Slide 1

Berita PUPR > Sosialisasi Peraturan Disiplin PNS


Kamis, 23 Mei 2019, Dilihat 321 kali

Sosialisasi Peraturan Disiplin PNS Sosialisasi Peraturan Disiplin PNS

Berbagai cara ditempuh agar para pegawai negeri sipil (PNS) tidak malas dalam bekerja. PNS selama ini memang kerap disorot karena kinerjanya yang kurang. Namun tentu tidak semua PNS. Untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dalam kelancaran pelaksanaan tugas, PNS wajib mematuhi disiplin PNS, sesuai peraturan yang berlaku, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, melalui Sub Bidang Sumber Daya Manusia menyelenggarakan Sosialisasi terkait Peraturan Disiplin pegawai di Bekasi, (23/05)

Dengan Narasumber Nani Susilowati, Kepala Bagian Informasi Kepegawaian dan Umum, Biro Kepegawaian, Organisai dan tata laksana Sekretariat Jendral Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Instansi Pemerintah wajib melaksanakan penegakan hukuman disisplin terhadap PNS serta melaksanakan berbagai upaya peningkatan disiplin, adapun PNS yang melakukan pelanggaran disiplin dijatuhi hukuman disiplin, yang bertanggungjawab terhadap disiplin PNS adalah Atasan langsung masing-masing.

Oleh karena itu pelanggaran disiplin PNS bukan delik aduan, oleh karena itu setiap atasan langsung mengetahui/mendapat informasi tentang dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan bawahannya, maka atsan langsung tersebut wajib menindaklanjuti (Psl.23 ayat (1)) PP 53/2010, apabila atasan langsung yang telah mengetahui pelanggaran disiplin yang dilakukan bawahannya, tetapi tidak memanggil, memeriksa, menghukum atau tidak melaporkan kepada atasannya, maka atasannya langsung tersebut juga dijatuhi hukuman disiplin yang jenisnya sama dengan hukuman disiplin yang seharudnya dijatuhkan kepada PNS yang melakukan pelanggaran ini tertuangn pada (Psl.21)

Adapun pelanggaran disiplin merupakan seluruh tindakan yang bersifat negatif karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi masyarakat mapun PNS, baik berkaitan dengan kedinasan atau tidak berkaitan dengan kedinasan, termasuk melanggar kewajiban dan/atau larangan, dengan jenis pelanggran disiplin mulai dari ucapan, tulisan dan perbuatan, dengan itu penjatuhan hukumaan disiplin pun ada tingkatannya mulai dari Hukuman Disiplin Ringan, sedang, dan Berat.

Adapun dilakukannya penjatuhan Hukuman Disiplin bersifat pembinaan agar senantiasa bisa memperbaiki dan mendidik PNS yang melakukan pelanggaran serta bisa mempunyai sikap menyesal dan tidak mengulangi lagi dan mau memperbaiki diri, juga dimaksudkan agar PNS lain tidak melakukan pelanggaran serupa. (ch)