Slide 1

Berita PUPR > Raker Penajaman Program Balitbang TA. 2019


Jumat, 28 September 2018, Dilihat 77 kali

Sambutan Kapuslitbang KPT pada acara Raker Penajaman Program Balitbang TA. 2019

Selasa, 25 September 2018 telah dilaksanakan Rapat Kerja Penajaman Program TA. 2019 di lingkungan Balitbang PUPR yang diselenggarakan di ruang rapat Puslitbang Jalan dan Jembatan, Bandung. Rapat ini dipimpin oleh Plt. Kepala Badan Litbang PUPR, Lukman Hakim, dan dihadiri oleh Kepala Puslitbang SDA, Kepala Puslitbang Jalan dan Jembatan, dan Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi beserta jajarannya masing-masing.

Rapat yang dihelat selama dua hari hingga tanggal 26 September 2018 ini menghasilkan beberapa kesepakatan dalam penyusunan pemrograman TA. 2019, diantaranya adalah: rencana kegiatan fokus pada penerapan teknologi dan mengurangi studi atau kajian supaya manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Ditekankan juga agar kegiatan Replikasi Perdana oleh Puslitbang KPT tidak overlap dengan Pilot Project oleh Puslitbang Teknis. Penetapan lokasi litbang harus ditetapkan dengan alasan yang jelas dan diupayakan berada di wilayah Dapil anggota komisi V DPR RI.

Sesuai dengan hasil RDP dengan Komisi V DPR RI maka disepakati juga agar DPR dilibatkan dalam acara serah terima teknologi ataupun sosialisasi (FGD) rencana penerapan teknologi dengan masyarakat di Dapil mereka.

Hal lain yang dibahas adalah terkait perlunya disusun perhitungan beban kerja SDM dengan lingkup tugas Balitbang yang cukup banyak selama ini, untuk mengetahui beban kerja Balitbang lebih condong ke arah mana. Juga dibahas mengenai kenaikan honor Non PNS,sehingga perlu untuk di exercise kembali kebutuhan tambahannya, dengan catatan tidak boleh menambah Pagu Satker. Disamping itu juga sudah dipastikan bahwa tidak ada pengangkatan pegawai Non PNS baru sesuai instruksi Menteri PUPR.

Terakhir juga telah disepakati Penajaman Judul Buku Balitbang sebagai berikut; Balitbang: Menghadirkan Solusi Seiring Inovasi, Pusair: Rekam Jejak Inovasi Teknologi Sumber Daya Air, Pusjatan: Menuju Seabad Inovasi Teknologi Jalan dan Jembatan, Puskim: Dinamika Inovasi Teknologi Perumahan dan Permukiman, dan Puslitbang KPT: Akseptabilitas Penerapan Inovasi Teknologi. (tjg)