Slide 1

Berita Naskah Kebijakan > Rekomendasi Pengembangan Infrastruktur PUPR mendukung Pertumbuhan Ekonomi di Kawasan PLBN


Senin, 03 Desember 2018, Dilihat 66 kali

Rekomendasi Pengembangan Infrastruktur PUPR mendukung Pertumbuhan Ekonomi di Kawasan PLBN

Pengembangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dimaksudkan agar wilayah di sekitar PLBN bisa tumbuh dan berkembang. Salah satu sektor yang berperan penting adalah infrastruktur PUPR. Dengan hadirnya infrastruktur di kawasan perbatasan dapat meningkatkan nilai tambah, antara lain berupa konektivitas, produktivitas, kesempatan kerja, ekspor, pendapatan, daya saing, dan keunggulan daerah. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat peresmian salah satu dari ke-7 PLBN.

Untuk menjawab amanat Presiden tersebut, diusulkan agar kebijakan pengembangan wilayah perbatasan tidak hanya ditujukan untuk mengatasi isu perbatasan semata (border policy for border areas), namun juga untuk peningkatan ekonomi wilayah yang berujung pada kesejahteraan masyarakatnya (border policy for the improvement of regional development and people’s prosperity).

Dari hasil analisis logframe dan kerangka program/kegiatan (roadmap), selain mengusulkan pengembangan jaringan irigasi, jalan dan jembatan, pembangunan fasilitas pendukung pariwisata (homestay, sarpras air bersih dan sanitasi) terutama ketika digelar event cross border (dalam rangka meningkatkan length of stay wisatawan), dan melakukan upgrading permukiman perkotaan, juga dirasa perlu untuk melengkapi kawasan PLBN dengan fasilitas komersial (etalase) untuk pemasaran produk-produk khas daerah.