Slide 1

Berita PUPR > Pacu Laju Implementasi Lewat BIM Center


Jumat, 11 Oktober 2019, Dilihat 68 kali

Pacu Laju Implementasi Lewat BIM Center Tim BIM PUPR dengan Glodon Indonesia

Penerapan BIM di Kementerian PUPR terus dipacu. Sinergi dan kolaborasi antar unit organisasi di internal Kementerian PUPR maupun dengan pihak eksternal terus dibangun. Setelah secara rutin melakukan sosialisasi melalui pemaparan dan pelatihan, kini Tim Sekretariat BIM PUPR berencana untuk membentuk BIM Center Balitbang PUPR. Dan untuk mengakselerasi pembentukannya, Tim Sekretariat BIM PUPR berkolaborasi dengan Glodon Indonesia dalam merancang kebutuhan akan BIM center. Seperti yang diketahui, Glodon telah memiliki BIM Lab di Beijing  yang dapat mensimulasikan berbagai model 3D sejak tahap desain, konstruksi, hingga operasi.

Bertempat di Kantor Kementerian PUPR pada Kamis (10/10), Tim Sekretariat BIM PUPR bertemu dengan pihak Glodon Indonesia. Adapun pada pertemuan tersebut dipaparkan oleh Mokhamad Wahabi (Kepala Bidang Kajian Kebijakan dan Kerja Sama Puslitbang KPT) dan Adji Krisbandonno (Tim Sekretariat BIM PUPR) bahwa tujuan pembentukan BIM Center Balitbang PUPR adalah untuk memfasilitasi semua kegiatan pengadopsian BIM di internal Kementerian PUPR, mulai dari belajar mandiri (BIM private training), diskusi tentang standar dan protokol BIM, pembahasan operasionalisasi Roadmap BIM PUPR, serta berbagai macam kegiatan terkait BIM lainnya.

"Balitbang siap mengambil peran dalam akselerasi penerapan BIM di Kementerian PUPR. Kami berharap BIM Center akan menjadi sarana belajar yang bersifat private kepada rekan-rekan di Kementerian PUPR yang tertarik kepada BIM," papar Wahabi.

Lokasi BIM Center akan menempati ruangan Lab Kebijakan PusKPT. Fasilitas yang dibutuhkan adalah 3 (tiga) unit PC dengan spek yang kompatibel dengan BIM software. Pemanfaatan BIM center adalah sebagai tempat private training bagi ASN internal Kementerian PUPR dan pembentukan standar dan protokol BIM (desain ruangan BIM Center dapat dilihat pada Lampiran).

“Nantinya, kami akan fasilitasi juga kehadiran para pakar praktisi dari authoring software, BUMN, Institut BIM Indonesia, serta para ahli lainnya untuk dapat menjadi tutor di sini,” ujar Adji.

Sementara itu, pihak Glodon Indonesia sangat mendukung pembentukan BIM Center di Balitbang PUPR dalam bentuk pemberian lisensi untuk software Cubicost dan menyediakan training BIM untuk pegawai Balitbang PUPR. Cubicost adalah seperangkat solusi BIM 5D berbasis Cost Management, yang terdiri dari TRB (Take-off for Reinforced Bar), TAS (Take-off for Architecture and Structure), dan TBQ (Take-off for Bill of Quantity).

Uji coba perdana private training rencananya akan berlangsung selama +/- 7 (tujuh) hari pada minggu ke-4 bulan Oktober. Training tersebut mencakup pengetahuan dasar BIM, pengoperasian dasar Cubicost, dan implementasi BIM mengambil studi kasus proyek BIM gedung (Stadion Manahan). Instansi yang rencananya akan dilibatkan adalah Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman, Bidang K3, dan Jafung Peneliti/Perekayasa yang tertarik dengan BIM untuk bangunan gedung. Pada kesempatan tersebut juga akan dilakukan penyerahan lisensi secara simbolis dari Glodon Indonesia kepada Bapak Kapuslitbang KPT mewakili Tim BIM PUPR.

Kedepan, platform komunikasi dan kerjasama dalam rangka penerapan BIM di Indonesia akan terus dikembangkan. Hal ini sangat diperlukan karena sektor infrastruktur diharapkan mampu menghadirkan inovasi-inovasi bersifat digital dalam mengejar efektivitas dan efisiensi pembangunan. (gal)