Slide 1

Berita PUPR > Pengembangan Knowledge Management di lingkungan Balitbang PUPR


Jumat, 21 Juni 2019, Dilihat 94 kali

Pengembangan Knowledge Management di lingkungan Balitbang PUPR Knowledge Management Balitbang PUPR

Dalam rangka merealisasikan produktifitas dan inovasi, dibutuhkan sebuah sistem dan proses untuk mempertahankan kinerja yang sudah dicapai, mampu beradaptasi dengan perubahan zaman, disertai kemampuan untuk tumbuh dan berkembang. Balitbang Kementerian PUPR melakukan diskusi pengembangan Knowledge Management (KM) yang dilaksanakan di Puslitbang SDA Bandung (21/6). Dengan mengundang seluruh Tim koordinator di seluruh Pusat di lingkungan Balitbang PUPR.

Pengembangan implementasi KM harus mampu mewadahi proses interaksi/kolaborasi (co-creation), dan untuk itu dibutuhkan sistem platform yang dirancang khusus dan dioperasionalkan bersama, sehingga dapat menciptakan pengetahuan yang lebih bermakna (knowledge value).

Terdapat 4 tahapan KM yaitu : Awareness, Documentation, Organize dan Re - use Knowledge hingga bulan Juni KM Balitbang PUPR sudah mencapai tahap 2 dan akan terus berlanjut ke tahap selanjutnya.

Rencana KM Balitbang sampai dengan Desember 2019 adalah : a) Menambah taksonomi menjadi 5 facet, b) dokumen mutu, c) membuat SK tim eselon I dan II, d) penyesuaian portal dengan proses bisnis, e) membuat KM versi App mobile, f) sinkronisasi dengan SIMSTAN dan website, g) membuat video sosialisasi KM, h) workshop contributor, i) sosialisasi internal dan eksternal. “Mudah-mudahan rencana ini dapat terlaksankan karena KM adalah harta karun Balitbang” penutup yang disampaikan oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Sekertaris Balitbang. (SPD)