Slide 1

Berita PUPR > Meningkatkan Kontribusi Generasi Penerus dalam Pengelolaan Air Limbah


Senin, 01 Mei 2017, Dilihat 177 kali

Meningkatkan Kontribusi Generasi Penerus dalam Pengelolaan Air Limbah

Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Bidang Sumber Daya Air untuk siswa SMA/SMK/MA Tingkat Nasional ke-10 tahun 2017 setiap tahunnya.

Dilatar belakangi oleh kepedulian terhadap kontribusi aktif sumber daya manusia muda di Indonesia, kegiatan hari air kali ini mengangkat tema "Potensi Air Limbah untuk Peningkatan Ketahanan Air" dengan sub tema 'Pengelolaan Air Limbah Sebelum Masuk Badan Air', 'Pemanfaatan Ulang Air Limbah', dan 'Teknologi Tepat Guna Dalam Pengendalian Air Limbah'. Sub tema yang berkaitan dengan limbah dipilih karena air adalah komoditas vital bagi makhluk hidup, termasuk air limbah di dalamnya yang harus ditangani untuk kelestarian lingkungan hidup.

Tujuan dari lomba yang bertepatan pada momentum peringatan Hari Air Dunia tahun ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dalam upaya melestarikan sumber daya air, serta menguatkan rasa sense of belonging terhadap permasalahan pengelolaan sumber daya air dari pencemaran air limbah. Antusias dari pelajar dalam mengikuti lomba karya ilmiah ini dibuktikan Puslitbang SDA yang telah menerima 438 makalah kelompok dari 354 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang berasal dari 29 Provinsi di Indonesia dengan melibatkan 1314 siswa.

Dari 438 makalah yang telah di terima, Puslitbang SDA melalui Tim Penilai yang terdiri dari Dra heni Rengganis, Ir. Ratna Hidayat, Prof. (R) Dr. Ir. Robert M Delinom, M.Sc, Dra. Barti Setiani Muntalif, DEA., Ph.D, Prof Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D, Dedi Indrayana, S.Pd.,M.Si, dan Segel Ginting S.So., MPSDA menyeleksi menjadi 50 bersar, 20 besar dan kemudian terpilih 10 besar terbaik. Metode seleksi yang digunakan Tim Penilai untuk mengerucutkan jumlah peserta adalah dengan cara presentasi hasil karya ilmiahnya.

Acara final Lomba Karya Ilmiah Bidang Sumber Daya Air ini diadakan di ruang Sapta Taruna, Kementerian PUPR pada tanggal 26 April 2017 lalu, dan pengumuman pemenang akan diadakan pada acara pameran Hari Air Dunia di kantor Kementerian PUPR Jalan Patimura 20, Jakarta pada hari Jumat 28 April 2017. Tiga terbaik dari 10 finalis akan mendapatkan trofi dari Menteri PUPR, dan direncanakan akan diserahkan langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan didampingi oleh Kepala Balitbang Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga.