Berita Video Index Berita

Rumah Tradisional Nusa Tenggara

Berita Terkini Index Berita

Kunjungan Mahasiswa UMMI terkait Bahan dan Struktur Bangunan

Friday, 08 Mar 2019

Mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) mengadakan kunjungan Lapangan pada hari Rabu tanggal 6 Maret 2019 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Selengkapnya..

Kunjungan Mahasiswa UMMI terkait Bahan dan Struktur Bangunan

Friday, 08 Mar 2019

Mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) mengadakan kunjungan Lapangan pada hari Rabu tanggal 6 Maret 2019 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Selengkapnya..

Sinkronisasi Dukungan Hasil Litbang Bidang Perumahan dan Permukiman dalam rangka Rehabilitasi dan Rekonstruksi Palu, Sigi, dan Donggala

Wednesday, 06 Mar 2019

Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar Sugeng Paryanto di dampingi Kepala Seksi Layanan Mifta Priyanto mengunjungi Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Kota Palu. Kunjungan tersebut bertujuan untuk penjajakan kerjasama dan sinkronisasi program pelatihan dan alih teknologi hasil litbang bidang perumahan dan permukiman untuk dukungan pena Selengkapnya..

Kunjungan Bina Marga dan Penataan Ruang Kota Palu terkait Perencanaan Pembangunan Kantor Dinas Teknologi RISHA

Tuesday, 05 Mar 2019

Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar menerima kunjungan dari Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah. Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2019. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka pembahasan tentang pembangunan gedung kantor Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah. Teknologi RISHA akan d Selengkapnya..

Sosialisasi dan Bimtek RISHA di Palu Sulawesi Tengah

Tuesday, 26 Feb 2019

Balai Perumahan Wilayah III Makassar turut berpartisipasi dalam pelatihan RISHA yang diselenggarakan oleh PT Asrijes dan Direktorat Bina Konstruksi Wilayah VII Makassar. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 – 23 Februari 2019 di Hotel Gajah Mada Palu. PT. Asrijes merupakan salah satu aplikator RISHA di Sulawesi Tengah. Kegiatan dihadiri oleh Kep Selengkapnya..

Mengenal Hunian Subkomunal RISHA

Tuesday, 26 Feb 2019

Hunian Subkomunal yang diresmikan oleh Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Arief Sabaruddin (8/2) di Semanggi Surakarta menggunakan teknologi RISHA. Hunian Subkomunal merupakan sekumpulan unit rumah tipe 36+ yang didesain mengelompok dalam satu bangunan dengan jumlah unit terbatas. Di dalam satu kel Selengkapnya..

Pengarahan Menteri PUPR kepada Peneliti Puskim

Wednesday, 20 Feb 2019

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi kampus Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman di Cileunyi Bandung pada Selasa 19 Februari 2019. Kunjungan ini masih dalam rangkaian kerja di Bandung. Menteri PUPR memberikan pengarahan dan diskusi dengan para peneliti di lingkungan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Selengkapnya..

Pelaksanaan Rakor dan Evaluasi IKPA Triwulan IV T.A. 2018

Thursday, 14 Feb 2019

Dalam rangka peningkatan layanan KPPN Makassar I, pada hari Selasa 12 Februari 2019 dilaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Indikator Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Triwulan IV 2018 di Gedung Keuangan Negara Lt. 6 Jl. Tol Reformasi Makassar. Acara tersebut dihadiri oleh Kasubbag Umum Lasriyanti latief mewakili Kuasa Pengguna Anggaran Satker Balai Selengkapnya..

Penajaman Dukungan Program Pasca Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Tuesday, 12 Feb 2019

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman ikut serta dalam rapat penajaman dukungan program pasca gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah yang diselenggarakan oleh Balitbang PUPR. Rapat dilaksanakan pada 11 Februari 2019 di Balai Irigasi Bekasi. Dihadiri oleh seluruh Bidang dan Balai di lingkungan Badan Litbang PUPR. Selengkapnya..

Peresmian Purwarupa Hunian Subkomunal RISHA Semanggi

Monday, 11 Feb 2019

Puslitbang Perumahan dan Permukiman (Puskim) Balitbang PUPR membangun purwarupa model Hunian Subkomunal RISHA di Kelurahan Semanggi. Wali kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo meresmikan purwarupa Hunian Subkomunal RISHA tanggal 8 Februari 2019 di lokasi Rumah Susun Semanggi, Surakarta. Selengkapnya..

Kunjungan Kerja Kepala Bidang Jasa Konstruksi Sulteng dan Aplikator RISHA

Friday, 08 Feb 2019

Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi Sulawesi Tengah Agus Nain Sahabat, didampingi staf Bidang Bina Jasa Konstruksi melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman dalam rangka tindak lanjut hasil pembicaraan terkait rencana penerapan Rumah Instan Sehat Sederhana (RISHA) Selengkapnya..

Kunjungan LPI PUPR Indonesia terkait Pembangunan Rumah Pasca Gempa

Monday, 07 Jan 2019

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman menerima kunjungan kerja dari Lembaga Pengembangan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Indonesia (LPI-PUPR Indonesia) pada Kamis tanggal 3 Januari 2019 Selengkapnya..

Aksi Tanam Pohon di Pangkal Pinang dalam rangka Hari Penanaman Pohon Nasional

Tuesday, 18 Dec 2018

Kepala Pusat Litbang Arief Sabaruddin menghadiri acara penanaman pohon di Kolam Retensi Kacang Pedang Kota Pangkal Pinang (17/12/18). Acara ini diselenggarakan dalam rangka Hari Penanaman Pohon Nasional Selengkapnya..

Serah Terima dan Alih Teknologi Model Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi Pada Permukiman Tepi Danau Maninjau

Wednesday, 12 Dec 2018

Pelaksanaan Alih Teknologi dan Serah Terima Model Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi di Kawasan Linggai, merupakan program kerjasama antara Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR, Selengkapnya..

Mahasiswa Universitas Baturaja Mengunjungi Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan

Thursday, 06 Dec 2018

Mahasiswa jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Baturaja mengadakan kunjungan lapangan pada hari Rabu tanggal 5 Desember 2018 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan diterima oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Riana Suwardi. Di dalam sambutan awal Selengkapnya..

Kunjungan Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah

Thursday, 29 Nov 2018

Anggota Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karanganyar melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 November 2018 di Kantor Puskim Cileunyi Bandung. Selengkapnya..

Alih Teknologi Dan Serah Terima Model Teknologi Bahan Bangunan Berbasis Material Vulkanik Gunung Sinabung

Monday, 26 Nov 2018

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan (BLPW I) menyelenggarakan kegiatan Alih Teknologi dan Serah Terima Model Teknologi Bahan Bangunan Berbasis Material Vulkanik Selengkapnya..

Sosialisasi Petunjuk Teknis Penilaian Jabatan Fungsional Perekayasa

Monday, 19 Nov 2018

Sosialisasi petunjuk teknis tentang penilaian jabatan fungsional perekayasa telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 November 2018 bertempat di Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan. Sosialisasi yang diselenggarakan Bagian Kepegawaian dan Ortala Sekretariat Badan Litbang Kementerian PUPR ini dihadiri oleh Selengkapnya..

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan Juara Stand Terbaik II Pekan Inovasi Sumut 2018

Friday, 16 Nov 2018

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan ikut serta dalam Pekan Inovasi Sumatera Utara (PIS) 2018. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 15 November 2018 bertempat di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Kota Medan. Pekan Inovasi Sumatera Utara yang dilaksanakan untuk Selengkapnya..

Mahasiswa Universitas Bakrie Mengunjungi Puslitbang Perumahan dan Permukiman

Thursday, 15 Nov 2018

Mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas Bakrie mengadakan kunjungan lapangan pada hari Selasa tanggal 13 November 2018 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan diterima oleh Kasubbag Umum Rusli. Di dalam sambutan awal beliau menyampaikan terkait profil Puskim. Tujuan Selengkapnya..

Diskusi Teknis, Kajian Kehandalan Bangunan Rumah Tradisional Nias

Tuesday, 13 Nov 2018

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan mengadakan Diskusi Teknik Kajian Kehandalan Bangunan Rumah Tradisional Nias. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 November 2018 di Hotel Hernelis, Jalan Hili Tobara, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Acara diawali Selengkapnya..

FGD ke-2 Penerapan Model Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi Pada Permukiman Tepi Danau Maninjau

Friday, 09 Nov 2018

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) ke-2. FGD dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 November 2018 di ruang rapat kantor Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. FGD diadakan dari Kegiatan Penerapan Model Pengolahan Air Bersih dan Selengkapnya..

Kunjungan Kerja BPBD Kabupaten Magelang

Tuesday, 06 Nov 2018

Anggota BPBD kabupaten Magelang melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 November 2018 di Kantor Puskim Cileunyi Bandung. Kunjungan diterima oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Riana Suwardi mewakili Kepala Selengkapnya..

Diskusi Teknis, Penyediaan Perumahan berbasis Housing Career

Wednesday, 31 Oct 2018

Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan (TBL) mengadakan Diskusi Teknik terkait Penyediaan Perumahan Berbasis Housing Career. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 30 Oktober 2018 di Grha Wiksa Praniti Bandung. Dihadiri oleh Pakar Perumahan dan Permukiman, Bappenas, Indonesia Property Selengkapnya..

Sosialisasi dan Alih Teknologi Pengembangan Bahan Bangunan dari Material Vulkanik Gunung Sinabung

Monday, 29 Oct 2018

Balai Litbang Perumahan I Medan mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Alih Teknologi Pemanfaatan Material Vulkanik Gunung Sinabung sebagai Bahan Bangunan Berbasis Semen. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 – 25 Oktober 2018 di Kabanjahe Kabupaten Karo. Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan Selengkapnya..

