Pengukuhan Tiga Profesor Riset Balitbang PU

Sebanyak 3 peneliti Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memperoleh gelar professor riset bidang PU. Pengukuhan dilakukan oleh Dewan Majelis Profesor Riset yang pimpin oleh Kepala LIPI Lukman Hakim pada hari Rabu (19/12), disaksikan oleh Menteri PU Djokjo Kirmanto dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PU Graita Sutadi.

Peneliti pertama yang dikukuhkan sebagai profesor adalah Dr.Simon Sembiring Brahmana G sebagai peneliti bidang teknik lingkungan sumber daya air, dengan orasi berjudul pencemaran sumber daya Air danau dan waduk serta upaya pengendaliannya. Simon memperoleh gelar doktor di bidang lingkungan dari Universite de Savoie, Chambery, Perancis, pada tahun 1991.

Orasi kedua oleh Andreas Wibowo sebagai Profesor riset bidang struktur dan konstruksi dengan judul inovasi model risiko-imbal hasil untuk kemitraan pemerintah-Swasta (KPS) Bidang Insfrastruktur. Andreas meraih gelar doktor teknik sipil bidang ekonomi konstruksi dari Technische Universitat Berlin, Jerman, pada tahun 2005. Andreas merupakan memperoleh gelar profesor dengan usia termuda diantara ketiga kandidat.

Kandidat ketiga adalah Anita Firmanti Eko Susetyowati memperoleh gelar professor riset di bidan bahan bangunan dalam orasinya berjudul teknologi kayu untuk konstruksi rumah yang berkelanjutan. Anita meraih gelar doktor dari Fakultas Agrikultur Universitas Kyoto, Jepang, pada tahun 2005.

Menteri PU Djoko Kirmanto menyatakan, Kementerian PU memiliki tanggung jawab menyediakan infrastruktur yang andal bagi kebutuhan masyarakat. Tanggung jawab PU tersebut samakin kompleks tidak hanya teknis namun juga non teknis seperti perubahan iklim, perubahan sosial dan lainnya. Kementerian PU juga wajib meningkatkan kualitas SDM, terutama Balitbang PU yang harus mencetak tenaga-tenaga ahli di bidang PU guna meningkatkan kualitas infrastruktur di Indonesia.