berita

Berita PUPR > KONSTRUKSI INDONESIA 2015


Friday, 01 Jul 2016, Dilihat 209 kali

KONSTRUKSI INDONESIA 2015
 

 

Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition 2015 diselenggarakan hari Rabu – Jum’at / 4 s.d. 6 November 2015 di JCC Senayan Jakarta,  dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla  yang merupakan setiap tahunnya digelar oleh Kementerian PUPR.  Hari pertama dalam rangkaian acara Konstruksi Indonesia 2015  dilakukan seminar litbang 2015 yang mengambil tema Dukungan Iptek Dalam menghadapi Liberalisasi perdagangan Barang dan Jasa di moderatori oleh Ir. Aim Abdurachim, M.Sc. dengan nara sumber diantaranya Prof. (R). Dr. Ir. Arief Sabaruddin, CES, sebagai Kepala Pusat Litbang Perumahan Permukiman disamping itu pula ada narasumber lainnya dari masing-masing Kepala Pusat Litbang yang ada di lingkungan Badan Litbang Kementerian PUPR.

Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. dalam sesi seminar ini   mengambil tema tentang 100 – 0 – 100 yang mengandung arti  Penyediaan 100 ( seratus ) Air Bersih  menata 0 % Kawasan kumuh dan menyediakan 100 ( seratus ) Sanitasi, tema ini sudah mencakup dukungan 1 juta rumah dengan teknologi pendukungnya diantaranya Drainase Permukiman Ramah Lingkungan dengan Sub-Reservoar Air Hujan, Model Pengelolaan sampah terpadu berbasis 3 R, Tangki Bio.3 dengan Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga, Pengembangan UKM melalui alih teknologi / penerapan teknologi komponen Bangunan untuk Rumah Sederhana layak huni dengan menerapkan model RISHA ( Rumah Instan Sederhana Sehat ).

 

Pada hari ke 2 (dua) diacara seminar litbang 2015, Pusat Litbang Perumahan Permukiman menyampaikan paparannya tentang perolehan atau hasil yang telah dilakukan oleh Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman dan siap untuk  menghadapi tugas dan tantangan kedepan sebagai lembaga litbang yang disampaikan oleh Sunarjito, ST, MT dan di moderator oleh Ir. R. Pamekas, MT.

 

Di penghujung acara pemberian penghargaan Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mewakili Menteri PUPR  Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc. menyampaikan bahwa penyelenggaraan Penghargaan Karya Konstruksi Indonesia ( PKKI ) 2015 bertujuan memberikan apresiasi kepada pelaku konstruksi nasional yang telah menghasilkan karya terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat sehingga meng-inspirasi dan memotivasi anak negeri untuk terus berkarya, disamping itu pula terkait dengan penghargaan Litbang beliau  menilai tanpa dukungan Litbang kita tidak akan pernah maju. Karena Litbang merupakan bagian paling ujung sekaligus bisa jadi katalis dunia konstruksi untuk menghasilkan capaian produk baru seperti hadirnya gedung hijau, jalan hijau dan konstruksi hijau.”, untuk penghargaan karya konstruksi Indonesia 2015  pada Inovasi dan Sinergi Pemanfaatan Kandungan Dalam Negeri Munuju pada Kemandirian dan Kemajuan Konstruksi Indonesia Kategori Teknologi Tepat Guna dari Pusat Litbang Perumahan Permukiman Yuri Hermawan Prasetyo, ST, MT sebagai pemenang ke 2 (dua) dengan karyanya Penerapan Kayu LVL ( Laminated Vineer Lamber ) untuk struktur jembatan pada bangunan gedung kantor. ( agus heriyanto, roosdharamati )

 

Stand Pusat Litbang Perumahan Permukiman pada ajang pameran Hari Konstruksi Indonesia 2015

 

 

Posting KONSTRUKSI INDONESIA 2015 ditampilkan lebih awal di Puskim.