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Mengunjungi Puslitbang Perumahan dan Permukiman

Wednesday, 24 Oct 2018

Mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan kunjungan lapangan pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2018 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan diterima oleh Muhammad Nur Fajri Alfata Peneliti Balai Litbang Sains Bangunan. Di dalam Selengkapnya..

Pembelajaran dari Gempa Lombok dan Palu untuk Mitigasi Bencana

Wednesday, 24 Oct 2018

Gempa bumi yang terjadi di Lombok dan Palu memberikan dampak yang cukup besar. Mulai dari kerusakan bangunan dan infrastruktur hingga menelan ribuan korban jiwa. Perlu ada pembelajaran sebagai bentuk persiapan jika peristiwa tersebut kembali terjadi. Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Selengkapnya..

Pemerintah Bakal Bangun Rumah ‘Instan’ Tahan Gempa di Palu

Tuesday, 23 Oct 2018

Cnnindonesia.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun rumah instan sederhana sehat atau RISHA yang mampu menahan gempa di Provinsi Sulawesi Tengah. Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR Hadi Sucahhyono menjelaskan RISHA merupakan bangunan hasil Selengkapnya..

Presiden Tinjau Lokasi Pasca Gempa di Lombok Timur

Monday, 22 Oct 2018

Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa lokasi di NTB. Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 Oktober 2018 bertujuan untuk meninjau langsung progres pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) di Sumbawa Barat dan Belanting Lombok Timur. Kunjungan Selengkapnya..

UMKM Ikut Rekonstruksi Rumah Korban Gempa Lombok

Monday, 22 Oct 2018

Liputan6.com – Kementerian PUPR secara bertahap terus menyelesaikan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan fasilitas publik serta rumah masyarakat di sejumlah daerah terdampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bantuan pemerintah untuk masyarakat membangun rumahnya yang hancur akibat gempa sudah banyak yang Selengkapnya..

CPNS Pusair Mengunjungi Puslitbang Perumahan dan Permukiman

Friday, 19 Oct 2018

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (Puskim) menerima kunjungan lapangan CPNS di lingkungan Kementerian PUPR. Kunjungan dilaksanakan dalam rangka kegiatan Pengenalan Kelitbangan Bidang Sumber Daya Air. Kunjungan dilaksanakan hari Jum’at pada tanggal 5 Oktober 2018 dengan jumlah 40 peserta. Kegiatan dibuka Selengkapnya..

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari Mengunjungi Balai Litbang AMPLP

Tuesday, 16 Oct 2018

Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Universitas Muhammadiyah Kendari mengadakan kunjungan Lapangan pada hari Selasa tanggal 16 Oktober 2018 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan diterima oleh Kepala Balai Litbang AMPLP Fitrijani Anggraini. Di dalam sambutan awal beliau menyampaikan Selengkapnya..

CPNS Pusjatan Mengunjungi Puslitbang Perumahan dan Permukiman

Monday, 15 Oct 2018

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (Puskim) menerima kunjungan lapangan CPNS di lingkungan Kementerian PUPR. Kunjungan dilaksanakan dalam rangka kegiatan Pengenalan Kelitbangan Bidang Jalan dan Jembatan. Kunjungan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 September 2018 dengan jumlah 60 peserta. Kegiatan dibuka Selengkapnya..

Kunjungan Kerja DPD REI Kalimantan Selatan

Monday, 15 Oct 2018

Anggota DPD Rei Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 11 Oktober 2018 di Kantor Puskim Cileunyi Bandung. Kunjungan diterima oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Riana Suwardi mewakili Selengkapnya..

Kunjungan Kerja Direktorat Rumah Umum dan Komersial ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman

Friday, 12 Oct 2018

Anggota Direktorat RUK dan Asabri melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan ini dilaksankan pada hari Jum’at tanggal 12 Oktober 2018 di Kantor Puskim Cileunyi Bandung. Kunjungan diterima oleh Kasi Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Yuri Selengkapnya..

Mini Seri Dibalik RISHA (1) – Rumah Instan itu adalah Risha

Thursday, 04 Oct 2018

Saya tidak ingat tepatnya tanggal berapa tetapi sekitar awal tahun 2004 ketika Pak Nana Staf Senior di Balai Struktur dan Konstruksi Bangunan menyampaikan kepada saya kalau beliau diajak Pak Arief Sabarudin menjadi ketua tim proyek penelitian bersama dengan topik rumah Selengkapnya..

Mini Seri Dibalik RISHA (2) – Risha Panel P30 Seiring Bergabungnya Sang Master Drafter

Thursday, 04 Oct 2018

Kebiasaan Pak Nana pulang kantor malam hari menjadikan saya sebagai anggota tim mengikuti ritme kerja beliau dan pada saat teman-teman kantor beranjak pulang kami malah sedang asik-asiknya diskusi mengenai detail desain panel-panel Risha. Detail desain panel Risha yang pertama dihasilkan Selengkapnya..

Mini Seri Dibalik RISHA (3) – Beradu tulangan Risha

Thursday, 04 Oct 2018

Setelah selesai membuat detail desain bentuk panel P1 atau panel 30, selanjutnya diskusi mengenai penulangan panelnya, sebagai leader Pak Nana mengusulkan dua model penulangan yaitu model ke-1 dengan tulangan frame 4  8 yang menyambung antar tulangan atas dan bawah Selengkapnya..

Mini Seri Dibalik RISHA (4) – Lahirnya Panel Risha Setengah Restu

Thursday, 04 Oct 2018

Konsep yang sudah dirumuskan oleh Pak arief bahwa sistem struktur rumah instan harus terdiri dari sedikit mungkin model panel malah sebisa mungkin hanya terdiri satu model panel sangat dipengang teguh oleh kami terutama oleh Pak Nana, tetapi pada saat menjadikan Selengkapnya..

Mini Seri Dibalik RISHA (5) – Si Bontot yang Tidak Terhindarkan

Thursday, 04 Oct 2018

Setelah detail desain bentuk dan penulangan panel P1 dan P2 selesai untuk mengkonstruksi menjadi bangunan tiga dimensi diperlukan komponen sebagai penyambung antara panel sebagai komponen struktur vertikal dan horisontal, komponen penyambung (joint) ini sebenarnya pada saat merancang portal sudah didesain Selengkapnya..

Mini Seri Dibalik RISHA (6) – Desain Moulding Risha Bukan Akhir Invensi

Thursday, 04 Oct 2018

Setelah selesai membuat detail desain bentuk dan tulangan panel P1, P2 dan sambungan tantangan berikutnya adalah membuat cetakan (moulding) masing-masing panelnya, ada beberapa ide dalam membuat cetakan tetapi kemudahan dalam pembuatan panel maupun saat pelepasan panel dari moulding menjadi pertimbangan, Selengkapnya..

Mini Seri Dibalik RISHA (7) – Konfigurasi Sambungan Panel

Thursday, 04 Oct 2018

Pembuatan detail desain panel strukur Risha dilaksanakan oleh Tim Sub Kegiatan Desain Struktur yang dipimpin oleh Pak Nana bukan pekerjaan membalikan telapak tangan atau tinggal mengucapkan kata-kata ajaib seperti “Simsalabim atau Abakadabra” maka jadilah panel struktur Risha, tetapi setelah Pak Selengkapnya..

4 Strategi Kementerian PUPR Pasca Gempa dan Tsunami Palu-Donggala

Tuesday, 02 Oct 2018

Tribunnews.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) fokus terhadap 4 strategi tanggap darurat, yakni penanganan evakuasi korban, penyedian prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi bagi para pengungsi, pembersihan kota paling lambat 2 minggu ditargetkan selesai dan pemulihan Selengkapnya..

Kunjungan Kerja BAPPEDA Kabupaten Mimika

Tuesday, 25 Sep 2018

Anggota Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Mimika melakukan kunjungan lapangan di Kampus Utama Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Cileunyi Bandung. Kunjungan ini dilakukan pada hari Selasa tanggal 25 September 2018. Kunjungan diterima oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan Aris Selengkapnya..

Kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam Provinsi Sumbar Ke Puslitbang Perumahan dan Permukiman

Tuesday, 25 Sep 2018

Dalam rangka menindaklanjuti perjanjian kerjasama antara Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat dan terkait dengan kegiatan Penerapan Model Pengolaan Air Bersih dan Sanitasi Pada Permukiman Tepi Danau Maninjau di Provinsi Sumatera Barat yang Selengkapnya..

Pascagempa, Pariwisata NTB Dipastikan Segera Pulih

Monday, 24 Sep 2018

Lombok, CNN Indonesia – Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan segera pulih karena proses pemulihannya berjalan sesuai rencana yang dikawal langsung oleh dua Menteri Kabinet Kerja, yaitu Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman Luhut Binsar dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Kedua mente Selengkapnya..

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung Mengunjungi Balai Litbang AMPLP

Friday, 21 Sep 2018

Mahasiswa jurusan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan Institut Teknologi Bandung di Jatinangor mengadakan kunjungan Lapangan pada hari Jum’at tanggal 14 September 2018 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan diterima oleh Kepala Balai Litbang AMPLP Fitrijani Anggraini. Di dalam sambutan Selengkapnya..

Partisipasi Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan Pada Diseminasi/Bimbingan Teknis Teknologi Balitbang PUPR Tahun 2018

Monday, 10 Sep 2018

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan mewakili Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (Puskim) berpartisipasi dalam Diseminasi/Bimbingan Teknis Teknologi Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kegiatan diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 5 September 2018 bertempat di Hotel Grand Mercure Kota Selengkapnya..

Mengenal RISHA, Teknologi Rumah Tahan Gempa

Monday, 10 Sep 2018

Jakarta, CNN Indonesia – Rentetan gempa bumi yang mengguncang Lombok dan sejumlah daerah di Indonesia memicu perhatian mengenai teknologi hunian aman. Teknologi RISHA atau Rumah Instan Sederhana Sehat yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat dan Pengembangan Perumahan dan Selengkapnya..

