Slide 1

Berita PUPR > Workshop Protokol di Lingkungan Balitbang


Jumat, 06 Desember 2019, Dilihat 50 kali

Workshop Protokol di Lingkungan Balitbang Workshop Protokol di Lingkungan Balitbang di Yogyakarta

Yogyakarta - Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan wawasan bidang keprotokolan di Lingkungan Balitbang Kementerian PUPR, Sekretaris Balitbang mengadakan Workshop Protokol yang dilaksanakan di Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman Yogyakarta pada tanggal 5-6 Desember 2019. Acara dibuka oleh Bapak Sunardi, S.Sos, MA selaku Kasubag Umum mewakili Sekretaris Balitbang. Acara ini dihadiri oleh narasumber Drs.H. Yusrin M.Si dari keprotokolan kepresidenan, wapres dan kementerian dan perwakilan dari Balai Litbang Geoteknik Jalan Pusjatan, Balai Litbang Loka Asbuton Pusjatan, Balai Litbang Sabo Pusair, Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman, dan humas di Lingkungan Balitbang.

Menurut UU RI No. 9 Tahun 2010 keprotokolan adalah kegiatan yang berkaitan dengan aturan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintah, atau masyarakat dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan.

Tujuan Pengaturan Keprotokolan : 1) Memberikan penghormatan kepada pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan, perwakilan negara asing dan/atau organisasi internasional, serta tokoh masyarakat tertentu, dan/atau tamu negara sesuai dengan kedudukan dalam negara, pemerintahan dan masyarakat, 2) Memberikan pedoman penyelenggaraan suatu acara agar berjalan tertib, rapi, lancar dan teratur sesuai dengan ketentuan dan kebiasaan yang berlaku, baik secara nasional maupun internasional, 3) Menciptakan hubungan baik dalam tata pergaulan antar bangsa.

Fungsi keprotokolan adalah mengatur urutan acara, waktu, tata urutan, tata tempat, busana, mengecek perlengkapan dan kelengkapan acara dan menentukan lokasi/tempat acara. Fungsi keprotokolan ini dikelola oleh protokol yang merupakan salah satu staf pembantu pimpinan.

Selain materi keprotokolan acara ini juga dilakukan simulasi acara peresmian proyek. Sebagai penutup Bapak Sunardi menyampaikan bahwa Balitbang kedepannya akan dibuatkan SK Satgas Protokol sehingga apabila menyelenggarakan acara penting dapat terkoordinir dengan baik.  (spd)