Slide 1

Berita PUPR > Proses Pengambilan Gambar Video Dokumentasi Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal di Pacet Jawa Barat


Jumat, 20 September 2019, Dilihat 47 kali

Proses Pengambilan Gambar Video Dokumentasi Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal di Pacet Jawa Barat Proses Pengambilan Gambar Video Dokumentasi Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal di Pacet Jawa Barat

Pada tahun anggaran 2019, Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi melaksanakan “Penyiapan Materi Teknis Alih Teknologi Hasil Litbang PUPR” yang salah satu kegiatannya adalah membuat audio visual terkait teknologi litbang PUPR. maka pada hari Rabu, 18 September 2019 dilakukannya kegiatan pengambilan gambar dan video dokumentasi Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal (Tata Cara Pembangunan) di Pondok Pesantren Sabilul Falah, Pacet Jawa Barat.

Check Point dan pembahasan tentang agenda kegiatan Pengambilan gambar dan video dokumentasi Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal (Tata Cara Pembangunan) bersama para Peneliti Puslitbang Perumahan dan Permukiman di Kantor Puslitbang Perumahan dan Permukiman, Cileunyi Jawa Barat.

Lalu perjalanan Kantor Puslitbang Perumahan dan Permukiman ke Pondok Pesantren Sabilul Falah, Pacet Jawa Barat ditempuh perjalanan sema 2,5 jam, dan dilokasi bertemu dengan pengurus Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal (Tata Cara Pembangunan) di Pondok Pesantren Sabilul Falah untuk diskusi terkait syuting dan kebutuhan stockshoot.

Syuting di lokasi Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal (Tata Cara Pembangunan) di Pondok Pesantren Sabilul Falah: Testimoni Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Sabilul Falah tentang manfaat yang di dapat  dari Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal (Tata Cara Pembangunan), Pengambilan detail gambar dan video Teknologi tentang manfaat yang di dapat  dari Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal (Tata Cara Pembangunan) menggunakan drone, Adegan pemanfaatan air hasil Teknologi tentang manfaat yang di dapat  dari Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) dan Limbah Komunal (Tata Cara Pembangunan) oleh Para Guru, dan Para Siswa-siswi Pondok Pesantren Sabilul Falah, Pacet, Jawa Barat.

Air limbah domestik adalah sumber utama pencemar badan air dan tanah sehingga perlu diadakannya pengolahan secara baik dan terpadu di berbagai lokasi. Bila jumlah limbah sudah terlalu banyak, alam tidak lagi dapat membersihkannya secara keseluruhan sehingga terjadi pengotoran terhadap lingkungan dan sumber daya air yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Sebagai akibatnya, masyarakat akan terganggu kesehatannya. Selain itu, bisa juga menimbulkan beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh air (water borne diseases) seperti diare, muntaber, malaria, filariasis, trahoma, penyakit cacing dan lain-lain.

Pembangunan sarana mandi cuci kakus (MCK) di Pondok Pesantren Sabilul Falah yang berfungsi sebagai kamar mandi, cuci dan kakus harus memenuhi persyaratan MCK sehat. Pada MCK memiliki sistem penyediaan air bersih dan sistem pengelolaan air limbah yang prasarana dan sarana penyaluran dan pengolahan. Pengelolaan air limbah rumah tangga berkaitan dengan perlindungan kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan dari kontaminan air limbah untuk melindungi sumber air baku air minum dari pencemaran air. (ANF)