Jokowi Instruksikan Teknologi RISHA untuk Rekonstruksi dan Rehabilitasi di Lombok NTB

Tuesday, 04 Sep 2018

Lombok, 3/9/2018 – Dalam rangka mendukung proses rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana alam di Lombok beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi melakukan kunjungan untuk melihat progres pembangunan fasilitas umum dan rumah masyarakat yang mengalami kerusakan. Sebelum melakukan kunjungan, Jokowi memimpin Apel Selengkapnya..

PUPR Rampungkan Rekonstruksi Pasca Gempa Aceh 2016

Thursday, 16 Aug 2018

Tribunnews.com – Kementerian PUPR telah selesaikan rekonstruksi infrastruktur yang terdampak bencana gempa bumi di Aceh pada 7 Desember 2016 lalu. Rekonstruksi yang telah selesai diantaranya yakni pembangunan 20 sekolah permanen di Kabupaten Pidie Jaya dan Bireuen, Pembangunan Masjid At – Selengkapnya..

Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Banten

Tuesday, 14 Aug 2018

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Komisi IV membidangi Pembangunan yang meliputi Kebinamargaan, Penataan Ruang, Pekerjaan Umum, Perencanaan Pembangunan Daerah, Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Irigasi, Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Pertambangan dan Selengkapnya..

Prinsip-Prinsip Bangunan Tahan Gempa

Thursday, 09 Aug 2018

Gempa yang mengguncang Lombok Nusa Tenggara Barat pada tanggal 29 Juli 2018 dan 5 Agustus 2018 telah mengakibatkan korban meninggal dan luka-luka serta harta benda yang sangat banyak. Korban meninggal dan luka-luka terutama terjadi akibat tertimpa reruntuhan bangunan baik rumah Selengkapnya..

Pembangunan Rumah Bertahap Menggunakan Teknologi RISHA

Thursday, 09 Aug 2018

Salah satu penyebab rusaknya bangunan akibat gempa bumi adalah ketidakonsistenan metoda pelaksanaan pekerjaan sesuai spesifikasi teknis termasuk dalam sistem sambungan komponen struktur Bangunan yang berakibat menurunnya kualitas bangunan secara keseluruhan. Untuk mencegah hal tersebut maka dikembangkan Teknologi Risha sejak tahun Selengkapnya..

Puskim Masuk 10 Top Lembaga Riset Terkemuka di Indonesia

Wednesday, 08 Aug 2018

LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) merilis Ranking Web of Research Centers yang dilansir dari Webometrics. Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman masuk kedalam Top 10 Lembaga Riset Terkemuka di Indonesia Tahun 2018. Puskim berada di urutan ke sembilan. Untuk kawasan Asia Selengkapnya..

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Tulungagung

Tuesday, 07 Aug 2018

Anggota DPRD Kabupaten Tulungagung Komisi D melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan komisi yang membidangi pembangunan dan pariwisata ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Agustus 2018 di Kantor Puskim Cileunyi Bandung. Kepala Bagian Keuangan dan Selengkapnya..

Gedung RISHA Tetap Berdiri Setelah Gempa Bumi Lombok

Friday, 03 Aug 2018

Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan sebagian wilayah di Bali. Gempa tersebut pertama kali dirasakan pada tanggal 29 Juli 2018. Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar Johnny Rakhman meninjau lokasi penerapan teknologi RISHA Selengkapnya..

Mahasiswa Politeknik Malang Mengunjungi Lab Bahan dan Struktur Bangunan

Wednesday, 01 Aug 2018

Mahasiswa jurusan Teknik Sipil Politeknik Malang mengadakan kunjungan Lapangan pada hari Rabu tanggal 1 Agustus 2018 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Tujuan dari penyelenggaraan kunjungan lapangan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para mahasiswa dalam bidang bahan Selengkapnya..

Upacara Sertijab di Lingkungan Puskim

Thursday, 26 Jul 2018

Upacara Serah Terima Jabatan Administrator di Lingkungan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (Puskim) Balitbang Kementerian PUPR, dilaksanakan pada Senin 23 Juli 2018 di Kantor Cileunyi Bandung. Upacara dipimpin oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Arief Sabaruddin. Di hadiri oleh Selengkapnya..

BIMTEK TUKANG

Monday, 23 Jul 2018

Bertempat di kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (P3B), Kota Serang dilakukan bimbingan teknis dalam rangka advis teknis dan kerjasama antara Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR dengan Dinas Perumahan Selengkapnya..

Kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam Sumbar Ke Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan

Friday, 20 Jul 2018

Dalam rangka menindaklanjuti perjanjian kerjasama antara Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat dan terkait dengan kegiatan Penerapan Model Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi Pada Permukiman Tepi Danau Maninjau di Provinsi Sumatera Barat yang Selengkapnya..

OJT CPNS : Ubah Sudut Pandang Dalam Melayani Masyarakat

Wednesday, 18 Jul 2018

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (Puskim) menerima kunjungan lapangan CPNS di lingkungan Kementerian PUPR. Kunjungan dilaksanakan dalam rangka kegiatan Pengenalan Kelitbangan Bidang Jalan dan Jembatan serta Sumber Daya Air. Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 16, 17, dan 19 Juli 2018 dengan Selengkapnya..

BINTEK PETUGAS LAPANGAN BNPB

Sunday, 08 Jul 2018

Pemenuhan kebutuhan hunian sementara bagi korban bencana merupakan bagian penting dalam penanganan darurat bencana karena, hunian sementera sifatnya ; sebagai tempat perlindungan korban bencana selama status keadaan darurat bencana untuk keamanan dan keselamatan diri serta mengurangi dari dampak bencana itu Selengkapnya..

Sinkronisasi Program Litbang dan Penerapan Teknologi TA 2019

Friday, 29 Jun 2018

Dalam rangka sinkronisasi penyusunan program Litbang TA.2019, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (PusKPT) melakukan roadshow ke Puslitbang Sumber Daya Air, Puslitbang Jalan dan Jembatan, dan Puslitbang Perumahan dan Permukiman yang dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Juni, dan 2 Juli Selengkapnya..

Halal bi Halal Puskim 1439 H

Monday, 25 Jun 2018

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman telah mengadakan Acara Halal bi Halal pada hari kedua masuk kerja seusai libur Hari Raya Idul Fitri dan Cuti bersama 1439 H, tanggal 22 Juni 2018 di Kantor Cileunyi. Acara dihadiri oleh seluruh Keluarga Besar Selengkapnya..

Kunjungan Podomoro University terkait Teknologi Tepat Guna

Tuesday, 05 Jun 2018

Mahasiswa program studi Teknik Lingkungan Universitas Agung Podomoro melaksanakan kunjungan lapangan di kantor Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 4 Juni 2018. Kunjungan ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tambahan mengenai Teknologi Tepat Guna Pengelolaan Lingkungan. Selengkapnya..

Pemanfaatan Teknologi Air Minum dan Sanitasi di Beji, Depok

Tuesday, 15 May 2018

Implementasi kebijakan penerapan teknologi air minum dan sanitasi terpadu, sesuai Rencana Strategis (Renstra) tahun 2014 – 2019 adalah penerapan teknologi air minum dan sanitasi di zona hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung RW14 Kelurahan Kemiri Muka Kecamatan Beji Kota Depok. Selengkapnya..

LPM, BKM KOTA PEKALONGAN

Tuesday, 08 May 2018

Guna meningkatkan kapasitas kelembagaan bagi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) dan Badan Keswadayaan Masyarakat ( BKM ) serta para Lurah se-Kota Pekalongan, Senin (07/05) melakukan kunjungan ke Pusat Litbang Perumahan Permukiman untuk untuk studi banding yang merupakan rangkaian dari Selengkapnya..

Bedah Buku Bapakku Indonesia

Tuesday, 17 Apr 2018

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman ikut serta dalam kegiatan Bedah Buku Bapakku Indonesia yang diselenggarakan oleh perpustakaan Kementerian PUPR pada tanggal 16 April 2018, mengundang penulis Buku Maman Suherman. Kang Maman yang dikenal pada acara Indonesia Lawak Club sebagai notulen Selengkapnya..

Kunjungan Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Jawa Tengah terkait Rumah Sehat dan Berwawasan Lingkungan

Friday, 06 Apr 2018

Kegiatan Peningkatan Kualitas Menuju Rumah Sehat dan Berwawasan Lingkungan yang termasuk kedalam Renstra Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 hingga 2030, menjadi latar belakang dari kunjungan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemerintah Provinsi Selengkapnya..

Pembahasan Progres Kegiatan Litbang Balai Medan TA 2018 dan 2019

Wednesday, 04 Apr 2018

Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Arief Sabaruddin didampingi oleh Kabid Progrev Andreas Wibowo mengadakan kunjungan ke Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan. Kunjungan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2018 ini dalam rangka membahas progres kegiatan Litbang TA 2018 Selengkapnya..

Direktur Penyediaan Perumahan ke PUSPERKIM

Friday, 30 Mar 2018

Untuk pertama kalinya Direktur Jendral Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamdi mengunjungi Kampus Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Bandung, Kamis (29/03). didampingi Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Dadang Rukmana, dan Direktur Evaluasi Bantuan Pembiayaan Perumahan Ditjen Pembiayaan Perumahan Selengkapnya..

Toilet Canggih di Danau Toba

Tuesday, 27 Mar 2018

Kompas.com – Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), pemerintah membangun sebuah toilet canggih di kawasan Wisata Tele, Samosir, Sumatera Utara. Adapun Teknologi yang dibenamkan senilai Rp 3,3 miliar itu diklaim lebih murah bila dibandingkan teknologi serupa di luar negeri. Peneliti Muda Selengkapnya..

