Slide 1

Berita PUPR > Acara Peletakan Panel Risha Pertama di Koramil Seteluk Sumbawa


Selasa, 25 September 2018, Dilihat 34 kali

Satgas Bencana Lombok Puslitbang KPT

Selasa, 25 September 2019. Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi dalam rangka Penanggulangan Bencana Gempa Bumi di Lomok dan Sumbawa, bersama Koramil mengadakan acara peletakan Panel Risha Pertama di Koramil Seteluk. Pada acara tersebut turut hadir Danramil serta jajarannya melihat proses acara tersebut yang bertujuan sebagai pemulai pembangunan rumah contoh tahan gempa yaitu Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang dilakukan di Sumbawa.

Pimpinan Koramil berkesempatan menyampaikan bahwa melihat adanya keinginan dari banyak masyarakat Lombok dan Sumbawa yang ingin membangun kembali rumah mereka sesuai dengan keinginan mereka masing-masing maka dengan adanya pembangunan Risha di Koramil ini dapat memotivasi para korban bencana gempa bumi di NTB untuk membangun rumahnya kembali dengan kontruksi yang tahan gempa yaitu Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi berencana akan membangun rumah percontohan tahan gempa dan rumah pelayanan informasi dan klinik rumah tahan gempa dengan teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang PUPR yaitu Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) di setiap kecamatan di Nusa Tenggara Barat yang dapat dimanfaatkan oleh penerima manfaat dengan Risha Tipe 36B dengan luas bangunan 36 m2.

Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi juga tidak hanya melakukan pembanguan rumah contoh tahan gempa, tetapi juga melakukan pelatihan perakitan struktur teknologi Risha, pelayanan informasi dan klinik rumah sehat tahan gempa, pelatihan teknologi Risha kepada Aparat Pemda, Advis teknis pembangunan rumah yang dilaksanakan oleh masyarakat, dan pelatihan tukang teknologi bersama dengan BLK Provinsi, Puslitbang Permukiman, dan Binkon di BLK Mataram. (ANF)