Slide 1

Berita Penerapan Teknologi > Teknologi Siap Terap


Senin, 03 Desember 2018, Dilihat 173 kali

Buku Teknologi Siap Terap

Kebijakan pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Pemerintah selama lima tahun terakhir ini adalah untuk memperkecil gap keterlambatan pembangunan yang sudah sangat besar. Sebagai salah satu unit eselon I di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Litbang memiliki peran yang strategis untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur PUPR yang berkualitas dan handal melalui penyediaan inovasi-inovasi teknologi yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih baik.

Badan Litbang PUPR berperan sebagai: 1) Scientific Backbone, dengan menghasilkan teknologi dan rekomendasi kebijakan siap pakai untuk mengakselerasi dan menjamin mutu infrastruktur PUPR, 2) Technostructure dan prime mover dalam standarisasi, alih teknologi dan advis teknis guna memecahkan masalah-masalah di lapangan, dan 3) Clearing House, untuk menilai kesesuaian teknologi dari luar Badan Litbang PUPR untuk dapat diterapkan pada pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Buku Teknologi Siap Terap ini merupakan rangkuman inovasi teknologi yang sudah dihasilkan oleh pada para peneliti dan perekayasa Badan Litbang PUPR yang diharapkan dapat menjadi solusi percepatan pembangunan serta menjawab tantangan infrastruktur PUPR. Sesuai dengan tagline Badan Litbang PUPR, “Menghadirkan Solusi Seiring Inovasi”, diharapkan para stakeholders: Direktorat Jenderal, Pemerintah Daerah, BUMN, Asosiasi, dan Masyarakat dapat memanfaatkan hasil inovasi Badan Litbang PUPR dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur PUPR di tanah air.