Puskim Atasi Sulit Air Bersih di Kampung Laut

Friday, 23 Mar 2018

Masyarakat Desa Ujung Alang Kampung Laut Cilacap sudah bisa tersenyum lega. Persoalan sulit air selama ini sudah teratasi setelah dibagunnya proyek percontohan teknologi pengolahan air bersih oleh Puslitbang Permukiman Kementerian PUPR sejak tahun 2016. Selengkapnya simak infografis dibawah ini. (Sri Selengkapnya..

Seminar Peta Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017 dan Revisi SNI 1726;2012 di Makassar

Friday, 16 Mar 2018

Telah direvisinya Peta Bahaya Gempa Indonesia tahun 2017 menjadi salah satu dasar pelaksanaan Seminar Peta Sumber dan Bahaya Gempa di Makassar. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin tanggal 12 Maret 2018 di Hotel Four Points Makassar. Dihadiri oleh Pemerintah, Praktisi, Selengkapnya..

Penerapan Kawasan dan Hunian Rendah Energi di Ciparay Bandung

Monday, 12 Mar 2018

Melalui Balai Litbang Sains Bangunan, Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman akan membangun rumah contoh di daerah Ciparay Kabupaten Bandung. Rumah tersebut menerapkan konsep hunian dan kawasan rendah energi. Pembangunan direncanakan dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Sebanyak 14 unit rumah akan Selengkapnya..

Bimbingan Teknis “ Manajemen Konstruksi”

Monday, 05 Mar 2018

Bintek ini diselenggarakan dalam rangka memberikan wawasan pengetahuan para peserta tentang bagaimana mekanisme penyusunan dokumen kelayakan Pilot Projek dan Rencana Bisnis guna mendukung kegitan Replikasi Perdana Teknologi Litbang PUPR agar termanfaatkan bagi kepentingan masyarakat penerima maupun masyarakat pengguna. Diharapkan dengan Bimbingan T Selengkapnya..

Basic Design Rencana Pembangunan Rest Area di Kawasan Puncak Kabupaten Bogor

Friday, 02 Mar 2018

Dalam rangka penataan Kawasan Puncak di Kabupaten Bogor, direncanakan akan dibangun tempat peristirahatan (rest area) yang difungsikan sebagai destinasi wisata sekaligus sebagai salah satu tempat relokasi pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di sepanjang jalur jalan nasional di Puncak Selengkapnya..

Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Mengunjungi Lab Bahan dan Struktur Bangunan

Wednesday, 28 Feb 2018

Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta mengadakan kunjungan Kuliah Lapangan pada hari Rabu tanggal 27 Februari 2018 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Tujuan dari penyelenggaraan kunjungan lapangan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para mahasiswa dalam bidang bahan Selengkapnya..

Penerapan Konsep Penataan Kawasan Kumuh Karabba

Thursday, 15 Feb 2018

Balai Litbang Perumahan Wilayah III Makassar telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Konsep Penataan Kawasan Kumuh Kampung Karabba pada hari Senin tanggal 5 Februari 2018 di Kampung Karabba Kelurahan Tallo Kecamatan Tallo Kota Makassar. Kegiatan yang dihadiri masyarakat kampung Karabba dan pemerintah Selengkapnya..

Solusi Membangun Rumah Cepat dan Terjangkau

Tuesday, 13 Feb 2018

Kebutuhan rumah nasional pada tahun 2015 telah mencapai 820.000 unit pertahun dengan backlog perumahan mencapai 12,5 juta unit hingga tahun 2014. Masalah utama yang dihadapi dari tahun ke tahun adalah terjadinya gap yang semakin jauh antara peningkatan kebutuhan rumah dibandingkan Selengkapnya..

Hindari Korban Lebih Banyak, Jangan Abaikan Peringatan dari PBB

Friday, 09 Feb 2018

Jakarta (koranjakarta.com) – Pemerintah diharapkan segera melakukan langkah antisipasi bencana, khususnya gempa bumi untuk mencegah jatuhnya korban yang lebih banyak. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mesti memperketat pengawasan dan spesifikasi bangunan gedung-gedung bertingkat di Jakarta agar m Selengkapnya..

Biotour, Solusi Atasi Limbah Rumah Tangga

Tuesday, 06 Feb 2018

Teknologi daur ulang air limbah rumah tangga merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan sebagai upaya menangani kekurangan air dan perlindungan lingkungan serta adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. Air daur ulang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan diantaranya irigasi pertanian atau landskap, Selengkapnya..

Biotour, Solusi Atasi Limbah Rumah Tangga

Tuesday, 06 Feb 2018

Teknologi daur ulang air limbah rumah tangga merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan sebagai upaya menangani kekurangan air dan perlindungan lingkungan serta adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. Air daur ulang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan diantaranya irigasi pertanian atau landskap, Selengkapnya..

Peta Sumber dan Bahaya Gempa Terbaru Balitbang Sebagai Acuan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur

Tuesday, 30 Jan 2018

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencermati berbagai kejadian kecelakaan yang terjadi pada masa konstruksi belakangan ini, Kementerian PUPR memandang perlu untuk membentuk Komite Keselamatan Konstruksi dengan tujuan menekan angka kecelakaan kerja konstruksi melalui Keputusan Menteri PUPR No. 66/KPTS/M/2018 tentang Ko Selengkapnya..

Kunjungan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Tegal

Thursday, 25 Jan 2018

Penanganan kawasan kumuh perkotaan merupakan salah satu program kerja yang menjadi fokus baik level pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Upaya pencapaian target tersebut tentunya memerlukan kerja keras dan sinergi antar unit organisasi. Terkait hal tersebut, pada tanggal 24 Januari 2018 Selengkapnya..

Sinergi Penataan Kawasan Kumuh Perkotaan antara Direktorat Pengembangan Permukiman dan Puslitbang Perumahan dan Permukiman

Monday, 22 Jan 2018

Salah satu target dalam Renstra Kementerian PUPR 2015-2019 adalah terwujudnya 0 (nol) persen kawasan kumuh perkotaan pada tahun 2019. Upaya pencapaian target tersebut tentunya memerlukan kerja keras dan sinergi antar unit organisasi. Terkait hal tersebut, pada tanggal 19 Januar Selengkapnya..

Segera Revitalisasi DAS Citarum, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Integrasi K/L dan Pemda

Wednesday, 17 Jan 2018

Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum karena selain memiliki nilai sejarah, nilai ekonomis, juga memiliki nilai sosial yang penting bukan hanya bagi masyarakat Jawa Barat tapi juga manfaatnya besar sekali bagi warga Ibu Kot Selengkapnya..

Sinergitas Penyelenggaraan Pengembangan Perumahan dan Permukiman

Wednesday, 17 Jan 2018

Sesuai dengan amanat UUD 1945 dan ditindaklanjuti oleh UU No. 1/2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman menyatakan bahwa (a) Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, da Selengkapnya..

Kunjungan CDJO Terkait Proyek Kereta Cepat

Friday, 12 Jan 2018

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman mendapat kunjungan dari China Academic Railway System consortium with PT Dardela Yasa Guna Joint Operation (CDJO) pada hari Kamis tanggal 11 Januari 2018 di Kantor Utama Cileunyi Bandung. CDJO merupakan Konsultan yang menangani Proyek Kereta Selengkapnya..

Gempa Bumi Tidak Bisa Diprediksi

Tuesday, 09 Jan 2018

Gempa bumi yang terjadi di berbagai tempat di Indonesia sering menimbulkan bencana yang sangat dahsyat. Bukan hanya menghancurkan gedung, rumah tinggal, dan infrastruktur, juga sering mengakibatkan banyak korban jiwa, bahkan berdampak pada perekonomian daerah. Belum lama ini, wilayah Jawa Barat Selengkapnya..

Standar Anyar Penguji Ketahanan Api

Monday, 06 Nov 2017

Sebagai hasil revisi dari standar lama SNI 03-1747-2000, standar anyar SNI 1741:2008 digunakan untuk menguji tingkat ketahanan api (TKA) dari komponen - komponen struktur bangunan. Ini meliputi lantai, kolom, balok, atap, dan dinding bangunan yang dinyatakan dalam aspek stabilitas, inte Selengkapnya..

ERA LITBANG DIGITAL dan Eksistensi Satgas Go Digital

Tuesday, 17 Oct 2017

Balitbang menyadari bahwa paradigma dukungan penyediaan informasi Litbang yang dahulunya konvensional sudah selayaknya berubah menuju ke konsep digital. Merespon hal tersebut, Balitbang PUPR mencanangkan sebuah gerakan pemanfaatan teknologi informasi, yang diberi nama “LITBANG GO DIGITAL”. Ada banyak alasan mengapa Balitbang harus beradaptasi d Selengkapnya..

Juru Kunci Sebuah Organisasi, Arsip

Friday, 06 Oct 2017

ARSIP. Apa itu arsip ? Kalau di kantor kita masuk ruang kerja pernah melihat tumpukan kertas kerja di atas meja atau di lemari seseorang dianggap sebagai arsip atau file. Padahal belum tentu itu arsip, mungkin hanyalah sampah. Mari sejenak kita lihat kembali meja kerja kita. Tampak terlihat tumpukan map bercampur majalah, koran, rekening dan sebaga Selengkapnya..

Launching Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017

Monday, 04 Sep 2017

Kementerian PUPR (KemenPUPR) telah berhasil membuat Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017 yang merupakan hasil pemutakhiran Peta Gempa Tahun 2010. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) M. Basuki Hadimuljono membuka peluncuran Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017 tanggal 4 September 2017 di Gedung Auditori Selengkapnya..

Pra Event Diseminasi Hasil Litbang

Monday, 07 Aug 2017

Dalam rangka penyebarluasan produk Litbang kepada customer/stakeholde, Balitbang mengadakan Diseminasi Hasil Litbang pada 7-9 Agustus 2017 di Batam dengan mengundang Pejabat Pemda Setempat. Pelaksanaan kegiatan tersebut dapat disaksikan secara LIVE di Channel Youtube : litbang pupr.  Selengkapnya..

