Slide 1

Berita PUPR > Upaya Balitbang Kementerian PUPR dalam Penanggulangan Bencana Pasca Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat


Senin, 17 September 2018, Dilihat 272 kali

Sekretaris Badan Litbang, Dr. (Eng). Herry Vaza melaksanakan kunjungan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 13 September 2018. Pada kesempatan ini, Herry Vaza berkunjung ke lokasi Sosialisasi Rumah Tahan Gempa khususnya teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) yang merupakan produk Kementerian PUPR (Balitbang-Puslitbang Perumahan dan Permukiman). Sosialisasi tersebut telah dilakukan oleh Enginers Muda Kementerian PUPR bersama Senior Fasilitator kepada masyarakat korban gempa di Desa Pemenang Timur, Kabupaten Lombok Utara.

Masyarakat Desa Pemenang sangat antusias dengan sosialisasi Rumah Tahan Gempa ini khususnya Teknologi RISHA. Meskipun masyarakat masih trauma dengan rumah yang terbuat dari beton, tetapi dengan teknologi RISHA mereka mau membuka mata dan menerima kehadiran teknologi RISHA sebagai salah satu solusi terbaik di wilayah Rawan Gempa.

Sosialisasi tersebut telah dilakukan sebanyak 2 kali dan dilakukan di lokasi yang sama yaitu Desa Pamenang TImur. Sosialisasi berlangsung dengan terbagi menjadi 2 sesi yaitu pada pagi hari pukul 09.00 WITA dan pada sore hari pukul 16.00 WITA untuk mencegah agar masyarakat tidak terlalu ramai berkumpul di lokasi sehingga kegiatan sosialisai dapat berjalan dengan baik dan lebih efektif.