Slide 1

Berita PUPR > Pengenalan Kelitbangan Bidang Kebijakan dan Penerapan Teknologi CPNS Formasi 2018 Batch 3


Kamis, 24 Oktober 2019, Dilihat 81 kali

Pengenalan Kelitbangan Bidang Kebijakan dan Penerapan Teknologi CPNS Formasi 2018 Batch 3 Pengenalan Kelitbangan Bidang Kebijakan dan Penerapan Teknologi CPNS Formasi 2018 Batch 3 - Bandung

Bandung – Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi memberikan pengenalan bidang kebijakan dan penerapan teknologi pada CPNS formasi 2018 Batch III di Bandung. Pada hari pertama Selasa, 22 Oktober 2019 para CPNS diberikan pengenalan kelitbangan oleh Ir. Rezeki Pranginangin, M.Sc, MM, Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Kementerian PUPR menyampaikan gambaran umum dan proses kegitan litbang di unit organisasi Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, baik kegiatan di Pusat maupun Balai Litbang.

Kepala Puslitbang KPT dalam arahannya menyampaikan untuk menekankan skill, knowledge dan attitude dalam pemerintahan. “Attitude harus dijaga oleh para CPNS baru karena pada saat posisi kita naik jabatan attitude lah yang menentukan” kata Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi. Sesuai dengan salah satu Visi-Misi Presiden Jokowi untuk meningkatkan pembangunan SDM maka PNS atau yang sekarang dikenal dengan nama Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki integritas, pengetahuan tentang  teknologi informasi, pelayanan prima, jaringan yang luas dan berjiwa berkepemimpinan yang baik.

“Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah bagian dari pemerintah, tanpa anda sadari segala yang anda lakukan akan berdampak pada negara, hasil pekerjaan anda mempengaruhi hajat hidup orang banyak” kata Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi. Hasil kerja PNS PUPR sangat berdampak pada masyarakat. Pembangunan jalan, jembatan, bendungan, fasilitas umum, perumahan dan permukiman semuanya berdampak pada masyarakat. Oleh karena itu, dalam bekerja ASN Kementerian PUPR harus profesional dalam bidangnya.

Mengutip dari satu filosofi hidup orang Jepang yang membuat mereka lebih mudah memaknai tujuan hidupnya, filosofi itu bernama Ikigai. Ikigai merujuk pada sebuah kehidupan yang penuh arti, semangat, dan seimbang. Lewat Ikigai juga, dapat memahami apakah sebenarnya pekerjaan yang dilakukan cukup memberi makna dan bermanfaat secara keseluruhan. Seperti dikutip pada perkataan Lao Tzu “The Journey of a thousand miles begins with one step”. CPNS formasi 2018 Batch III, ini merupakan langkah awal, perjalanan masih panjang, karier anda ke depan yang menentukan anda sendiri ini buatlah menjadi bekal para CPNS untuk bekerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang “Berkeja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat dan Berjiwa Seni”. (ANF)