Slide 1

Berita PUPR > Plt. Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR Tinjau Pembangunan RISHA di Lombok, Nusa Tenggara Barat


Selasa, 09 Oktober 2018, Dilihat 143 kali

Plt. Kepala Badan Litbang,  Ir.  Lukman Hakim, M. Sc melakukan kunjungan ke lombok,  Nusa Tenggara Barat pada tanggal 5 Oktober 2018. Pada kesempatan Kali ini,  Plt. Kepala Badan Litbang berkunjung ke beberapa lokasi antara lain bangunan teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat)  di desa Kekait Kabupaten Lombok Utara dan ke salah satu lokasi pembuatan panel - panel RISHA oleh masyarakat dan BUMN di Kabupaten Lombok Tengah.

Risha merupakan salah satu rumah tahan gempa yang dikembangkan oleh Balitbang ( Badan Penelitian dan Pengembangan). Teknologi RISHA juga sudah mendapat apresisasi yang cukup besar oleh banyak orang.  RISHA memiliki beberapa keunggulan yaitu pengerjaannya lebih cepat,  mutu dan kualitasnya sudah teruji untuk wilayah rawan gempa. Sosialisasi dan pendampingan dalam pembangunan menggunakan Teknologi RISHA di Lombok sudah berjalan satu bulan pasca bencana dan masih terus dilakukan. 

" Kemarin,  tanggal 04 Oktober 2018 Bina Konstruksi melakukan pelatihan dan sertfikasi tenaga terampil sebanyak 560 orang dalam pembangunan Rumah Tahan Gempa  RISHA dan Balitbang berperan sebagai narasumber kepada tenaga ahli tentang pengetahuan metode teknologi RISHA agar dapat di terima oleh masyarakat " ujar Plt. Kepala Badan Litbang,  Ir. Lukman Hakim,  M. Sc pada saat melakukan kunjungan lokasi bangunan RISHA di desa Kakait Kecamatan Gunung Sari,  Lombok.

Terdapat 43 personil tenaga ahli yang tersebar ke seluruh kabupaten atau kota di provinsi Nusa Tenggara Barat agar dapat melakukan pendampingan assessment terhadap bangunan gedung yang rusak dan melakukan pendampingan dalam mensosialisasikan  pembangunan bangunan menggunakan Teknologi RISHA.

" Perlu di ingat,  Balitbang bukan lemba pembangun,  tetapi Balitbang diharapkan dapat mensosialisasikan teknologinya,  kemampuannya untuk mendampingi masyarakat dan memberdayakan masyarakat agar masyarakat berpengetahuan untuk bisa melakukan pembangunan RISHA. Sekarang ini,  Balitbang membangun RISHA untuk memberikan contoh kepada masyarakat dan membiarkan masyarakat atau lembaga untuk membangun sendiri" jelas Kepala Badan Litbang,  Ir. Lukman Hakim, M. Sc.

Mengingat pada saat ini di Indonesia terjadi banyak gempa, maka diperlukannya banyak aplikator - aplikator dari masyarakat dan juga mengundang BUMN untuk membangun bangunan rumah dan gedung lainnya seperti masjid dan sekolah dengan menggunakan Teknologi RISHA. Masyarakat yang berpartisipasi sebagai aplikator juga turut serta membangun dan menciptakan panel - panel untuk membangun RISHA.