Slide 1

Berita PUPR > Balitbang adakan Sosialisasi Peraturan LIPI No.14 tahun 2018 bagi para Jabfung Peneliti di Lingkungan Balitbang


Senin, 14 Januari 2019, Dilihat 17 kali

Bandung, Kurang lebih sebanyak 150 peneliti dan tim penilai dari seluruh Pusat Litbang di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengikuti acara Sosialisasi Peraturan LIPI Nomor 14 Tahun 2018 dan Internalisasi E-Peneliti yang diselenggarakan oleh Sekretariat Badan Litbang. Acara digelar di Kantor Pusat Litbang Sumber Daya Air, Bandung (25/1/19) dan mengundang narasumber dari Pusbindiklat Lembaga Ilmu Pengetahuan Iindonesia (LIPI).

Acara dibuka oleh Sekretaris Badan Litbang Kementerian PUPR, Ir. Herry Vaza, M.Eng. Sc., Ph.D mewakili Plt. Kepala Badan Litbang. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Plt. Kepala Pusbindiklat LIPI, Ratih Retno Wulandari, S.Sos., M.Si. yang dipandu oleh Prof(R) Dr. Ir. Eko Winar Irianto (Kepala Pusat Litbang Sumber Daya Air). Paparan menerangkan tentang beberapa perubahan yang ada dalam Peraturan tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti tersebut. Beberapa poin penting yang disampaikan antara lain bahwa perubahan peraturan dimaksudkan untuk mengakomodasi substansi PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan PermenPAN-RB Nomor 34 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Peneliti, kualifikasi pendidikan untuk Peneliti Pertama s.d. Madya minimal Strata 2, sedangkan untuk Peneliti Utama minimal Strata 3. Selain itu disampaikan terdapat perubahan konsep penilaian kinerja peneliti yang tidak hanya berdasarkan pada angka kredit, tetapi perlu juga adanya uji kompetensi. Untuk Hasil Kerja Minimal (HKM) harus dapat dipenuhi dalam satu periode, serta untuk penilaian kinerja peneliti ditetapkan berdasarkan pencapaian Angka Kredit setiap tahun.

img-alt

Antusiasem Peneliti Balitbang pada dalam acara Sosialisasi Peraturan LPI No. Nomor 14 Tahun 2018 dan Internalisasi E-Peneliti di Puslitbang Sumber Daya Air Bandung

Memasuki sesi kedua, acara diisi dengan paparan mengenai e-Peneliti yang disampaikan oleh narasumber dari Pusbindiklat LIPI, Fadly Akbar Saputra, S.Si. dan dipandu oleh Kepala Bidang SDK Pusat Litbang Sumber Daya Air, Syamsul Bahri S.Si., M.T. Pada sesi ini dijelaskan mengenai tutorial penggunaan portal e-Peneliti untuk mempermudah proses input publikasi, kegiatan, administrasi serta usulan Hasil Kerja Minimal (HKM) dan penilaian angka kredit bagi peneliti. Selain itu para peneliti dihimbau untuk selalu dapat melakukan pembaruan data e-Peneliti guna pemutakhiran data jabatan. Selama acara berlangsung, dibuka sesi tanya jawab pada setiap akhir paparan. Antusiasme para peserta sosialisasi yang tinggi dapat dilihat dari proses diskusi yang berjalan dengan sangat dinamis.

Dengan adanya acara ini diharapkan dapat tercapai keseragaman pemahaman baik antara peneliti, tim penilai, maupun pimpinan unit litbang di lingkungan Kementerian PUPR sehingga ke depannya kegiatan penelitian dapat berjalan dengan lebih produktif, efektif, dan efisien.