Slide 1

Berita PUPR > Pemasaran Teknologi Litbang PUPR Melalui Audio Visual


Jumat, 12 Juli 2019, Dilihat 91 kali

Pemasaran Teknologi Litbang PUPR Melalui Audio Visual Penggunaan teknik green screen pada Audio Visual Teknologi Balitbang PUPR

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR sebagai unit organisasi pelaksana penelitian dan pengembangan bidang infrastruktur telah menghasilkan berbagai inovasi. Namun, sebagian besar hasil inovasi tersebut belum banyak diketahui umum. Masih banyak masyarakat dan instansi diluar Kementerian PUPR tidak mengetahui informasi mengenai teknologi dan inovasi Balitbang PUPR.

Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) memiliki tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan, pengkajian kebijakan dan strategi pengembangan infrastruktur, serta penerapan teknologi hasil penelitian dan pengembangan bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Selain tugas tersebut Puslitbang KPT melakukan pemasaran teknologi litbang PUPR. Salah satu pemasaran yang dilakukan oleh Puslitbang KPT adalah dengan membuat Audio Visual E-Marketing.

Jumat, 12 Juli 2019 Puslitbang KPT melakukan rekaman tahap pertama di studio Valucce Bandung untuk pemasaran teknologi bidang sumber daya air dan teknologi bidang perumahan dan permukiman. Teknologi yang akan dipasarkan dalam bentuk audio visual adalah: Blok beton 3B, Saluran Lining Modular, Teknologi Instalasi Pengolahan Air dan Air Limbah, Hunian Subkomunal Risha. Pengambilan gambar dan video di studio menggunakan teknologi dengan latar layar hijau.

Penggunaan layar hijau (green screen) digunakan untuk mempermudah pengeditan video dalam memanipulasi latar belakang (background), tujuannya adalah menonjolkan objek utama sekaligus melakukan blocking terhadap latar belakang. Selain warna hijau biasanya menggunakan layar biru. Pelopor penggunaan layar hijau atau biru adalah Petro Vlahos. Penggunaannya pertama kali diaplikasikan pada film Ben Hur tahun 1959. (nd)