Penataan Jalur Puncak untuk mengembalikan good sightseeing

Sunday, 07 May 2017

Dalam rangka penanganan kemacetan yang sering terjadi di kawasan Jalur Puncak Bogor Jawa Barat, Kepala Badan Litbang Dr. Ir. Danis H. Sumadilaga, M. Eng, Sc mengundang para stakeholder terkait antara lain Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Bappeda Kabupaten Bogor dan Komite Perencanaan pada Rapat Koordinasi Penanganan Kemacetan di Jalur Puncak u Selengkapnya..

Penyusunan SOP PULSA Rencanakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Monday, 27 Feb 2017

Bandung – Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan pedoman pelaksanaan administrasi perkantoran yang sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna. Dalam rangka meningkatkan layanan terkait Pelayanan Uji Laboratorium, Sertifikasi dan Advis Teknis (PULSA) di lingkungan Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perum Selengkapnya..

Upacara Peringatan Hari Bakti PU Ke 71

Saturday, 03 Dec 2016

“Kerja Nyata Membangun Infrastruktur Untuk Bangsa” Jakarta – Setiap tanggal 3 Desember, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelar Upacara memperingati Hari Bakti PU. Upacara peringatan Hari Bakti PU ke-71 diselenggarakan di halaman Kementerian PUPR dan di pimpin oleh Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono selaku Inspektur Upac Selengkapnya..

Pembangunan 285 Rumah RISHA di NTT Telah Mencapai 82 Persen

Sunday, 23 Oct 2016

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan 285 unit rumah di kawasan perbatasan Indonesia dan Timor Leste, yakni 100 unit di Desa Silawan, 135 unit di Desa Dualaos dan 50 unit di Desa Fatuketi di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Rumah-rumah tersebut dibangun khusus untuk masyarakat asli Selengkapnya..

“Provinsi Papua Barat : tidak masanya lagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur dilakukan secara sembunyi-sembunyi”

Tuesday, 27 Sep 2016

Sorong, 27 September 2016, Badan Litbang PUPR telah menghasilkan pedoman/SNI, Inovasi teknologi guna menunjang penyelenggaran infrastruktur bidang PUPR, untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur. Dalam rangkaian kegiatan sosialisasi terpadu penyelenggaraan infrastruktur PUPR TOT Pedoman Analisias Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Peke Selengkapnya..

Predikat Baik atas Kinerja TP2I oleh LIPI

Saturday, 02 Jul 2016

Predikat Baik atas Kinerja TP2I oleh LIPI Kepala Badan Litbang, Dr. Ir. Arie Setiadi Moerwanto, M.Sc menerima kunjungan dari LIPI dalam rangka visitasi pemberian kewenangan Tim Penilai Peneliti Instansi (TP2I) di Kantor Sekretariat Badan Litbang, Jakarta, Selasa (8/3). Berdasarkan Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 184/D/2014, Akreditasi kewenangan Selengkapnya..

KAWASAN KUMUH TAMBAK LOROK PERLU PENANGANAN

Saturday, 02 Jul 2016

Keterpaduan penelitian merupakan tema yang akan selalu diusung oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Salah satu contoh keterpaduan tersebut diwujudkan pada penelitian mengenai pengembangan kawasan kampong bahari di Tambak Lorok, Semarang. Selengkapnya..

WORKSHOP SISTEM KONSTRUKSI RISHA BAGI APLIKATOR RISHA

Saturday, 02 Jul 2016

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman telah melakukan berbagai penelitian di bidang teknologi perumahan dan permukiman. Berbagai produk keluarannya banyak dimanfaatkan dalam kegiatan pembangunan, baik yang dilakukan oleh pemerintah, swasta, maupun masyarakat luas. Tugas lembaga litbang satu diantaranya adalah menyebarluaskan t Selengkapnya..

KUNJUNGAN LAPANGAN UNIVERSITAS INDO GLOBAL MANDIRI UIGM PALEMBANG KE PUSAT LITBANG PERUMAHAN PERMUKIMAN

Saturday, 02 Jul 2016

Bandung, Kuliah lapangan merupakan bagian dari pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana para mahasiswa diharuskan untuk mengikuti kegiatan ini. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indo Global Mandiri (UIGM ) Palembang melakukan kuliah lapangan ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Bandung Senin, 28 Maret 2016. Selengkapnya..

Upaya Peningkatan Kualitas Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Daerah

Saturday, 02 Jul 2016

Padang, 29/3/2016 (litbang.pu.go.id)—Dalam rangka mensosialisasikan kebijakan dan teknologi hasil penelitian dan pengembangan terkait penyelenggaraan infrastruktur, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Badan Litbang PUPR) menyelenggarakan “Sosialisasi Terpadu Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR”. K Selengkapnya..

RUMAH NELAYAN LAYAK HUNI

Saturday, 02 Jul 2016

Jepara, Permukiman tidak layak huni, merupakan gambaran mayoritas masyarakat berpenghasilan rendah, yang bekerja di sektor informal, tingkat pengangguran relatif tinggi serta angkatan kerja yang sulit mendapatkan lapangan pekerjaan kerena terbatas-nya keahliaan (skill). Potret ekonomi masyarakat pesisir ini mempengaruhi kemampuan kaum nelayan untuk Selengkapnya..

Jalin Kerja Sama Wujudkan Rumah untuk MBR

Saturday, 02 Jul 2016

Jakarta, Litbang.pu.go.id Balitbang PUPR yang tugasnya melakukan penelitian dan pengembangan serta penerapan teknologi dalam penyelenggaraan infrastruktur tidak ingin teknologi hasil penelitiannya hanya sekedar menjadi literatur semata. Untuk itu agar bisa diproduksi dan dinikmati oleh masyarakat, Balitbang PUPR menjalin kerjasama dengan para pr Selengkapnya..

Studi DPRD Padang Panjang Terkait Pembangunan di Zona Rawan Gempa

Saturday, 02 Jul 2016

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang masuk ke dalam kategori rawan bencana gempa, tak terkecuali kota Padang Panjang. Pembangunan di daerah rawan gempa tentu memerlukan penanganan khusus bila dibandingkan daerah pada umumnya. Hal itu menjadi alasan utama Panitia Khusus Ranperda DPRD Kota Padang Panjang mengadakan studi ban Selengkapnya..

Pelatihan dan Penerapan Teknologi RISHA Di Papua Barat

Saturday, 02 Jul 2016

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok di dalam kehidupan manusia, tak terkecuali di Provinsi Papua Barat. Data menyebutkan bahwa kebutuhan perumahan di Provinsi Papua Barat terus meningkat. Penyediaan perumahan melalui program Rumah Sehat Sederhana/Rumah Sehat sejak tahun 2002 yang diselenggarakan oleh pemerintah pun belum dapat memenuhi kebut Selengkapnya..

Pulau Jawa Siaga Gempa 7 5 SR

Saturday, 02 Jul 2016

Jakarta, Litbang.pu.go.id – Indonesia berada pada zona tektonik yang sangat aktif. Dengan adanya tiga lempeng utama dunia dan sembila Selengkapnya..

Workshop Karakterisasi Sumber Gempa Baru Updating Peta Gempa Indonesia 2016

Saturday, 02 Jul 2016

Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam kawasan Pasific Ring of Fire, tiga lempengan besar dunia dan sembilan lempengan kecil lainnya bertemu di wilayah Indonesia yang membentuk jalur – jalur pertemuan lempeng yang kompleks, sehingga wilayah Indonesia sangat rawan terhadap bencana gempa bumi. Peta Gempa yang digunakan saat ini meru Selengkapnya..

Pengawasan dan Pembinaan Kearsipan di Loka Teknologi Permukiman Medan

Saturday, 02 Jul 2016

Dalam upaya peningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan menuju tertib tata laksana persuratan dan kearsipan di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Tim Pelaksana Pengelola Penataan Kearsipan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman melakukan kegiatan pengawasan, pembinaan, dan survei lapangan kears Selengkapnya..

Upacara Bendera Peringatan Kemerdekaan RI ke 69

Friday, 01 Jul 2016

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69, pegawai di lingkungan Balitbang Kementerian PU yang terdiri dari karyawan Puslitbang SDA, Puslitbang Permukiman, serta Puslitbang Jalan dan Jembatan mengikuti Upacara Bendera 17 Agustus di halaman Gd. Puslitbang SDA Bandung (17/8). Selengkapnya..

Pusat Litbang Permukiman Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1435 H

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Pada hari Jumat, 08 Agustus 2014, Pusat Litbang Permukiman menyelenggarakan halal bihalal 1435 H. Acara dihadari oleh seluruh karyawan/karyawati Pusat Litbang Permukiman beserta Istri/Suami, pengurus IIKP (Ikatan Istri Pegawai Kantor) Pusat Litbang Permukiman, serta para pensiunan Puslitbang Permukiman beserta Istri/Suami. Selengkapnya..

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1436 H

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H Pusat Litbang Permukiman menggelar acara tausiah pada tanggal 27 Juni 2014. Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala Pusat Litbang Permukiman, Prof. (R) DR. Ir. Anita Firmanti, MT dan dilanjutkan dengan acara inti yaitu ceramah oleh Prof. DR. Dedi Mulyasana, MPd. Selengkapnya..

Kunjungan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 56 Jakarta

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Pada hari Rabu, tanggal 25 Juni 2014 Puslitbang Permukiman Bandung menerima Kunjungan Industri dari SMK Negeri 56 Jakarta Jurusan Teknik Gambar Bangunan dalam rangka menambah wawasan peserta didik tentang dunia industri, perkembangan teknologi, managemen industri dan realitas pekerjaan. Selengkapnya..

