berita

Berita PUPR > Kunjungan Menko Kemaritiman ke Pusat Pusat Litbang PU Pera


Friday, 01 Jul 2016, Dilihat 192 kali

Kunjungan Menko Kemaritiman ke Pusat Pusat Litbang PU   Pera
 

LITBANG.pu.go.id, Bandung (30/01) Badan Litbang menerima kunjungan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo beserta rombongan, di Pusat Litbang Sumber Daya Air dan Pusat Litbang Permukiman. Rombongan terdiri dari Penasehat Menko Kemaritiman, Sarwono Kusumaatmaja dan Laksmana TNI (Purn) Marsetio, Deputi, Asdep, dan perwakilan dari RISTEK, Idwan Soeharti.  Acara  dihadiri oleh jajaran pejabat struktural di lingkungan Badan Litbang dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. “Kami melakukan penelitian di bidang kemaritiman karena secara tugas dan fungsi kami memiliki Balai Pantai di Buleleng, Bali yang berada di bawah manajemen Pusat Litbang Sumber Daya Air.”, tutur Kepala Balitbang, Waskito Pandu.

Kemaritiman merupakan salah satu fokus utama Kabinet Kerja. Sehingga koordinasi lintas sektoral yang bergerak di bidang kemaritiman penting untuk dilakukan agar terjalin sinergitas. Dalam kesempatan tersebut, para Kepala Pusat memaparkan program strategis terutama yang terkait dengan bidang kemaritiman. Kepala Pusat Litbang Sumber Daya Air menampilkan teknologi pengaman pantai, program NCICD, serta penanganan abrasi pantai sedangkan Pusat Litbang Jalan dan Jembatan memaparkan tentang asbuton. Asbuton merupakan bahan aspal yang tersedia melimpah di alam dan menjadi salah satu alternatif solusi untuk pembangunan jalan di wilayah pantai. Sedangkan Pusat Litbang Permukiman menampilkan teknologi terkait penyediaan air baku di pulau-pulau kecil termasuk pemanenan hujan untuk keperluan masyarakat. Selain itu desain permukiman di kawasan pesisir juga menjadi produk yang ditawarkan oleh Puskim. Pusat Litbang Sosekling berbicara tentang pembahasan lahan dan sistem rekayasa sosial.

“Saya mencari teknologi dan terobosan di bidang pantai terutama untuk mendukung pemberdayaan di wilayah Pandeglang, Banten dan Segara Anakan Cilacap. Di samping itu saya juga menjalin jaringan untuk rogram yang lebih besar dan tepat sasaran”, ujar Indroyono. Lebih lanjut, Indroyono juga mengungkapkan bahwa fokus Indonesia di bidang kemaritiman menarik organisasi internasional untuk ikut andil dalam pembangunan bidang kemaritiman. “Saat ini kami sedang merintis kerjasama untuk mendapatkan bantuan hibah untuk pengembangan bidang maritim. Kami terbuka untuk mengorganisir usulan kegiatan pengembangan yang terkait”, tambahnya.

Pada kesempatan itu, Menko Kemaritiman dan rombongan juga melakukan tinjauan ke balai-balai di lingkungan Pusat Litbang Sumber Daya Air yang dilanjutkan kunjungan ke balai-balai di Pusat Litbang Permukiman. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan turut mengapresiasi layanan uji di Puslitbang Permukiman seperti pengujian struktur dan ketahanan bahan terhadap api. Beliau juga tertarik dengan  hasil produk litbang seperti RISHA dan selimut api . “Kami membutuhkan bantuan untuk mencari mitra perusahaan yang dapat melakukan produksi selimut api ini.”, ujar Kepala Pusat Litbang Permukiman kepada Gubernur seraya bercanda.