Slide 1

Berita PUPR > CPNS Formasi 2018 Batch IV Mengunjungi Laboratorium yang ada di Pusair


Rabu, 13 November 2019, Dilihat 269 kali

CPNS Formasi 2018 Batch IV Mengunjungi Laboratorium yang ada di Pusair Kunjungan CPNS Formasi 2018 Batch IV ke Laboratorium Pusair

Rabu, 13 November 2019 Kepala Subbidang Sumber Daya Manusia, Ni Wayan Sumila Dewi mendampingi CPNS formasi 2018 Batch IV berjumlah 146 orang yang dibagi menjadi 4 kelas (kelas A 32 orang, kelas B 33 orang, kelas C 33 orang, dan kelas D 48 orang) melakukan kunjungan lapangan ke Puslitbang Sumber Daya Air (Pusair) Bandung. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pengenalan kelitbangan untuk peserta On the Job Training (OJT) CPNS Formasi 2018 Batch IV.

Pusair menjelaskan tugas dan fungsi utamanya serta memperkenalkan balai-balai yang ada di Pusiar, antara lain: Balai Bangunan Hidroulik dan Geoteknik Keairan, Balai Lingkungan Keairan, Balai Hidrologi dan Tata Air, Balai Sungai, Balai Pantai, Balai Sabo, Balai Rawa, Balai Irigasi. Namun dikarenakan lokasi Balai ada yang diluar kota, maka hanya 3 Balai yang dikunjungi karena lokasinya berada di Bandung, yaitu: Balai Bangunan Hidroulik dan Geoteknik Keairan, Balai Lingkungan Keairan, Balai Hidrologi dan Tata Air.

Antusias seluruh CPNS meningkat ketika diajak ke salah satu laboratorium yang ada di Pusair. Narasumber dari Pusair Bapak Mirza menjelaskan laboratorium Balai Bangunan Hidroulik dan Geoteknik Keairan. Fasilitas Laboratorium yang ada di Balai Bangunan Hidroulik dan Geoteknik Keairan antara lain:

Pengujian Tanah: Alat uji fisik standar, alat uji sifat teknik (uji triaxial WF 1 hingga 11), konsolidasi Rowe, alat geser bolak-balik dan Bromhead, alat uji geser baling-baling. (Fasilitas alat pengujian di laboratorium) pengeboran dengan bor mesin lengkap dengan data logger, pengeboran dengan bor tangan, pengukuran Standard Penetration Test, pengukuran Permeabilitas, pengukuran dengan mesin sondir, pengeboran dengan bor tangan, pengujian kuat geser punter dan pengujian kuat tegang lateral. (fasilitas alat pengujian di lapangan)

Pengujian Batuan: Alat uji fisik dan teknik batuan, alat uji seismik dalam lubang bor, alat geo-fisik, geo-elektrik dan geoteknik lapangan,

Pengujian Bahan Bangunan: Alat uji analisa saringan, alat uji kerapatan spesifik, kerapatan relatif dan kerapatan partikel, alat uji organik, alat uji kadar air dan kadar lempung, alat uji kuat tekan, alat uji slump, alat uji pengaruh ultraviolet.

Pengujian Model Hidraulik: Fasilitas suplai air lengkap dengan bak penampung bawah tanah, tanki, pipa dan 6 pompa air, saluran kaca, saluran jungkit, alat ukur debit dan muka air otomatik, alat simulasi hidrograf aliran masuk otomatik, alat pengontrol pasokan sediment otomatik, alat simulasi gelombang otomatik, alat pengukur perubahan dasar sungai dan bengkel kerja lengkap dengan peralatan pemroses besi, kayu dan gelas fleksi.

Dikarenakan keterbatasan waktu kunjungan, CPNS tidak sempat mendapatkan semua informasi mengenai laboratorium yang ada di kantor Pusair. Kedepannya jika ada CPNS yang butuh informasi lengkap mengenai produk-produk inovasi Pusair, maka dapat mengunjungi kembali ke Pusair serta Balai-Balainya. (nd)