Kunjungan Keio University Jepang

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Dalam rangka bertukar pikiran dan berbagi pengalaman mengenai Comprehensive Assessment System for Built Environment Efficiency (CASBEE) serta diskusi rencana kerjasama, Keio University Jepang berkunjung ke Pusat Litbang Permukiman. Diskusi CASBEE dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2014 sedangkan diskusi rencana kerjas Selengkapnya..

DISEMINASI DAN SOSIALISASI SNI BETON DI MAMUJU

Friday, 01 Jul 2016

Bandung - Pusat Litbang Permukiman menyelenggar, akan kegiatan Diseminasi dan Sosialisasi Standar Pedoman dan Manual mengenai SNI Beton pada tanggal 11 – 12 Juni 2014 di D’Maleo Hotel & Convention, Mamuju, Sulawesi Barat. Selengkapnya..

DISEMINASI DAN SOSIALISASI SNI BETON DI GORONTALO

Friday, 01 Jul 2016

Gorontalo – Pusat Litbang Permukiman menyelenggarakan kegiatan Diseminasi dan Sosialisasi Standar Pedoman dan Manual mengenai SNI Beton pada tanggal 21 – 22 Mei 2014 di Grand Q Hotel, Gorontalo. Selengkapnya..

PELATIHAN SDM KONSTRUKSI RISHA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Friday, 01 Jul 2016

Bandung. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan perumahan khususnya di perkotaan dan rumah layak huni yang murah, ramah lingkungan, cepat, tahan gempa, lebih ringan, serta terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah, Pusat Litbang Permukiman Badan Litbang PU bekerjasama dengan Yayasan Coop. yang bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat khususn Selengkapnya..

Kunjungan Menko Kemaritiman ke Pusat Pusat Litbang PU Pera

Friday, 01 Jul 2016

LITBANG.pu.go.id, Bandung (30/01) Badan Litbang menerima kunjungan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo beserta rombongan, di Pusat Litbang Sumber Daya Air dan Pusat Litbang Permukiman. Rombongan terdiri dari Penasehat Menko Kemaritiman, Sarwono Kusumaatmaja dan Laksmana TNI (Purn) Marsetio, Deputi, Asdep, dan perwakilan dari RISTEK, I Selengkapnya..

KUNJUNGAN SMA ISLAM PB SOEDIRMAN JATI NEGARA JAKARTA

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Siswa – siswi SMA Islam PB Soedirman Jati Negara Jakarta melakukan kunjungan ke Pusat Litbang Permukiman Balitbang PU Bandung guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang permukiman, Selengkapnya..

KUNJUNGAN MAHASISWA UIN ALAUDIN MAKASSAR

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Dalam rangka meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang permukiman, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi jurusan Teknik Arsitektur Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar melakukan kunjungan ke Kampus Pusat Litbang Permukiman Balitbang Kementerian PU di Bandung Selengkapnya..

KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Mahasiswa Universita Tunas Pembangunan Fakultas Teknik jurusan Teknik Sipil Surakarta melakukan kunjungan ke Pusat Litbang Permukiman Balitbang PU Bandung guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang permukiman, pada hari Rabu, 25 Februari 2015. Penerimaan kunjungan ini merupakan bagian dari penyebarluasan dan pelayanan Selengkapnya..

KUNJUNGAN SMAKN 2 GUNUNG KIDUL YOYAKARTA

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Siswa – siswi SMKN 2 Gunung Kidul Yogyakarta melakukan kunjungan ke Pusat Litbang Permukiman Balitbang PU Bandung guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang permukiman, pada hari Kamis, 5 Maret 2015. Penerimaan kunjungan ini merupakan bagian dari penyebarluasan dan pelayanan informasi hasil litbang Permukiman. Diha Selengkapnya..

SAYEMBARA INOVASI TEKNOLOGI SANITASI PERMUKIMAN

Friday, 01 Jul 2016

SAYEMBARA INOVASI TEKNOLOGI SANITASI PERMUKIMAN TEMA: INOVASI TEKNOLOGI DALAM MENCAPAI 100% AKSES SANITASI LAYAK Selengkapnya..

GATHERING DAN SOSIALISASI PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERMUKIMAN DENGAN BANK SYARIAH MANDIRI

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman menyelenggarakan kegiatan Gathering dan sosialisasi dalam rangka kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri ( BSM ) Kantor Cabang Pembantu Rancaekek dilaksanakan Jum’at 27 Maret 2015 di Kantor Pusat Litbang Permukiman Bandung. Selengkapnya..

KUNJUNGAN PESERTA DIKLAT PENGAWAS PU KABUPATEN LEBAK PROPINSI BANTEN

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Kunjunan peserta Diklat Pengawas PU Kabupaten Lebak Propinsi Banten merupakan utusan dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Lebak melakukan kunjungan lapangan ke Pusat Litbang Permukiman Bandung pada tanggal, 1 April 2015, yang merupakan salah satu kurikulum dari kegiatan Diklat Pengawas PU. Diharapkan melalui kegiatan peserta dapat meng Selengkapnya..

KUNJUNGAN MAHASISWA UPI BANDUNG

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Dalam rangka meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang permukiman, mahasiswa Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan jurusan Teknik Arsitektur Universitas Pendidikan Indonesia Bandung program Studi D3 dan S1 melakukan kunjungan ke Kampus Pusat Litbang Permukiman Balitbang Kementerian PU di Bandung, Selengkapnya..

Peresmian Pengoperasian Laboratorium Bahan Bangunan Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Tradisional Denpasar

Friday, 01 Jul 2016

Senin 6 April 2015, Plt. Kepala Balitbang, Kementerian PUPR, Ir. Waskito Pandu, MSc, melakukan peresmian beroperasinya Laboratorium Bahan Bangun, di Jalan Angantaka Kutri, Desa Angantaka, Kecamatan Adian Semal, Kabupaten Badung. Laboratorium yang mulai dibangun sejak tahun 2013 ini merupakan bagian dari sarana Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Selengkapnya..

Walikota Cimahi Kunjungi Grha Wiksa Praniti Pusat Litbang Permukiman

Friday, 01 Jul 2016

Bandung 10 April 2015 – Walikota Cimahi, Hj. Atty Suharti Tochija, SE beserta rombongan melakukan kunjungan ke Grha Wiksa Praniti, Puslitbang Permukiman di Turangga Bandung, untuk meninjau melihat hasil-hasil litbang yang telah dikembangkan oleh Pusat Litbang Permukiman. Selengkapnya..

Peresmian Gedung Kantor Loka Teknologi Permukiman Medan

Friday, 01 Jul 2016

Puskim.go.pu.id- Kamis 23 April 2015, Plt. Kepala Balitbang, Kementerian PUPR, Ir. Waskito Pandu, MSc, melakukan Peresmian Gedung Kantor Loka Teknologi Permukiman Medan, di Jalan Suluh No.99A. Kel. Sidorejo Kec. Medan Tambung Prov. Sumatra utara. Loka Teknologi Permukiman Medan sebagai perpanjangan tangan pusat di daerah, memiliki wilayah kerja di Selengkapnya..

Kunjungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Friday, 01 Jul 2016

Puskim.pu.go.id – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan SMK Muhammadiyah 3 yogyakarta, dan dalam rangka melaksanakan kurikulum tentang proses pembelajaran sekolah menengah kejuruan berbasis kompetensi program keahlian Teknik gambar bangunan, Selengkapnya..

TRAINING OF TRAINERS PENERAPAN SNI BIDANG BAHAN STRUKTUR DAN KONSTRUKSI PADA PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG

Friday, 01 Jul 2016

Bandung. Training of Trainers Penerapan SNI Bidang Bahan, Struktur dan Konstruksi pada Perencanaan Struktur Gedung (Bangunan Tahan Gempa), merupakan salah satu program untuk menunjang kegiatan Diseminasi dan sosialisasi Standar Pedoman dan Manual yang dilaksanakan oleh Pusat Litbang Permukiman dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan kemampuan dis Selengkapnya..

KOLOKIUM PUSAT LITBANG PERMUKIMAN TAHUN 2015

Friday, 01 Jul 2016

Bandung. Pada Kolokium Pusat Litbang Permukiman tahun 2015 kali ini mengambil tema “Dukungan Inovasi Teknologi Dalam Mewujudkan Permukiman Layak Huni dan Berkelanjutan. (Program Permukiman 100–0–100) Selengkapnya..

STORY TELLING

Friday, 01 Jul 2016

Bandung. Sebagai bagian dari rangkaian acara Kolokium Pusat Litbang Permukiman tahun 2015 kali ini Kamis, 7 Mei 2015, dilanjutkan dengan acara bercerita sekaligus juga memperkenalkan teknologi sederhana bidang permukiman yang dapat dipraktekan oleh anak-anak di lingkungan tempat tinggal atau sekolahnya, kegiatan bercerita akan bersumber pada Selengkapnya..

FORUM BLOGGER

Friday, 01 Jul 2016

Bandung. Pada bagian lain diwaktu yang bersamaan Kamis, 7 Mei 2015 acara Kolokium Pusat Litbang Permukiman tahun 2015 ini menyelenggarakan pula Forum Blogger Kompasiana yang mengupas tentang Penerapan Teknologi Hasil Litbang Bidang Permukiman. Selengkapnya..

KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Mahasiswa Universita Lampung melakukan kunjungan ke Pusat Litbang Permukiman Balitbang PU Bandung guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang permukiman, pada hari Selasa, 26 Mei 2015. Penerimaan kunjungan ini merupakan bagian dari penyebarluasan dan pelayanan informasi hasil litbang Permukiman. Diharapkan melalui kegi Selengkapnya..

