Slide 1

Berita PUPR > Menjaring Mitra Bisnis: Balitbang PUPR kembali adakan Forum Bisnis 2019


Senin, 25 November 2019, Dilihat 35 kali

Menjaring Mitra Bisnis: Balitbang PUPR kembali adakan Forum Bisnis 2019 Suasana Forum Bisnis 2019

Jakarta – Sebagai ajang untuk menjaring Investor Teknologi Litbang PUPR, pada 25 November 2019 Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi menyelenggarakan Forum Bisnis Produk Litbang 2019 di Hotel Veranda Jakarta. Acara ini dibuka oleh Dr. Rifaid M Nur, selaku perekayasa Utama PusKPT, mewakili Kapuslitbang KPT. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Balitbang PUPR akan selalu menghasilkan teknologi dengan nilai tambah (added value), khususnya dalam mendukung pembangunan infrastruktur PUPR sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Untuk itu diperlukan potential investor yang dijaring melalui ajang Forum Bisnis ini agar dapat menjalin kerjasama yang sinergis dan produktif dalam pengembangan hingga pemasaran produk teknologi hasil litbang PUPR.

Acara yang dimoderatori oleh Marcelino Pandin, Ph.D, ini dihadiri oleh para peneliti dan perekayasa Balitbang PUPR; calon-calon mitra bisnis seperti PT. Jaya Beton, PT. Varia Usaha Beton, PT. Ramdhani Jaya, PT. Java Dwipa Nusantara, PT. Heksa Prakarsa Teknik, PT. Wahana Perkasa Internusa; BPPT; dan pengguna teknologi yang berasal dari Unor-unor bidang SDA, perumahan, dan jasa konstruksi. Para peserta disuguhkan dengan informasi mengenai Potensi Penerapan Teknologi RUSPIN dalam Penyediaan Rumah Khusus yang disampaikan oleh Teddy Siagian, ST, MT, selaku Kasubdit Penyediaan Rumah Tapak Khusus dan Rumah Tapak Negara, Ditjen Penyediaan Perumahan. Selain itu, Ir. Triyono Tulus Setiawan, M.Eng, selaku Kabid Konservasi Air Tanah & Air Baku, Ditjen SDA pun memberikan paparan mengenai Potensi Penerapan Teknologi ABSAH (Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan) Modular dalam Penyediaan Air Baku. Paparan terakhir disampaikan oleh Kasie Wilayah Barat, Dit.Irigasi Rawa, Vina Londang, ST, mengenai Potensi Penerapan Teknologi PATH (Pompa Air Tenaga Hidrolik) dalam Penyediaan Air Irigasi.

Forum Bisnis ini ditutup dengan diskusi dan tanya jawab dengan melibatkan narasumber-narasumber dari Balai Litbang Lingkungan Keairan, Puslitbang SDA; Balai Litbang Sungai, Puslitbang SDA; Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan, Puslitbang Perumahan dan Permukiman; dan Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman & Balai Litbang Penerapan Teknologi SDA, Puslitbang KPT. Para narasumber ini memberikan informasi dan berbagi pengalaman mengenai penerapan teknologi-teknologi ABSAH, PATH, & RUSPIN di lapangan. [ard]