Slide 1

Berita PUPR > Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 90 : Bangun Pemuda, Satukan Indonesia


Selasa, 30 Oktober 2018, Dilihat 49 kali

Jakarta – Plt. Kepala Badan Litbang Lukman Hakim memimpin upacara sekaligus bertindak selakaku Inspektur upacara pada peringatah hari sumpah pemuda yang ke 90 tahun 2018 di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada hari senin (29/10/18), bertindak sebagai Komandan Upacara Kepala Puslitbang Sumber Daya Air Eko Winar Irianto. Upacara diikuti oleh Pejabat Tinggi Madya, Pratama, serta pegawai Kementerian PUPR.

Dalam upacara tersebut Inspektur Upacara Lukman Hakim membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi mengatakan, hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema "Bangun Pemuda Satukan Indonesia". Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Disisi yang lain dampak akan perkembangan teknologi informasi mempunyai dampak positif dan negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara," lanjutnya.
Pesan lain yang disampaikan oleh Lukman kepada para peserta upacara yakni revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapa kita jadikan sebagi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju,"dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di kancah Asia. Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia, dan berhasil menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games para atlet berhasil membawa Indonesia menduduki peringkat ke-5.
“wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia” tagas Lukman dipenghujung Sambutannya.

img-alt

Tim Paskibra Puslitbang Jalan dan Jembatan, Balitbang