Slide 1

Berita PUPR > Monitoring dan Evaluasi Penerapan Teknologi Sistem Panel Serbaguna di Bali


Kamis, 10 Oktober 2019, Dilihat 57 kali

Monitoring dan Evaluasi Penerapan Teknologi Sistem Panel Serbaguna di Bali Monitoring dan Evaluasi Penerapan Teknologi Sistem Panel Serbaguna di Bali

Proses Penilaian Keseseuaian Teknologi Sistem Panel Serbaguna sudah memasuki tahapan monitoring dan evaluasi penerapan teknologi. Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi sebagai auditor teknologi dan kliring teknologi melakukan kunjungan terhadap lokasi-lokasi penerapan teknologi yang pernah dibangun. Bersama Kepala Balai Rawa, Kepala Sub Bidang Standardisasi dan Kerjasama, Puslitbang Sumber Daya Air dengan didampingi Bapak Anggara serta para Enginerr dari PT. GSI ke beberapa lokasi penerapan yang terdapat di Jembrana Negara, Tukad Mati Hilir serta tempat produksi panel  di  Sanur Bali yang telah dilakukan selama 2 ( dua) hari pada Senin-Selasa, 7 - 8 September 2019.

Melakukan tiinjauan lokasi penerapan teknologi serta pabrik pembuatan teknologi tersebut dengan maksud menilai beberapa aspek sosekling, kandungan lokal, rantai pasok, kesiapan SDM lokal, keberlanjutan OP dan pengembangannya. Lalu membandingkan kinerja teknologi baru dengan teknologi eksisting kesesuaian teknologi dengan peralatan yang ada dan modifikasi yang diperlukan. Serta menilai apakah teknologi dapat diterapkan secara optmal dan memberikan peningkatan manfaat, dan pembaharuan yang ditawarkan dalam mengatasi permasalahan, peningkaataan kinerja, produktifitas Kementerian.

Teknologi Sistem Panel Serbaguna merupakan merupakan Sistem yang terdiri dari Panel Pracetak yang dihubungkan saling satu sama lain dan diisi urugan tanah di antara kedua Panel Pracetak. Beberapa contoh sistem panel serbaguna yang diterapkan di Bali digunakan sebagai struktur bendungan berkepala rendah (loehead dam) di Jembrana Bali pada tahun 2015, juga di gunakan sebagai tanggul dinding sungai Ijo Gading pada tahun 2016 di Negara. Serta sebagai pengendali banjir di Tukad Mati Hilir Bali. Pemproduksian Teknologi Sistem Panel Serbaguna dikerjakan di workshop yang berlokasi di Sanur Bali.

Teknologi ini sudah digunakan oleh Pemerintah Daerah serta Perusahaan Swasta. Kualitas Teknologi Sistem Panel Serbaguna terjamin dengan sistem pabrikasi. Tidak perlu tiang pancang. Berfungsi sebagai counterweight terhadap bidang longsor. Media pengisi: material tanah setempat atau pasir laut atau tanah endapan non organik. Penggunaan dan kepemilikan luas lahan yang aman dan optimal. Biaya konstruksi lebih rendah dibandingkan sistim konstruksi setara. Waktu konstruksi relatif pendek. Kualitas dan geometri lebih terjamin, biaya dan waktu lebih efisien dibandingkan sistem konfensional. Rangkaian Panel merupakan struktur Sistem Urug dengan Perkuatan Wadah (SUPW) yang ramah lingkungan, efisien dan efektif dengan berbagai keunggulan

Hasil dari monitoring dan evaluasi penerapan teknologi ini akan dikeluarkan berita acara dalam rangka fastrack/ percepatan yang dilakukan Tim Penlilai sebagai dasar diterbitkannya Surat Keterangan hasil Penilaian Kesesuaian Teknologi. (ANF)