berita

Berita PUPR > WORKSHOP SISTEM KONSTRUKSI RISHA BAGI APLIKATOR RISHA


Saturday, 02 Jul 2016, Dilihat 196 kali

WORKSHOP SISTEM KONSTRUKSI RISHA BAGI APLIKATOR RISHA
 

 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman telah  melakukan berbagai penelitian di bidang teknologi perumahan dan permukiman. Berbagai produk keluarannya banyak dimanfaatkan dalam kegiatan pembangunan, baik yang dilakukan oleh pemerintah, swasta, maupun masyarakat luas. Tugas lembaga litbang satu diantaranya adalah menyebarluaskan teknologi hasil kegiatan litbang tersebut kepada para pemangku kepentingan terkait, baik instansi pemerintah pusat, daerah (provinsi, kabupaten/kota), perusahaan, perguruan tinggi, dan masyarakat dalam suatu wadah berbentuk diseminasi dan sosialisasi. 

Salah satu inovasi teknologi konstruksi yang dikembangkan yaitu Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Disain konstruksinya mengacu pada rancangan konstruksi bangunan rumah tinggal sistem bongkar pasang (knock down) dengan komponen-komponen yang dibuat secara pabrikasi. Dalam rangka memberikan pemahaman dan keterampilan teknologi konstruksi RISHA agar dapat teraplikasi sesuai dengan standard dan mutu yang telah ditetapkan, termasuk pengendalian mutunya baik sebelum, selama, maupun setelah pelaksanaan konstruksi sistem RISHA berlangsung, serta dalam rangka menyebarluaskan/alih teknologi produk litbang, maka diselenggarakan Workshop Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Sistem Konstruksi RISHA Bagi Calon Aplikator dan Aplikator RISHA pada tanggal 21-24 Maret 2016 bertempat di Kampus Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Peserta alih teknologi ini adalah para mitra kerjasama perusahaan calon aplikator dan aplikator RISHA, terdiri dari 1 (satu) orang mandor dan 1 (satu) orang tukang.

Materi  yang diberikan pada workshop yaitu : Pengenalan Teknologi Sistem RISHA, Teori Bahan Bangunan Konstruksi Sistem RISHA, Pembuatan Panel Struktur RISHA, Perakitan RISHA, Pengendalian Mutu Sistem RISHA,serta Praktek Perakitan Komponen RISHA. Para narasumbernya adalah : Prof. DR. Ir. Arief Sabaruddin, CES. / Ir. Johny FS Subrata, MA., Ir. Lutfi Faizal, Ir. Agus Sarwono, MM, Lasino, ST. APU., Ir. Sutadji Yuwasdiki, Dipl. E. Eng., Ir. Johnny Rakhman, Dipl. E. Eng., Moh. Edi Nur, ST., Rusli, ST. MT., Ir. Nana Pudjasukmana, MM., Dany Cahyadi, ST. MT., dan Yoga Megantara, ST.   ( agus heriyanto / ros dharmawati )

Posting WORKSHOP SISTEM KONSTRUKSI RISHA BAGI APLIKATOR RISHA ditampilkan lebih awal di Puskim.