Slide 1

Berita Resume Kegiatan > Resume Kegiatan dan Digest 2017


Minggu, 03 Desember 2017, Dilihat 144 kali

Resume Kegiatan dan Digest 2017 Resume Kegiatan 2017

Infrastruktur merupakan tulang punggung penggerak roda perekonomian dan pengentasan kemiskinan. Agenda Pembangunan Tahun 2017 adalah "Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja serta Mengurangi Kemiskinan dan Kesenjangan Antar wilayah".

Untuk itu, Kementerian PUPR dituntut untuk semakin cepat dan terpadu dalam penyediaan infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Peran Badan Litbang PUPR untuk mendukung pembangunan infrastruktur PUPR diharapkan juga semakin berperan efektif sebagai scientific backbone dan techno-structure untuk menyediakan produk teknologi dan rekomendasi kebijakan yang inovatif dan mampu menjawab isu strategis dan kebutuhan pasar.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi berperan sebagai “policy-input” untuk menyediakan rekomendasi kebijakan penyelenggaraan infrastruktur PUPR berupa policy brieft, Draft Permen, Draft Kepmen atau Surat Edaran yang inovatif dan sebagai “technology-intermediator” untuk mendorong penerapan teknologi litbang dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur PUPR.

Penyusunan rekomendasi kebijakan terdiri atas dua bagian: 1) Penelitian Kebijakan Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR dan 2) Penelitian Kebijakan Penerapan Teknologi Hasil Litbang. Sementara Penerapan Teknologi meliputi: 1) Pemetaan Kebutuhan Teknologi untuk menjawab isu, tantangan dan kebutuhan pasar, 2) Penyiapan Kesiapterapan Teknologi yang meliputi Dokumen Teknis dan Dokumen Rencana Bisnis, 3) Forum Bisnis Teknologi untuk menciptakan kerjasama pengembangan dan industrialisasi teknologi, 4) Replikasi Perdana sebagai pembuktian kesiapterapan teknologi, 5) Monev dan Alih Teknologi dalam rangka keberlanjutan teknologi.

Kegiatan Litbang TA. 2017 yang terdiri atas Penyusunan Rekomendasi Kebijakan yang dilaksanakan oleh Bidang Kajian Kebijakan dan Kerjasama. Sementara Kegiatan Penerapan Teknologi dilaksanakan di Balai Litbang Penerapan Teknologi (3 Balai). Seluruh Kegiatan Litbang di Puslitbang KPT TA. 2017 dapat tercapai dengan baik sesuai dengan target dan rencana.


DIGEST PUSLITBANG KPT