Slide 1

Berita PUPR > Malam Penganugerahan Penilaian KIP Pelaksana PPID di Kementerian PUPR


Jumat, 06 Desember 2019, Dilihat 79 kali

Malam Penganugerahan Penilaian KIP Pelaksana PPID di Kementerian PUPR Pemberian Penghargaan oleh Bu Sekjen PUPR kepada Pelaksana PPID di Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sebagai apresiasi atas kinerja para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tiap-tiap unit kerja maupun unit organisasi PUPR. Penghargaan diberikan kepada 10 peserta terbaik yang terdiri dari tiga kategori, yakni Pelaksana PPID Pusat, Pelaksana PPID Daerah Tipe I, dan Pelaksana PPID Daerah Tipe II.

Sekjen Kementerian PUPR, Anita Firmanti, dalam sambutannya mengatakan informasi Kementerian PUPR sudah mudah diakses oleh publik. Untuk itu, ia mengajak seluruh komponen Kementerian PUPR menebar kebaikan, dengan memberikan impresi yang baik serta menjalin komunikasi dua arah dengan masyarakat. "Bagi masyarakat, mendapatkan informasi publik merupakan hak yang dijamin dalam Undang - Undang. Oleh karenanya memberikan informasi publik menjadi kewajiban bagi Badan Publik, (namun) tentu saja jenis informasi dan mekanismenya tetap merujuk pada Undang-Undang yang berlaku, yaitu UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik", ujarnya.

Pada malam penganugerahan tersebut Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang PUPR) berhasil mendapatkan 5 penghargaan dalam dua kategori, Kategori pelaksana PPID Pusat (Sekretaris Badan Litbang) berada di peringkat ke sembilan dari 10 terbaik dan Pelaksana PPID Daerah Tipe I untuk peringkat ketiga diraih oleh Puslitbang Jalan dan Jembatan, peringkat kelima diraih oleh Puslitbang Perumahan dan Permukiman, peringkat 7 dan 8 diraih oleh Puslitbang Sumber Daya Air dan Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi.

Pemberian Penghargaan diserahkan langsung oleh Ibu Anita Firmanti selaku Sekjen Kementerian PUPR kepada para penerima penghargaan. Puslitbang KPT dihadiri oleh Bapak Novri Haryandi selaku Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan sekaligus yang menerima penghargaan dari Sekjen Kementerian PUPR.

Menutup sambutannya Ibu Anita mengatakan, Kementerian PUPR memberikan perhatian besar kepada para pejabat pelaksana PPID, baik pelaksana pusat maupun daerah. "Saya selaku atasan PPID mendorong seluruh pelaksana PPID agar terus bersinergi menciptakan cara-cara kerja yang cerdas dan inovatif serta mau berkolaborasi dengan pihak lain untuk meningkatkan transparansi, akuntabel dan tingkat kepercayaan publik," tambahnya. (nd)