Alhasil diperlukan pendampingan dalam penyelesaian kendala kendala yang menghadang penerapan teknologi tersebut.

Read More...