berita

Berita PUPR > Jalin Kerja Sama Wujudkan Rumah untuk MBR


Saturday, 02 Jul 2016, Dilihat 112 kali

Jalin Kerja Sama Wujudkan Rumah untuk MBR
 

 

Jakarta, Litbang.pu.go.id

Balitbang PUPR yang tugasnya melakukan penelitian dan pengembangan serta penerapan teknologi dalam penyelenggaraan infrastruktur tidak ingin teknologi hasil penelitiannya hanya sekedar menjadi literatur semata. Untuk itu agar bisa diproduksi dan dinikmati oleh masyarakat, Balitbang PUPR menjalin kerjasama dengan para produsen dan pengembang.

Untuk mewujudkan hal tersebut Balitbang PUPR menjalin Koordinasi Pemanfaatan Produk Litbang yang diselenggarakan di ruang rapat Balitbang PUPR, Kamis, 21 April 2016. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Balitbang PUPR, Arie Setiadi, Sekretaris Balitbang PUPR, Bernaldy beserta perwakilan dari pusat-pusat penelitian Balitbang PUPR serta para produsen dan pengembang.

Fokus utama dalam pertemuan kali ini yaitu pembangunan permukiman bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Masalah permukiman di Indonesia merupakan salah satu permasalahan utama negeri ini. Sebanyak 60% MBR bekerja di sektor informal dan belum tersentuh oleh pemerintah. Regulasi yang ada saat ini masih mengutamakan masyarakat yang bekerja di sektor formal dengan gaji bulanan. Sehingga bagi MBR dari sektor informal kesulitan untuk memiliki rumah. Hal ini lah yang menjadi fokus utama Balitbang PUPR yaitu bagaimana membangun permukiman yang layak dengan harga murah untuk MBR.

Pertemuan serupa juga pernah dilakukan belum lama ini. Kementerian PUPR melalui Badan Penelitian dan Pengembangan memfokuskan perhatiannya untuk menjangkau MBR dalam kepemilikan rumah. Kerjasama dengan para produsen dan pengembang diharapkan nantinya dapat menghasilkan produk massal dengan harga murah namun memiliki kualitas yang baik.

“Adanya kerjasama Balitbang PUPR dengan produsen dan pengembang diharapkan bisa menurunkan harga, mempercepat produksi dan meningkatkan kualitas,” kata Kabalitbang PUPR Arie Setiadi menutup pertemuan ini.

Pertemuan seperti ini dapat menjadi wadah pagi peneliti untuk menjaring sebanyak mungkin masukan sehingga kedepannya Balitbang dapat lebih berinovasi sesuai dengan pedoman Balitbang Kementerian PUPR yaitu relevan, inovatif, kompetitif dan aplikatif.