Slide 1

Berita PUPR > Pengenalan Penerapan Teknologi IPAL pada Kegiatan Kunjungan Lapangan CPNS Formasi 2018 Batch 1


Rabu, 18 September 2019, Dilihat 77 kali

Pengenalan Penerapan Teknologi IPAL pada Kegiatan Kunjungan Lapangan CPNS Formasi 2018 Batch 1 Kunjungan Lapangan CPNS Formasi 2018 Batch 1 ke IPAL Bojongsoang

Rabu, 18 September 2019, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT), Balitbang PUPR mengadakan Kunjungan Lapangan bersama CPNS Formasi 2018 Batch 1 ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang Kabupaten Bandung. Kunjungan lapangan ini merupakan rangkaian kegiatan On the Job Training (OJT) Pengenalan Kelitbangan bagi CPNS baru formasi 2018. Melalui kegiatan Kunjungan Lapangan ini diharapkan CPNS mendapatkan ilmu bidang pengelolaan air limbah, mendapatkan gambaran real mengenai bagaimana merekayasa limbah perkotaan agar saat di buang ke badan air, memenuhi daya dukung lingkungan badan air dan tidak merusak ekosistem badan air.

Kendati berlokasi di Kabupaten Bandung, sebenarnya, IPAL Bojongsoang ini adalah milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung. IPAL yang berjarak 12 km dari kota Bandung ini belum sepenuhnya menangani air limbah rumah tangga dari seluruh Bandung. IPAL Bojongsoang baru bisa menangani air limbah dari wilayah Bandung Timur dan Bandung Tengah bagian Selatan. Selain mengolah air limbah yang masuk langsung dari saluran perpipaan, IPAL Bojongsoang juga menerima air limbah dari tangki septik (septic tank) yang dikumpulkan oleh mobil-mobil pengumpul tinja.

Pengenalan teknologi dan informasi penggunaan serta spesifikasi alat-alat IPAL dipandu oleh Bapak Yayat sebagai Kepala Bagian Pengolahan Air Limbah Bojongsoang. “Calon-calon generasi penerus harus bisa melanjutkan inovasi dan pengembangan dari teknologi IPAL, informasi yang didapat para CPNS dapat berupa informasi teknis maupun administratif karena yang berkunjung ke IPAL Bojongsoang tidak hanya dari CPNS, ada mahasiswa dan juga para pelaku usaha, banyaknya kunjungan ke IPAL Bojongsoang tidak berbatas karena merupakan bagian dari silaturahmi, semoga kedepannya dari sekian banyak CPNS yang berkunjung ada yang sukses dan ditempatkan sebagai Pimpinan di PDAM”, ucap Yayat.

Banyak manfaat yang diambil dari kegiatan kunjungan lapangan yang dilakukan oleh Puslitbang KPT pada kegiatan pengenalan kelitbangan CPNS formasi 2018. “Kegiatan pengenalan kelitbangan sangat diperlukan, kegiatan kelitbangan sangat membantu para CPNS untuk mengetahui teknologi-teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Kementerian PUPR yang terbagi di Puslitbang Sumber Daya Air, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Puslitbang Perumahan dan Permukiman  dan Kebijakan Infrastruktur itu sendiri di Puslitbang KPT, harapan kedepannya kegiatan kelitbangan tetap terus dilaksanakan, ditingkatkan baik dari segi pelayanan dan segi materi diperkaya lagi karena tidak menutup kemungkinan banyak inovasi-inovasi baru teknologi yang diproduksi Balitbang itu sendiri”, ucap Yuri Gama Rifandi (Surveyor Pemetaan) CPNS Formasi 2018. (nd)