Slide 1

Berita PUPR > Dukungan Teknologi Hasil Balitbang Untuk Pencapaian Target Air Minum Kementerian PUPR


Selasa, 03 September 2019, Dilihat 65 kali

Dukungan Teknologi Hasil Balitbang Untuk Pencapaian Target Air Minum Kementerian PUPR Rapat Dukungan Teknologi Hasil Balitbang dalam Pencapaian Target Air Minum Kementerian PUPR

BALI – Pemerintah berupaya untuk menyediakan air minum, air bersih dan sanitasi khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Salah satu caranya adalah dengan menjaga ketersediaan kualitas air bersih yang cukup dengan mendorong penyediaan infrastruktur dasar pemukiman. Salah satu yang menjadi perhatian khusus pemerintah adalah pengadaan infrastruktur bidang air minum dan sanitasi. Berkenaan dengan hal tersebut, melalui Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Pertemuan Monitoring Dukungan Teknologi Hasil Balitbang Untuk Pencapaian Taget Air Minum Kementerian PUPR. Acara yang dipimpin oleh Kepala Badan Litbang PUPR dihadiri oleh Sekretaris Badan Litbang, Kepala Puslitbang Sumber Daya Air, Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman serta pejabat struktural di lingkungan Balitbang PUPR ini diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus 2019 di Denpasar-Bali, yang bertujuan untuk memetakan teknologi Balitbang yang sudah siap diterapkan dan menjaring komitmen serta dukungan pemerintah daerah.

Sebagai pembukaan Pertemuan Monitoring Dukungan Teknologi Hasil Balitbang untuk Pencapaian Taget Air Minum Kementerian PUPR, Bapak Lukman Hakim selaku Plt. Kepala Badan Litbang PUPR menyampaikan beberapa arahan untuk Dukungan Teknologi Hasil Balitbang dalam Pencapaian Target Air Minum Kementerian PUPR, yaitu sebagai berikut: 1) Perlu koordinasi antar Pusat-pusat agar daftar teknologi sinkron dan tidak duplikasi, 2) Perlu melihat informasi teknologi dari luar Balitbang, 3) Untuk mendukung 100% air minum kita harus berkontribusi dari inovasi teknologi dan kebijakan, 4) Kebutuhan teknologi air minum untuk daerah sulit air menjadi prioritas utama kita.

Disamping itu, Bapak Herry Vaza selaku Sekretaris Badan Litbang PUPR juga menyampaikan agar masing-masing Puslitbang dilingkungan Balitbang PUPR agar berkomitmen dan segera melengkapi kelengkapan TKT (Tingkat Kesiapterapan Teknologi), tidak hanya dalam Dukungan Teknologi untuk Pencapaian Target Air Minum Kementerian PUPR. (val)