Slide 1

Berita PUPR > Puslitbang KPT Raih Penghargaan di Lomba KOTAK 2019


Rabu, 04 Desember 2019, Dilihat 57 kali

Puslitbang KPT Raih Penghargaan di Lomba KOTAK 2019 Pemberian penghargaan kepada Kepala Bidang SDK

Sesuai amanat yang tertuang di Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) Nomor 14 Tahun 2008. Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) berkewajiban untuk membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan instansi tersebut untuk masyarakat luas, baik secara aktif yaitu tanpa adanya permohonan maupun secara pasif yang dilakukan melalui permohonan informasi publik. Oleh karena itu, Puslitbang KPT berkomitmen untuk selalu meningkatkan layanan informasi melalui website dan media sosial.

Berdasarkan Undang-Undang KIP Nomor 14 tahun 2008 serta Peraturan Menteri PUPR Nomor 17 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian PUPR menyelenggarakan lomba Konten dan Tata Kelola Website (KOTAK) 2019. Lomba KOTAK diadakan sebagai sarana pembelajaran untuk pengelola situs agar memahami seperti apa kriteria situs yang baik. Lomba ini juga sebagai sarana sosialisasi kebijakan peraturan mengenai konten apa saja yang harus ada di situs unit organisasi dan unit kerja.

Pada tahun 2018 Puslitbang KPT mengikuti lomba KOTAK untuk pertama kalinya dan menjadi terbaik peringkat 6 dari 21 peserta. Belajar dari pengalaman dalam mengelola website pada tahun 2018, Puslitbang KPT melakukan beberapa perbaikan dan evaluasi konten website.

Puslitbang KPT berkesempatan kembali untuk mengikuti Lomba KOTAK 2019 bersama dengan Puslitbang Perumahan dan Permukiman. Kerja keras yang dilakukan Puslitbang KPT dalam mengelola website berbuah hasil. Website Puslitbang KPT terbaik ke 3 dari 27 peserta pengelola website Unit Kerja di lingkungan Kementerian PUPR. Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Bidang Sistem dan Infrastruktur Teknologi Informasi Julianti Handayani kepada Kepala Bidang Sumber Daya Kelibangan Novri Haryandi.

Kunci keberhasilan yang diraih Puslitbang KPT dalam mengelola website sebagai media informasi antara lain komitmen dari pimpinan dalam mendukung keterbukaan informasi publik, kerja sama tim pengelola website, kolaborasi, serta dukungan data dan konten dari semua pihak. Harapan kedepannya pengelolaan website Puslitbang KPT dapat dilakukan lebih baik lagi. (nd)