berita

Berita PUPR > PAKAI PRODUK LITBANG UNTUK INFRASTRUKTUR


Friday, 01 Jul 2016, Dilihat 113 kali

PAKAI PRODUK LITBANG UNTUK INFRASTRUKTUR
 

 

JAKARTA, LITBANG. pu.go.id, “Saya perintahkan mulai sekarang semua ditjen harus pakai produk Litbang,” tegas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, saat menyampaikan sambutan dalam acara Peluncuran Buku dan Pameran Produk Litbang 2014, di Jakarta (27/11).

Direktorat Jenderal dituntut untuk mempergunakan hasil produk Litbang PU. Sudah waktunya untuk menggunakan barang sendiri. Teknologi ini sudah pasti karena telah melalui uji laboratorium dan lapangan. “Waktu saya menjadi Kepala Badan Litbang, saya mendorong agar hasil penelitian diuji skala 1:1. Tujuannya agar bisa di tes apakah sudah layak atau belum. Bila belum bisa disempurnakan lagi,” tambah Basuki.

Basuki juga menegaskan bahwa menggunakan produk local dalam negeri bisa meningkatkan ekonomi bangsa dan Negara. Tidak perlu menggunakan barang luar negeri dan merasa bangga karena memanfaatkannya. Banggalah menggunakan barang dalam negeri. “Bahkan bagi direktur yang tidak menggunakan hasil produk Litbang nanti akan saya pecat,” kata Menteri PU-Pera.

Bagi peneliti, kesempatan ini harus digunakan untuk bisa menghasilkan produk yang lebih aplikatif. Tema Launching Buku dan Pameran Produk Litbang yaitu menyediakan IPTEK infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan yang andal, menjadi pemicunya. “Saya minta kepada peneliti untuk menghasilkan karya bermain di panggung sendiri. Kami hanya menyediakan panggung. Peneliti bebas bermain lagu apa saja, tetapi jangan menggunakan panggung orang lain,” jelas Basuki. Bagi Kepala Badan Litbang Waskito Pandu, mulai tahun 2015, harus mendorong peneliti untuk menghasilkan karya. Maka sesuai tema hasil Litbang bukan hanya mewujudkan infrastruktur andal tetapi bermanfaat.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Litbang PU serangkaian dengan Hari Bakti PU ke 69. Acara dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 27-28 Nopember 2014 di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum. Selain Peluncuran Buku, acara berisikan bedah buku, seminar produk teknologi baru dan klinik PULSA (Pelayanan Uji laboratorium Setifikasi Advis Teknis). Selain itu juga hadir presentasi tamu Tim Butet Kertarajasa yang menampilkan teknologi Matos untuk digunakan di tanah lunak

Pada kesempatan itu, Menteri PU-Pera menyampaikan penghargaan kepada 3 buku terbaik yang diluncurkan dari 20 buku dinilai. Pemenang buku pertama adalah “Perencanaan Teknis Jembatan Balok Pelengkung Bentang Panjang” karya Redrick Irawan, Pemenang kedua adalah “Telaah Psikologi Sosial dalam Permukiman Berkelanjutan” ditulis oleh Arief Sabaruddin dan Pemenang ketiga berjudul “Mekanisme Keruntuhan Cabut Pada Dinding Tanah Merah yang Diperkuat Geogrid”, karya Dea Pratiwi dan Rakhman Taufik.