Slide 1

Berita PUPR > Monitoring dan Evaluasi Penerapan Teknologi Drainblock


Rabu, 23 Oktober 2019, Dilihat 45 kali

Monitoring dan Evaluasi Penerapan  Teknologi Drainblock Monitoring dan Evaluasi Penerapan Teknologi Drainblock di Soreang, Kab. Bandung

Proses Penilaian Keseseuaian Teknologi PT. Drainblok Indonesia sudah memasuki tahapan monitoring dan evaluasi penerapan teknologi. Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi sebagai auditor teknologi dan kliring teknologi melakukan kunjungan terhadap lokasi-lokasi penerapan teknologi yang pernah dibangun. Oleh tim Penilaian Kesesuaian Teknologi yaitu Muhammad Taufiq, Kepala Sub Bidang Standardisasi dan Kerjasama, Puslitbang Sumber Daya Air didampingi Agus Muanif dan Azwar Zulkarnain Staff Subbid Sarana Kelitbangan.

Melakukan tinjauan lokasi penerapan teknologi Drainblok tersebut dengan maksud menilai beberapa aspek sosekling, kandungan lokal, rantai pasok, kesiapan SDM lokal, keberlanjutan OP dan pengembangannya. Lalu membandingkan kinerja teknologi baru dengan teknologi eksisting kesesuaian teknologi dengan peralatan yang ada dan modifikasi yang diperlukan. Serta menilai apakah teknologi dapat diterapkan secara optmal dan memberikan peningkatan manfaat, dan pembaharuan yang ditawarkan dalam mengatasi permasalahan, peningkaataan kinerja, produktifitas Kementerian PUPR.

Teknologi Drainblock merupakan teknologi untuk pengendalian genangan melalui mekanisme menyimpan air dalam tabnah serta Infiltrasi air ke dalam tanah. Manfaat teknologi Drainblock sangat ringan dan kuat. Drainblock mampu dengan cepat menyerap air hingga kapasitas 95%, terbuat dari lava dan batu basal yang membuat Drainblock dapat digunakan hingga 50 tahun ke depan. Sistem Drainblock tidak memerlukan banyak perawatan. Hanya filter Drainblock yang memerlukan pembersihan berkala. 100% solusi ekonomis untuk tata kelola sumber daya air yang berkelanjutan. 100% natural, ramah lingkungan dan produk berkelanjutan yang dapat di daur ulang. Drainblock dapat berfungsi sebagai bantalan beban. Drainblock terdiri atas berbagai pilihan kepadatan dan sesuai untuk segala jenis jalan.

Penerapan teknologi Drainblock telah diterapkan di Gading Tutukan, Soreang sebagai penanggulangan genangan air di jalan. Selanjutnya penerapan teknologi Drainblock juga telah dilakukan di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Bandung.

Hasil dari monitoring dan evaluasi penerapan teknologi ini akan dikeluarkan berita acara yang sebagai dasar diterbitkannya Surat Keterangan hasil Penilaian Kesesuaian Teknologi. (ANF)