"HADIRKAN SOLUSI, SEIRING INOVASI"

Knowledge Sharing Balitbang di awal tahun 2018

Sekretaris Balitbang menyampaikan arahan terkait kontraktual dan rakor

Sekretaris Badan Litbang, Herry Vaza memimpin acara Coffee Morning dengan agenda diskusi Knowledge Sharing “’Paket Kontrak dalam Pekerjaan Litbang Swakelola” sekaligus Rakor Balitbang yang dilaksanakan di Puslitbang Jalan dan Jembatan, Bandung. Acara ini bertujuan berbagi informasi dalam hal pelaksanaan kegiatan Swakelola kontraktual di Pusat-pusat litbang serta Koordinasi kegiatan tahun 2018.

“Kontraktual tidak sertamerta lepas, didalamnya mencakup Mitra Kerja. Sampai mereka turun kedalam, sampai ikut membantu kebutuhan kita. Jangan sampai kita lepas, jika lepas nantinya akan menjadi masalah kita” ucap Herry Vaza saat membuka diskusi.

Dalam diskusi tersebut, masing-masin pusat litbang menyampaikan persentasinya. Dari Pusalitbang SDA menyampaikan bahwa Puslitbang SDA sudah menjadi kontributor dalam pelaksanaan pusat komunikasi gabungan (pusakomgab). Data-data hidrologi dalam potensi hujan menjadi warning bagi puskomgab bahwa daerah-daerah tertentu merupakan rawan bencana banjir. Selain data hujan, dari balai sabo juga mempunyai data potensi longsor.

Puslitbang Jalan dan Jembatan menyampaikan tanggapan dari Menteri PUPR terkait ILN bagi para peneliti, bahwa peneliti disarankan untuk hadir dalam acara pameran bertaraf internasional dan melihat adakah produk-produk / teknologi baru yang dapat dipelajari dan dimodifikasi yang nantinya dapat diterapkan di Indonesia, jadi untuk ILN tidak harus selalu dilakukan.

Pusalitbang Perumahan dan Permukiman manyampaikan bahwa dalam penerapan model ujicaoba skala terbatas (locus) yang dilaksanakan didaerah, harus membuat MoU karena dari pihak Pemda tidak mau membuat PKS apabalia tidak ada MoU.

Kapuslitbang KPT menyampaikan bahwa Ada 23 pendaftar aplikator teknologi yang qualified. Pusat-pusat litbang disarankan untuk segera menyusun PKS nya dan Puslitbang KPT akan memfasilitasi. Diharapkan awal februari sudah selesai proses ini dan Kabalitbang sudah menyetujui rencana tersebut dengan catatan tidak ada kendala yang terkait dengan paten.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Pusat Litbang Sumber Daya Air, Kepala Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Kepala Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Para Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat-pusat Litbang, Para Kepala Bidang Standar dan Kerjasama Pusat-pusat Litbang, Para Kepala Balai Litbang dan para perwakilan dari Pusat-pusat Litbang terkait.