Slide 1

Berita PUPR > Pilot Project Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) di Pacitan Jawa Tengah


Rabu, 08 Mei 2019, Dilihat 351 kali

Masyarakat Desa Kledung, Kecamatan Pacitan, Jawa Tengah saat ini sudah tak lagi khawatir saat kemarau tiba pasca Balitbang Kementerian PUPR memilih wilayah tersebut menjadi salah satu lokasi Pilot Project Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) yang merupakan solusi bagi masyarakat untuk memecahkan kekurangan air di wilayah-wilayah sulit seperti Pacitan.

Percontohan teknologi Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) yang telah diterapkan ini diharapkan dapat mendorong Pemerintah Kabupaten Pacitan untuk melakukan hal yang sama di wilayah lainnya karena kondisi kebutuhan air masyarakat sangat tinggi sedangkan sumber-sumber air sangat jauh dari permukiman. Sehingga melalui Teknologi Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikembangkan di Pacitan.

Keunggulan dari Teknologi Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) adalah menggunakan energi air tanpa energi listrik atau bahan bakar minyak. Sedangkan sistem dari teknologi tersebut adalah energi air menggerakan turbin kemudian turbin langsung terhubung dengan pompa tanpa dikonverensi terlebih dahulu ke energi listrik dan pompa yang beroperasi digunakan untuk menaikan air. Kemudian dengan meminjam energi air 250 liter/detik untuk menggerakan turbin dengan tinggi jatuh 4 meter dapat menaikan air sampai setinggi 300 meter dengan debit 1,3 liter/detik. Jumlah tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku untuk lebih dari 1.500 jiwa di Desa Kledung.

Pembangunan Teknologi Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) lebih dari 35 orang yang merupakan warga setempat terlibat dalam pembangunan baik itu pembangunan untuk bangunan sipil seperti ambang, kolam penenang, kemudian pemasangan instalasi pipa dan juga rumah pompa. Namun untuk hal-hal teknis seperti turbin dan pompa dilaksanakan oleh tenaga yang ahli dan terlatih.

Diresmikan pada tanggal 28 Maret 2019, Kepala Pusat Litbang Sumber Daya Air memberikan sambutan pada saat acara serah terima Penerapan Teknologi Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) berlangsung. Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ru ang Kabupaten Pacitan, Camat Kecamat Bandar, Kepala Desa Kledung Kecamatan Bandar, Kepala Balai Litbang Sumber Daya Air, Anggota DPR RI Komisi V, Aparat Keamanan dari Desa dan Masyarakat Desa Kledung Kecamatan Bandar yang dimeriahkan dengan salah satu seni budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut yaitu Reog Ponorogo.

“Karena ini merupakan hibah, tentu harapannya adalah bahwa masyarakat bisa mengelola dengan baik melalui satu kelompok yang ditunjuk tentunya. Yang sudah kita berikan pengetahuan, kita latih dan selanjutnya mereka akan mengoperasikan sendiri dan mampu untuk mengelola bisa terjadi kerusakan-kerusakan.” tegas Kepala Pusat Litbang SDA saat sambutan.