HABITechno 2015 Institut Teknologi Bandung

Friday, 01 Jul 2016

HABITechno is a biennial international seminar held since 2013, of which the second event will be held this year. The seminar focuses on technological innovations, and their diffusion and adoption, that can respond to contemporary challenges in the development of public housing in developing countries, ranging from “hard technologies” (e.g. app Selengkapnya..

KUNJUNGAN AKLP AOSIASI KACA LEMBARAN dan PENGAMAN

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia,khususnya di sektor properti /bangunan dituntut dapat menjamin keselamatan penguhuni maupun pengunjung bangunan sekaligus berwawasan lingkungan, AKLP ( Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman ) mengharapkan untuk melakukan kerjasama dengan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman khususnya pen Selengkapnya..

PUSLITBANG PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN RAMADHAN GATHERING 2015

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Di bulan Ramadhan 1436 H yang kaya akan makna ini karyawan dan karyawati Puslitbang Perumahan dan Permukiman melakukan kegiatan Ramadhan Gathering berupa membaca ayat-ayat suci Alquran bersama, dengan maksud untuk lebih menunjukan prestasi kinerja dan kesalehan individual serta sosial, Selengkapnya..

KUNJUNGAN SMKN 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Siswa – siswi SMKN 1 Kedungwuni Pekalongan jurusan Teknik Gambar dan Bangunan melakukan kunjungan ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Balitbang PU PERA Bandung guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang perumahan dan permukiman diharapkan dari kunungan ini para siswa dapat memahaminya tentang hasil-hasil litbang yang Selengkapnya..

Kunjungan Politeknik Negeri Malang

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Bagian dari penyebarluasan hasil produk litbang dan pelayanan informasi publik di Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman adalah dengan pelayanan penerimaan kunjungan mahasiswa Politeknik Negeri Malang jurusan Teknik Sipil program D.4 dan D.3 yang melakukan kunjungannya ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman pada Selasa, 7 Agustus 2 Selengkapnya..

Diskusi Pusat Litbang Perkim Dengan Peserta Seminar AKLP International Standardization for Green Building Materials

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Sebagai tindak lanjut pada diskusi pertemuan pertama antara Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman dengan pihak AKLP ( Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman ), kali ini Jum’at, 7 Agustus 2015 pihak AKLP ( Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman ) membawa rombongan peserta seminar International Standardization for Green Building Materials Selengkapnya..

APLIKASI MODEL RUMAH INSTAN SEDERHANA SEHAT RISHA 2 LANTAI DI KAWASAN PERBATASAN BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Untuk mengurangi kesenjangan pembangunan dengan negara tetangga khususnya dari aspek sosial, ekonomi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan aplikasi model Rumah Instan Sederhana Sehat ( RISHA ) 2 lantai (tipe 72) sebanyak 4 unit dan satu lantai (tipe 36) sebanyak satu unit. Selengkapnya..

STUDI BANDING WORKSHOP PERLINDUNGAN dan KONSERVASI SUMBER DAYA AIR KE PUSLITBANG PERUMAHAN dan PERMUKIMAN

Friday, 01 Jul 2016

Bandung. Sebagai tindaklanjut hasil kunjungan Walikota Cimahi beberapa waktu yang lalu ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Bandung, Sekretariat Daerah Pemkot Cimahi mengajak rombongan Workshop Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Air melakukan studi banding ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman guna mendapatkan informasi dari hasil-h Selengkapnya..

Peringatan HUT RI ke 70 Ayo Kerja

Friday, 01 Jul 2016

Bandung Pada hari Senin tanggal 17 Agustus 2015, seluruh karyawan/karyawati Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 di halaman Pusat Litbang Jalan dan Jembatan. Upacara dipimpin oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Prof(R).Dr.Ir. Arief Selengkapnya..

RISHA TAMPIL PADA PAMERAN KEGIATAN PENYELENGGARAAN UPACARA HUT R I KE 70 DI DESA KLACES KECAMATAN KAMPUNG LAUT KABUPATEN CILACAP

Friday, 01 Jul 2016

Cilacap. Desa Klaces merupakan Ibu Kota Kecamatan Kampung Laut sedangkan desa lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Kampung Laut yaitu Desa Ujung Alang, Desa Ujung Gagak dan Desa Panikel, masyarakat/penduduk. Kampung Laut itu sendiri adalah sebutan untuk seluruh permukiman yang berada di Segara Anakan, yaitu kawasan peraian yang terletak di ant Selengkapnya..

AHSP Menyamakan Persepsi Auditor dan Perencana Konstruksi

Friday, 01 Jul 2016

SEMARANG, LITBANG.pu.go.id – AHSP (Analisis Harga Satuan Pekerjaan) bidang Pekerjaan Umum diharapkan dapat memberikan jawaban atas ketidaksamaan persepsi pelaku kepentingan di bidang pekerjaan konstruksi yang sering terjadi. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah Sigit Krida Haryono dalam pembukaan Di Selengkapnya..

KKL POLTEK SRIWIJAYA PALEMBANG JURUSAN TEKNIK SIPIL KE PUSLITBANG PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan terkemuka adalah suatu keinginan yang luhur setiap perguruan tinggi dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dalam bidangnya yang berkualitas dengan berbasis pada sistem penjaminan mutu. Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta hasil pe Selengkapnya..

PERANAN INKUBASI DALAM PEMANFAATAN HASIL LITBANG PERMUKIMAN

Friday, 01 Jul 2016

Inkubasi diibaratkan bayi yang baru lahir dan membutuhkan perawatan dan perlakukan khusus agar tetap hidup (survival). Hal tersebut mirip dengan produk hasil riset dalam proses inkubasi yang membutuhkan teknik perawatan-perawatan dengan sistem dan metode yang khusus agar dapat berfungsi dengan baik dan menjamin teraplikasikannya di masyarakat sec Selengkapnya..

KULIAH LAPANGAN IAPPI

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Sebagai tempat berhimpunnya pemerhati, peminat, ahli, dan pelaku dalam teknik pracetak, perancah, dan prategang, dan sebagai dapur penggalakan motivasi, inovasi teknologi industri rekayasa sarana-prasarana, dan sebagai Asosiasi Profesi yang merupakan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan, Ikatan Ahli Pracetak dan Prategang Indon Selengkapnya..

IN HOUSE TRAINING AKREDITASI LABORATORIUM ISO IEC 17025 2005

Friday, 01 Jul 2016

Akreditasi laboratorium sudah menjadi tuntutan wajib. SNI ISO/IEC 17025:2005 mengatur semua aspek dan elemen yang menjadi jaminan kualitas suatu organisasi pengembang jasa laboratorium uji/kalibrasi maupun manufaktur melalui akreditasi, laboratorium mampu memberikan jaminan terhadap mutu dan keakuratan data hasil uji/kalibrasi sekaligus menjamin ko Selengkapnya..

INTERNATIONAL SEMINAR ON PARTNERSHIP FOR SUSTAINABLE HOUSING AND URBAN DEVELOPMENT

Friday, 01 Jul 2016

RC-CEHUD (Regional Center for Community Empowerment on Housing and Urban Development) sebagai organisasi formal yang berkecimpung dalam bidang perumahan dan pengembangan perkotaan, pusat informasi, pembelajaran dan pengembangan pemberdayaan masyarakat di bidang perumahan dan perkotaan menyelenggarakan ‘International Seminar on Partnership for Su Selengkapnya..

KONSTRUKSI INDONESIA 2015

Friday, 01 Jul 2016

Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition 2015 diselenggarakan hari Rabu – Jum’at / 4 s.d. 6 November 2015 di JCC Senayan Jakarta, dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla yang merupakan setiap tahunnya digelar oleh Kementerian PUPR. Hari pertama dalam rangkaian acara Konstruksi Indonesia 2015 dilakuk Selengkapnya..

RISHA INDOCEMENT PADA GERAKAN PEDULI RUMAH LAYAK UNTUK RAKYAT

Friday, 01 Jul 2016

TANGERANG. Pusat Litbang Perumahan Permukiman Balitbang PUPR Kementerian PUPR bersama PT. Indocement Tunggal Prakarsa TBK, Yayasan Habitat dan beberapa perusahaan industri bahan bangunan seperti GRC Board, BASF, Sakura Roof, Garuda Steel Group, Bluescope, dan Pralon memberikan dukungan pada pencanangan “Gerakan Peduli Rumah Layak untuk Rakyat” Selengkapnya..

Kunjungan Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Friday, 01 Jul 2016

Bandung, Puskim.pu.go.id – Jumat (20/11/2015) siang, Mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kunjungan lapangan ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Badan Litbang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam penguasaan teknologi permukiman Selengkapnya..

Diseminasi Teknologi Dan Pelatihan Alih Teknologi Penerapan Rumah Murah Produk Litbang Perumahan dan Permukiman

Friday, 01 Jul 2016

Pada tanggal 18-19 Nopember 2015 dilaksanakan Diseminasi Teknologi Dan Pelatihan Alih Teknologi Penerapan Rumah Murah Produk Litbang Perumahan dan Permukiman di Sofifi, Maluku Utara yang bertemakan “Dukungan Teknologi Guna Percepatan Pembangunan Perumahan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)” Selengkapnya..

TRAINING OF TRAINERS TOT SNI PLAMBING 8153 2015

Friday, 01 Jul 2016

Jakarta, Puskim.pu.go.id – Training of Trainers (TOT) SNI Sistem Plambing ini diselenggarakan oleh Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman sebagai bentuk sosialisasi akan pemahaman pengaplikasian SNI Plambing kepada seluruh peserta selaku perencana dan pelaksana teknis bidang plambing dan mekanikal. Pentingnya pemahaman akan sistem plambing bangun Selengkapnya..

