Slide 1

Berita PUPR > Learning Center TPST-3R dan Serah Terima Mesin Pencacah Plastik di Desa Adat Seminyak


Selasa, 31 Juli 2018, Dilihat 339 kali

Learning Center TPST-3R dan Serah Terima Mesin Pencacah Plastik di Desa Adat Seminyak Serah Terima Mesin Pencacah Plastik oleh Anita Firmanti, Sekjen Kementerian PUPR

Dalam rangka Bali Beach Clean Up dan Bali’s Big Eco Weekend, Puslitbang KPT mewakili Kementerian PUPR bersama dengan Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) meresmikan Learning Center TPST-3R Seminyak dan Serah Terima Mesin Pencacah Plastik di Desa Adat Seminyak. Acara diresmikan dengan pengguntingan pita bersama oleh Sekjen Kementerian PUPR, Anita Firmanti, Gati Wibawaningsing, Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Kadir Gunduz President Director of CCAI dan Indonesia Leaderhip Team, dan Alison Watkins Group Managing Director CCAI dan Group Leadership Team, dan Komang Ruditha Ketua TPST-3R Seminyak. Selain itu dihadiri juga oleh Miss Earth 2017 Michelle Victoria Ariani, Lurah Seminyak, Kadek Oka Permadi, dan Bendesa Adat Seminyak, I Nyoman Sudana.

Tahun ini merupakan tahun ke 11 bagi CCAI dalam menjalankan program Bali Beach Clean Up sejak tahun 2007. Program pembersihan di 5 pantai Utama (Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran dan Kedonganan) ini telah membersihkan lebih dari 38 juta kilogram sampah dari pantai-pantai tersebut. Berbeda dengan tahun sebelumnya, program pengembangan Bali Beach Clean Up tahun ini dilakukan dengan mendukung Desa Adat setempat dalam hal pengolahan sampah dan pembangunan Learning Center sebagai perwujudan dukungan tersebut.

TPST-3R Seminyak terbangun tahun 2004 dengan 3 tenaga kerja, 1 armada, dan 85 pelanggan. Seiring perjalanannya, sebagai tempat Pengembangan Usaha Pengolahan Sampah secara terpadu baik skala Kawasan maupun rumah tangga, pada tahum 2007 desa Seminyak mendapat Bantuan Teknis dan Pendampingan Pengelolaan Sampah Terpadu 3R Oleh Ditjen Cipta Karya melalui Satker PKPPLP Bali dan DKP Badung mengadakan Pelatihan Cara Pembuatan Kompos dan menyerahkan satu unit mesin pencacah sampah. Saat ini, TPST-3R Seminyak telah dilengkapi dengan 4 armada, 9 tenaga kerja dan 380 pelanggan dengan kegiatan utama Pengembangan Usaha Pengolahan Sampah secara terpadu baik skala Kawasan maupun rumah tangga. (ard-k3)