"HADIRKAN SOLUSI, SEIRING INOVASI"

SERTIJAB Pejabat Pengawas di Lingkungan Sekretariat Badan Litbang dan Puslitbang KPT, Badan Litbang PUPR

Prosesi serah terima jabatan secara simbolis disaksikan langusng oleh Sekretaris Badan Litbang 

Jakarta (21/11), Sekretaris Badan Litbang Herry Vaza didampingi Kepala Puslitbang Kebijakan Penerapan Teknologi Rezeki Peranginangin memimpin acara serah terima jabatan (Sertijab) pejabat pengawas di Lingkungan Sekretariat Badan Litbang serta Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Badan Penelitian dan Pengembangan. Acara Sertijab merupakan tindak lanjut acara pelantikan sebelumnya (17/11) yang dilaksanakan oleh Kepala Badan Litbang, Danis H. Sumadilaga.

Dalam sambutannya, Herry Vaza berpesan kepada para pejabat pengawas yang menempati posisi dan jabatan baru agar dapat berkarya lebih baik lagi. “Semoga ditempat yang baru mendapatkan hikmah yang baru untuk berkarya yang terbaik, berkonstribusi yang optimal diunit kerjanyanya sehingga kehadiran saudara membuat unit ini lebih optimal, karena kita punya misi dan tujuan yang sama”, ucap Herry Vaza.

Herry Vaza (sekretaris Badan Litbang) saat memberikan sambutan dan arahan kepada para pejabat pengawas baru

Selain Herry Vaza yang menyambut baik serta memberikan pesan kepada para pejabat pengawas pada acara sertijb tersebut, Kepala Puslitbang KPT pun turut memberikan pesan agar para pejabat dapat bekerja menjawab tantangan baru yang strategis sesuai dengan bidangnya masing-masing. “Lakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi secara internal maupun eksternal untuk meningkatkan soliditas dan memperlancar pelaksanaan tugas, bentuk pola pikir dan budaya kerja kearah yang positif dan berusaha mengembangkan ide - ide baru yang inovatif demi peningkatan pembangunan nasional, serta tingkatkan terus kompetensi dan profesionalsme agar mampu mengikuti dan mengikuti perubahan – perubahan untuk kemajuan pembangunan nasional”, kata Rezeki saat memberikan sambutannya.

Rezeki Peranginangin (Kapuslitbang KPT) saat memberikan sambutan dan arahan kepada para pejabat pengawas baru

Sebanyak 16 (enam belas) pejabat pengawas yang melakukan Sertijab di lingkungan Sekretariat Badan Litbang serta Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi.

Adapun para pejabat yang melakukan Serah Terima Jabatan antara lain di lingkungan Unit Kerja Sekretariat Badan Litbang antara lain : Widiani Purnomosari menggantikan Nuraini sebagai Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi, Bagian Perencanaan dan Evaluasi; Abdul Waris menggantikan Satrio sebagai Kepala Subbagian Barang Milik Negara, Bagian Keuangan dan Umum; Mary Susiani Adam menggantikan Desmiyetti sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Kepegawaian, Bagian Kepegawaian dan Ortala; Raden Satrio Sang Raksono menggantikan Ahyar sebagai Kepala Subbagian Pengembangan Pegawai, Bagian Kepegawaian dan Ortala; Desmiyetti menggantikan Mary Susiani Adam sebagai Kepala Subbagian Organisasi dan Tata Laksana, Bagian Kepegawaian dan Ortala; dan Sunardi menggantikan Muhamad Syukur sebagai Kepala Subbagian Administrasi Diseminasi dan Informasi, Bagian Administrasi Standarisasi, Hukum dan Kerjasama.

Sedangkan di lingkungan unit kerja Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi antara lain : Noviana Widyastuti menggantikan Niwayan Sumila Dewi sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha; Nuraini menggantikan Widiani Purnomosari sebagai Kepala Subbidang Pemantauan dan Evaluasi, Bidang Program dan Evaluasi; Muhamad Andri Hakim Arditiyanto menggantikan Appun Ubawaty sebagai Kepala Subbidang Sarana Kelitbangan, Bidang Sumber Daya Kelitbangan; Appun Ubawaty menggantukan Mulyani sebagai Kepala Subbidang Sumber Daya Manusia, Bidang Sumber Daya Kelitbangan; Ni Wayan Sumila Dewi menggantikan Muhamad Andri Hakim Arditiyanto sebagai Kepala Subbidang Kerja Sama, Bidang Kajian Kebijakan dan Kerja Sama, Satrio menggantikan Noviana Widyastuti sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha, Balai Penelitian dan Pengembangan Penerapan Teknologi Sumber Daya Air; Andreas Christiawan promosi untuk menggantikan Noviana Widyastuti sebagai Kepala Seksi Dukungan Teknis, Balai Penelitian dan Pengembangan Penerapan Teknologi Sumber Daya Air; Ahyar menggantikan Enft Diana Dewi sebagai Kepala Seksi Dukungan Teknis, Balai Penelitian dan Pengembangan Penerapan Teknologi Jalan dan Jembatan; Willy Pravianto menggantikan Raden Satrio Sang Raksono sebagai Kepala Seksi Analis Penerapan, Balai Penelitian dan Pengembangan Penerapan Teknologi Jalan dan Jembatan; Eny Diana Dewi menggantikan Yudha Pracastino Heston sebagai Kepala Seksi Dukungan Teknis, Balai Penelitian dan Pengembangan Penerapan Teknologi Permukiman yang mengambil karir jabatan fungsional peneliti.

Selain pelaksanaan sertijab, juga dilakukan pembacaan Pakta Integeritas yang di wakili oleh Raden Satrio Sang Raksono yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan oleh Para Pejabat Pengawas yang baru dan disaksikan oleh Sekretaris Badan Litbang dan Kepala Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi.

Pembacaan Pakta Intekgeritas yang di wakili oleh Raden Satrio Sang Raksono

Ada 6 (enam) poin Pakta Integritas yaitu tecantum dan harus ditaati oleh para pejabat pengawas baru, diantaranya : 1. Berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela, 2. Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, 3. Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam perumusan kebijakan, perencanaan dan program kegiatan, pengalokasian anggaran dan pelaksanaan program, 4. Berusaha dan bertanggung jawab sepenuhnya bahwa setiap usulan penggunaan anggaran pada umumnya dan anggaran darurat (anggaran bencana alam) pada khususnya serta usulan penetapan penyedia jasa hasil pelelangan kepada Menteri telah dilakukan evaluasi secara profesional, bebas dari mark-up harga dan pengaturan-pengaturan lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, 5. Patuh terhadap peraturan dan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, dan memberi contoh kepatuhan dimaksud kepada karyawan yang berada dibawah pengawasan saya dan sesama karyawan lainnya secara konsisten, 6. Bila saya melanggar hal-hal tersebut diatas, saya siap menerima konsekuensinya.

Herry Vaza dan Rezeki memberikan ucapan selama kepada para pejabat pengawas baru