KULIAH LAPANGAN PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Para mahasiswa program Magister Teknik Sipil Universitas Sriwijaya Palembang dan didampingi dosennya melaksanakan kuliah lapangan ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman dalam rangka memenuhi kurikulum dan menambah wawasan ilmu pengetahuan dan hasil litbang bidang perumahan dan permukiman. Selengkapnya..

INKUBASI TEKNOLOGI PRODUK HASIL LITBANG PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN

Friday, 01 Jul 2016

Bandung, Pentingnya suatu lembaga inkubasi yang secara fokus memfasilitasi kegiatan inkubasi, lembaga ini berfungsi sebagai mediasi hasil riset dan penerapan di lapangan atau yang menghasilkan suatu usaha mula /start up berbasis hasil riset, melalui bantuan pelatihan, pemasaran, jejaring produk, proses inkubasi berdampak keberhasilan lebih besar Selengkapnya..

APRESIASI UNTUK TIM PENILAI PENELITI YANG MEMASUKI PURNABHAKTI

Friday, 01 Jul 2016

Bandung, Senin, 15 Februari 2016 Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman memberikan apresiasi kepada tim penilai Peneliti yang sekaligus juga sebagai peneliti yang telah memasuki masa Purnabhakti. Selengkapnya..

IKATAN MAHASISWA ARSITEKTUR UNIVERSITAS MERDEKA MALANG

Friday, 01 Jul 2016

Bandung, Dalam rangka melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur Universitas Merdeka Malang melakukan kuliah lapangan ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Bandung Rabu, 17 Februari 2016. Selengkapnya..

Inovasi untuk Mendongkrak Daya Saing Negeri

Friday, 01 Jul 2016

Litbang.pu.go.id-Jakarta—Daya saing sebuah bangsa disusun oleh bermacam komponen. Salah satu komponen penyusun tersebut adalah infrastruktur. Infrastruktur memegang fungsi yang cukup krusial dalam meningkatkan kualitas hidup sebuah komunitas masyarakat. Selengkapnya..

Workshop Collaborative Research Puskim dan Kyoto

Friday, 01 Jul 2016

MEDAN, LITBANG.pu.go.id — Kepala Pusat Litbang Permukiman Profesor (R) Anita Firmanti membuka Workshop The Road Map of Collaborative Research. Workshop yang digelar di Medan ini, salah satu agendanya menyusun road map kerjasama dengan Research Institute for Sustainable Humanosphere (RISH) Kyoto University. Selengkapnya..

Kota Pekalongan Contoh Pembangunan Berbasis Teknologi

Friday, 01 Jul 2016

Pekalongan-LITBANG.pu.go.id, Membangun untuk kepentingan rakyat dan bukan proyek. Slogan ini menjadi acuan pembangunan yang dilakukan oleh kota Pekalongan. Agar pembangunan dapat efektif dan efisien, maka perlu ada kerjasama dengan mitra yang kompoten. Salah satu diantaranya adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum. Selengkapnya..

7 Dukungan Litbang mencapai Ketahanan Air

Friday, 01 Jul 2016

JAKARTA, LITBANG.pu.go.id – Menteri PU Djoko Kirmanto mengutarakan Kementerian PU tidak dapat dilepaskan dari inovasi yang dihadirkan oleh Badan Litbang. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Balitbang Waskito Pandu, Menteri PU mengungkapkan “Badan Litbang sebagai scientific backbone Kementerian PU harus Selengkapnya..

Perhitungan Cepat dan Tepat Tarif Rusun Sewa

Friday, 01 Jul 2016

Jakarta, LITBANG.pu.go.id, Bingung menentukan tarif rumah susun sewa yang baru dibangun? Takut kemahalan atau terlalu murah sehingga tidak rusun menjadi tak laku? Tidak usah takut dan ragu. Saat ini Badan Litbang PU melalui unit kerjanya Pusat Litbang Sosial Ekonomi dan Lingkungan, sudah mengembangkan layanan hitung cepat harga rusun tersebut. “ Selengkapnya..

GEWANG LAMINASI JUARA I TTG KONSTRUKSI INDONESIA 2014

Friday, 01 Jul 2016

Jakarta, LITBANG.pu.go.id, “Yang terbuang yang berarti.” Kiasan ini mungkin sangat tepat di berikan kepada pelapah daun tanaman gewang. Selama ini pelepah tersebut yang banyak tumbuh di peisisr pulau Timor,NTT, hanya terbuang tanpa termanfaatkan. Adalah Iwan Supriyatno, Rusli, IBG Putra Budiana, I Ketut Narsa dan Dedi Kusmawan, para peneliti da Selengkapnya..

PAKAI PRODUK LITBANG UNTUK INFRASTRUKTUR

Friday, 01 Jul 2016

JAKARTA, LITBANG. pu.go.id, “Saya perintahkan mulai sekarang semua ditjen harus pakai produk Litbang,” tegas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, saat menyampaikan sambutan dalam acara Peluncuran Buku dan Pameran Produk Litbang 2014, di Jakarta (27/11). Selengkapnya..

Cara uji bakar bahan bangunan untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan rumah dan gedung

Friday, 01 Jul 2016

SNI: SNI 1740-2008 Standar ini memuat petunjuk pengujian bakar yang meliputi peralatan uji, ukuran dan jumlah benda uji, prosedur pengujian dan kriteria hasil uji Pada standar ini tidak mencakup pengaturan tentang keselamatan kerja, bagi pengguna harus menetapkan tersendiri ketentuan tentang keselamatan kerja tersebut. Selengkapnya..

BEBAK LAMINASI DARI GEWANG

Friday, 01 Jul 2016

Peningkatan kualitas komponen partisi dinding pada rumah Timor melalui teknologi Laminasi dan Pengempaan Gewang. Hasil pengujian membuktikan bahwa dengan teknologi laminasi dapat meningkatkan kekuatan dan penampilan lebih menarik di Selengkapnya..

KUNJUNGAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Guna mendapatkan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan mahasiswa Program S1 Teknik Sipil Universitas Sriwijaya Palembang ,mengunjungi Kampus Puslitbang Permukiman Balitbang Kementerian PU pada hari Kamis, 11 Desember 2014. Penerimaan kunjungan mahasiswa ini merupakan bagian dari penyebarluasan hasil litbang Permukiman, diharapk Selengkapnya..

Peneliti harus Memiliki Ide Gila

Friday, 01 Jul 2016

LITBANG.pu.go.id, Bandung, (5/1), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeljono berkunjung ke Pusat Litbang Jalan dan Jembatan dalam rangka memberikan arahan kepada para peneliti di Badan Litbang. Acara yang dihadiri oleh Kepala Badan Litbang-Waskito Pandu selaku tuan rumah, Sekretaris Jenderal-Taufik Widjoyono dan para sekretari Selengkapnya..

KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Friday, 01 Jul 2016

Bandung – Guna meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang permukiman, mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan kunjungan ke Kampus Pusat Litbang Permukiman Balitbang Kementerian PU di Bandung, Kamis 22 Januari 2015. Selengkapnya..

Peluang Kerjasama Berkat RISHA

Friday, 01 Jul 2016

PADANG, LITBANG.pu.go.id — RISHA adalah Rumah Instan Sehat Sederhana, merupakan produk Puslitbang Permukiman yang dinahkodai oleh Prof (R). Anita Firmanti. Dalam Pameran TTG yang  digelar di Padang dari tanggal 26-30 September tahun ini, Balitbang mendapatkan peluang untuk melakukan kerjasama dengan KADIN Indonesia Selengkapnya..

Bambu Laminasi yang Bikin Sensasi

Friday, 01 Jul 2016

PADANG, LITBANG.pu.go.id — Bambu laminasi merupakan salah satu produk dari Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Tradisional Denpasar, Puslitbang Permukiman. Produk ini cukup sexy di pameran, karena para penelitinya cukup disibukkan dengan pengunjung dari masyarakat Sumatera Barat dan sekitarnya. Mulai dari pembukaan sampai h Selengkapnya..

The 3rd International Seminar on Tropical Eco Settlements Urban Deprivation A Challenge to Sustainable Urban Settlements

Thursday, 30 Jun 2016

UN Habitat (2008) memperkirakan bahwa pada tahun 2030, populasi di negara-negara berkembang yang letaknya paling banyak di daerah tropis, akan terkonsentrasi di daerah perkotaan. Banyaknya urbanisasi menyebabkan keterbatasan akses ke berbagai fasilitas perkotaan, seperti  sanitasi, transportasi, dan atau rumah permanen.  Secara Selengkapnya..

LVL Teknologi kayu olahan

Thursday, 30 Jun 2016

Pada prinsipnya, Penggunaan kayu pada bangunan saat ini masih mengandalkan pada kayu-kayu hutan alam sehingga banyak hutan alam yang mengalami kerusakan. Eksploitasi hutan belum dapat diimbangi dengan penanaman kembali hutan tersebut. Diperlukan alternatif lain dari pemanfaatan kayu hutan alam sebagai bahan bangunan. Selengkapnya..

C PLUS Sistem Struktur Pracetak

Thursday, 30 Jun 2016

Sistem struktur pracetak C-Plus adalah sebuah sistem struktur pracetak untuk bangunan bertingkat dengan kolom berbentuk Plus, dimana sambungan balok kolomnya menggunakan sambungan khusus/ spesifik yang merupakan sambung-an mekanis berupa pelat baja dengan mur dan baut. Di cor insitu (grouting) dengan semen tidak susut (non-shrinkage cement). Selengkapnya..

N PANEL Sistem Struktur Pracetak

Thursday, 30 Jun 2016

Sistem struktur pracetak n-panel system adalah Sistem struktur pracetak yang terdiri dari empat panel dinding berbentuk n disambungkan dengan sistem kombinasi sambungan basah (wet joint) dan sambungan kering (dry joint). Lantainya dari panel semi pracetak Dalam rangka mendukung program pemerintah memban Selengkapnya..