Slide 1

Berita PUPR > Sosialisasi dan Audiensi Hasil Akhir Penyusunan Detailed Engineering Design (DED) Penerapan Teknologi RUSPIN di Kabupaten Samosir


Rabu, 22 Januari 2020, Dilihat 40 kali

Sosialisasi dan Audiensi Hasil Akhir Penyusunan Detailed Engineering Design (DED) Penerapan Teknologi  RUSPIN di Kabupaten Samosir Sosialisasi dan Audiensi Hasil Akhir Penyusunan Detailed Engineering Design (DED) Penerapan Teknologi RUSPIN di Kabupaten Samosir

Situngkir -- Dalam rangka penerapan teknologi Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN), Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan audiensi hasil akhir penyusunan Detailed Engineering Design (DED) Penerapan Teknologi  RUSPIN di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Acara yang diselenggarakan pada Jumat 17 Januari 2020 di Rumah Dinas Bupati Samosir ini dihadiri oleh Kepala Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman, Kabid Kajian dan Kerjasama Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT), Bupati Samosir, Kepala Bapeda Pemkab Samosir, Kadis PU & Penataan Ruang Pemkab Samosir, Kadis Pariwisata Pemkab Samosir, Kabid Kerjasama Bapeda Samosir, Camat Panguruan, dan Kades Situngkir.

Pada kesempatan kali ini, Kabid Kajian dan Kerjaama Puslitbang KPT, mewakili Kepala Puslitbang KPT menyerahkan rencana kegiatan berupa DED Penerapan Teknologi RUSPIN yang akan dibangun di Kawasan Pantai Indah Situngkir (PIS) Desa Situngkir, Kec. Pangururan, Kab. Samosir.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri, dan berdaya saing berbasis pertanian dan pariwisata, rencana pembangunan RUSPIN ini sejalan dengan pengembangan Penyusunan Master Plan dan DED Kawasan Wisata KSPN Danau Toba yang sedang disusun oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Rencana pembangunan RUSPIN, merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan teknologi RUSPIN kepada pemerintah setempat dan masyarakat serta stakeholder umum lainnya. Bangunan RUSPIN yang dibangun akan berfungsi sebagai Toilet Wisata, Pusat Informasi Wisata (Tourist Information Center) dan Menara Pandang ke Danau Toba di Kawasan Pantai Indah Situngkir. Untuk melengkapi keseluruhan bangunan ini, maka teknologi yang akan diterpakan meliputi Penerapan Teknologi Teknologi RUSPIN, bahan material Vulkanik Gunung Sinabung (untuk Paving Block dan Con Block) serta Ecotech (Eco Technology) untuk penanganan limbah dari toilet. (iim & ard)