Slide 1

Berita PUPR > Pengenalan Penilaian Kesesuaian Teknologi (Clearing House)


Kamis, 12 September 2019, Dilihat 40 kali

Pengenalan Penilaian Kesesuaian Teknologi (Clearing House) Pengenalan Kelitbangan Bidang Kebijakan dan Penerapan Teknologi

Bandung – Hari Rabu, 11 September 2019, bertempat di Grand Serela Hotel berkesempatan untuk memberikan Pengenalan Kelitbangan Bidang Kebijakan dan Penerapan Teknologi kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Formasi tahun 2018 Batch I dengan materi ajar Penilaian Kesesuaian Teknologi (Clearing House) yang diikuti oleh peserta sebanyak 80 orang yang terdiri dari Formasi Jabatan Analisis Kebijakan, Suveyor Pemetaan, Pembina Jasa Konstruksi, dan Peneliti.

Para peserta dibagi menjadi 2 (dua) kelas yaitu Kelas A dan Kelas B yang bertujuan untuk membuat proses ajar mengajar berjalan dengan kondusif dan efektif. Dimasing-masing kelas juga diberikan pengajar yang kompeten dibidangnya. Pemateri Ajar Penilaian Kesesuaian Teknologi (Clearing House) antara lain  Dian Asri Moelyani, ST, M.Sc dan Leni Feni Ferilia, SE, M.Ak dari Bidang Sumber Daya Kelitbangan, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi.

Penilaian Kesesuaian Teknologi (Clearing House) merupakan Suatu proses pembuktian kehandalan teknologi dari luar Badan Litbang PUPR yang dapat memiliki nilai tambah jika diterapkan pada pembangunan infrastruktur PUPR. Proses pembuktian dilakukan melalui Audit Teknologi dan/atau Kliring Teknologi dengan indikator penilaian yang dilakukan secara terstruktur dalam menyatakan bahwa suatu teknologi “layak” untuk diterapkan di lingkungan Kementerian PUPR maka dengan ini diharapkan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dapat mengetahui secara baik tentang tahapan kegiatan penilaian kesesuaian teknologi.

Untuk membuat suasana ajar-mengajar berjalan menarik dan menyenangkan, Pengajar membentuk kelompok-kelompok di dalam kelan, untuk saling berdiskusi dan bertanya terkait kegiatan Penilaian Kesesuaian Teknologi (Clearing House). Tiap-tiap kelompok juga diminta untuk coba menebak tahapan-tahapan yang ada dalam proses penilaian kesesuaian teknologi serta juga menjelaskan alasan tahapan-tahapan yang mereka buat. Setiap pertanyaan dan keberanian untuk menyampaikan peran aktifnya dikelas akan diapresiasi oleh Pengajar dengan pemberian nilai dan hadiah/ souvenir.

Sehingga diharapkan dengan diadakannya pengenalan kelitbangan ini para CPNS Kementerian PUPR batch I untuk mendapatkan basic engineering secara teori dan praktik untuk mengetahui kualitas/mutu produk teknologi yang dihasilkan dan mengetahui kualitas/mutu konstruksi di lapangan.

“Dengan kegiatan Pengenalan Kelitbangan ini diharapkan dapat mengupgrade knowledge, skill, maupun attitude Adik-adik CPNS, bukan hanya sebagai orang yang bekerja di Kementerian PUPR akan tetapi menjadi “Orang PUPR” yang unggul dan bermartabat”, ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Ir. Lukman Hakim, M.Sc. (ANF)