Slide 1

Berita PUPR > Kunjungan Lapangan ke IPAL Bojongsoang CPNS Formasi 2018 Batch IV


Rabu, 13 November 2019, Dilihat 369 kali

Kunjungan Lapangan ke IPAL Bojongsoang CPNS Formasi 2018 Batch IV Kunjungan Lapangan CPNS Formasi 2018 Batch IV ke IPAL PDAM Bojongsoang

Rabu, 13 November 2019, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT), Balitbang PUPR mengadakan Kunjungan Lapangan bersama CPNS Formasi 2018 Batch IV ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang Kabupaten Bandung. Kunjungan lapangan ini merupakan rangkaian kegiatan On the Job Training (OJT) Pengenalan Kelitbangan bagi CPNS baru formasi 2018.

Peserta CPNS formasi 2018 Batch IV yang mengikuti kunjungan ke IPAL Bojongsoang berjumlah 146 orang yang dibagi menjadi 4 kelas (kelas A 32 orang, kelas B 33 orang, kelas C 33 orang, dan kelas D 48 orang) dan didampingi oleh Kepala Sub Bidang Sumber Daya Manusia Puslitbang KPT Ni Wayan Sumila Dewi.

Kendati berlokasi di Kabupaten Bandung, sebenarnya, IPAL Bojongsoang ini adalah milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung. IPAL yang berjarak 12 km dari kota Bandung ini belum sepenuhnya menangani air limbah rumah tangga dari seluruh Bandung. IPAL Bojongsoang baru bisa menangani air limbah dari wilayah Bandung Timur dan Bandung Tengah bagian Selatan. Selain mengolah air limbah yang masuk langsung dari saluran perpipaan, IPAL Bojongsoang juga menerima air limbah dari tangki septik (septic tank) yang dikumpulkan oleh mobil-mobil pengumpul tinja.

Pengenalan teknologi dan informasi penggunaan serta spesifikasi alat-alat IPAL dipandu oleh Bapak Yayat Satya sebagai Kepala Bagian Pengolahan Air Limbah PDAM Bojongsoang. Melalui kegiatan Kunjungan Lapangan ini diharapkan CPNS mendapatkan ilmu bidang pengelolaan air limbah, mendapatkan gambaran real mengenai bagaimana merekayasa limbah perkotaan agar saat di buang ke badan air, memenuhi daya dukung lingkungan badan air dan tidak merusak ekosistem badan air. (nd)