Slide 1

Berita PUPR > Capacity Building untuk Meningkatkan Kualitas SDM Balitbang PUPR


Senin, 28 Oktober 2019, Dilihat 88 kali

Capacity Building untuk Meningkatkan Kualitas SDM Balitbang PUPR Kegiatan Capacity Building untuk Meningkatkan Kualitas SDM Balitbang PUPR

Pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) / Capacity Building merupakan proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap dan perilaku. Harus disadari bahwa berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi. Oleh karena itu, pada hari Jumat 25 Oktober 2019 Balitbang PUPR mengadakan Pengembangan Kapasitas SDM Balitbang PUPR di Baturraden Adventure Forest, Purwokerto, Jawa Tengah selamat 3 hari.

Acara dibuka oleh Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) Rezeki Peranginangin yang mewakili Plt. Kepala Badan Litbang PUPR. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan pentingnya kebersamaan, kekompakan, integritas dalam sebuah organisasi. Turut hadir dalam acara Capacity Building Balitbang PUPR, yaitu: Sekretaris Badan Litbang PUPR Herry Vaza, Kepala Puslitbang Sumber Daya Air Eko Winar Irianto, Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi Rezeki Peranginangin, Bupati Banyumas Achmad Husein, Pejabat Eselon 3 di Lingkungan Sekretaris Badan Litbang PUPR dan Puslitbang KPT, Pewakilan Dinas PUPR, Kepala Desa Baturraden, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), serta pegawai di lingkungan Sekretaris Badan Litbang dan Puslitbang KPT.

Secara umum, Capacity Building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM. Pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi, dan bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan. Pada level individu, agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat dilakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai, serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.

Setelah melakukan kegiatan peningkatan Capacity Building, Seluruh pegawai Sekretaris Balitbang PUPR dan Puslitbang KPT melakukan diskusi dan tanya jawab bersama warga desa sekitar Baturraden, Dinas PUPR, dan didampingi oleh Kepala Bupati Banyumas. Tidak lupa juga Balitbang PUPR melalui tayangan Audio Visual menawarkan berbagai hasil inovasi teknologi Litbang PUPR sebagai solusi untuk diterapkan di wilayah Kabupaten Banyumas. (nd)