Slide 1

Berita PUPR > Gedung CARRO Media yang Canggih Teknologi


Jumat, 01 Juli 2016, Dilihat 273 kali

 

 

 

Gedung Pemonitor Jalan, bisa disebut gedung CARRO (Control Assistance for Road Research Operation) yang berada di Kantor Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan), Bandung resmi akan dibangun mulai hari ini Selasa (2/4) oleh Kepala Badan Litbang Kementerian PU,Graita Sutadi.

 

Tepatnya di belahan Ujung Berung – Bandung, gedung ini diresmikan akan dibangun sebagai tempat untuk memonitor kondisi infrastruktur jalan dan jembatan di seluruh Indonesia. Tidak hanya untuk menunjang kegiatan penelitian saja, namun juga untuk mendukung Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU dalam menjalankan pelaksanaan penyelenggara jalan di Indonesia.

 

CARRO akan dilengkapi dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang canggih sehingga pengambilan data di lapangan dan pengolahannya menjadi sebuah informasi yang diharapkan dapat berjalan lebih efektif. Graita mengutarakan, “Hendaknya kita dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi modern dalam berbagai aktifitas penyelenggaraan infrastruktur. Salah satunya dapat diimplementasikan dalam pemantauan kondisi jalan dan jembatan secara otomatis dan terus menerus”. Gedung CARRO ini akan difasilitasi early warning system sebagai peringatan dini jika terjadi kegagalan fungsi pada infrastruktur jalan dan jembatan sehingga dapat mengurangi kerugian yang mungkin dapat terjadi.

 

CARRO juga dapat mendukung kegiatan edukasi bidang jalan dan jembatan. Maka dari itu gedung tiga lantai ini direncanakan akan memiliki ruang pamer dan media serta ruang konferensi bertaraf internasional yang dapat menampung hingga 300 orang.

 

Kecanggihan gedung ini juga diterapkan dalam desain fisiknya sehingga menghasilkan gedung ramah lingkungan. Desainnya memperhitungkan daylight factor dan direct gain. Selain itu, gedung ini juga akan dilengkapi beberapa teknologi gedung modern, diantaranya adalah teknologi pelingkup ruangan, stack ventilation, photovoltaics, dan rainwater harvesting.

 

Fasilitas canggih tersebut sepenuhnya akan dibiayai dari APBN tanpa bantuan dari negara donor manapun. Kepala Pusjatan Herry Vasa melaporkan, “Pembiayaan gedung CARRO sepenuhnya bersumber pada APBN murni. Pembangunan akan berlangsung sepanjang tahun 2013 ini dalam 3 tahap dan siap digunakan di tahun 2014. Tahap terakhir yaitu tahap pembangunan sistem displai dan fasilitas ruang kendali yang akan dilakukan pada tahun 2015 mendatang.

 

Editor: Heni Prasetyawati