berita

Berita PUPR > Inovasi untuk Mendongkrak Daya Saing Negeri


Friday, 01 Jul 2016, Dilihat 197 kali

Inovasi untuk Mendongkrak Daya Saing Negeri
 

 

Litbang.pu.go.id-Jakarta—Daya saing sebuah bangsa disusun oleh bermacam komponen. Salah satu komponen penyusun tersebut adalah infrastruktur. Infrastruktur memegang fungsi yang cukup krusial dalam meningkatkan kualitas hidup sebuah komunitas masyarakat.

 

Kementerian PUPR sebagai punggawa dalam bidang penyediaan layanan infrastruktur pekerjaan umum memiliki tanggung jawab yang semakin besar dalam melaksanaan tugasnya. Pelaksanaan tugas tersebut harus didukung oleh tersedianya inovasi teknologi litbang PUPR yang berkualitas.

 

Badan Litbang PUPR terus berupaya untuk menghasilkan teknologi bidang pekerjaan umum yang, idealnya,  sesuai dengan kebutuhan para calon pengguna. Oleh karena itu, pada tahun 2016, Badan Litbang PUPR melakukan upaya sinergis untuk menjaring masukan dan saran dari stake holders dan juga calon pelanggan melalui pelaksanaan acara Kolokium Badan Litbang 2016.

 

Pada tahun 2016, Kolokium dilaksanakan menggunakan format baru dengan mengintegrasikan semua Pusat-pusat Litbang dan Sekretariat Badan Litbang. Dengan mengusung tema pelaksanaan “Inovasi Teknologi Mendukung Pembangunan Infrastruktur Yang Berkualitas”, kolokium kali ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Infrastruktur Wilayah (BPIW), Kementerian PUPR Hermanto Dardak, mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono yang berhalangan hadir.

 

Dalam sambutannya, Hermanto Dardak menyampaikan pentingnya dukungan aktif Badan Litbang PUPR dalam menyokong pencapaian kinerja Kementerian PUPR dengan suplai inovasi teknologi berkualitas pada tiap WPS (Wilayah Pembangunan Strategis). Pembentukan WPS memiliki tujuan jangka panjang untuk mengurangi disparitas antar wilayah di Indonesia. (Nanda)