berita

Berita PUPR > Upacara Peringatan Hari Bakti PU Ke 71


Saturday, 03 Dec 2016, Dilihat 120 kali

Upacara Peringatan Hari Bakti PU Ke 71
 

 

Jakarta – Setiap tanggal 3 Desember, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelar Upacara memperingati Hari Bakti PU. Upacara peringatan Hari Bakti PU ke-71 diselenggarakan di halaman Kementerian PUPR dan di pimpin oleh Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono selaku Inspektur Upacara. 

Dalam sambutannya, Basuki Hadimuljono mengingatkan kembali bahwa tanggal 3 Desember 71 tahun yang lalu adalah sejarah bukti semangat berbakti yang ditandai dengan gugurnya tujuh orang pegawai PU dalam mempertahankan Kantor Pusat Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum, yang saat itu berlokasi di Gedung Sate, Bandung. Tujuh pemuda pejuang tersebut adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu dan Soerjono. Peristiwa ini kemudian dikenang sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum dan telah tercatat dalam sejarah perjuangan bangsa.

Dengan semangat berbakti yang diwariskan oleh para Sapta Taruna yang terus dipelihara maka Kementerian PUPR telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur PUPR yang telah dinikmati oleh seluruh penduduk Republik Indonesia. Pembangunan infrastruktur PUPR juga telah mendapat apresiasi yang tinggi dari Presiden Jokowi. Berbagai penghargaan telah diterima oleh Kementerian PUPR sebagai bukti apresiasi tersebut.

“Saya minta untuk semua pejabat dan karyawan/karyawati di lingkungan Kementerian PUPR agar menjalankan tugasnya dengan baik, tertib, dan transparan untuk percepatan pembangunan infrastruktur,” ungkap Basuki dalam sembutannya.

Semua hal yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh Kementerian PUPR dituangkan dalam tema peringatan Hari Bakti PU Tahun 2016 ini adalah “Kerja Nyata Membangun Infrastruktur untuk Bangsa”. Tema ini diharapkan dapat menjadi bahan refleksi dan pemacu semangat bagi segenap insan Kementerian PUPR dalam mengejar ketertinggalan untuk membangun infrastruktur yang lebih baik guna mewujudkan Indonesia yang lebih makmur, aman, damai, adil, demokratis, dan sejahtera.

“Terus bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat, untuk dapat mencapai hasil yang telah direncanakan,” Tegasnya.

Selain memberikan sambutan pada upacara Hari Bakti PU ke-71, Basuki Hadimuljono juga menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih kepada pejabat dan seluruh karyawan PUPR yang telah mengakhiri masa pengabdiannya dan memasuki masa purnabakti atas seluruh pengabdian dan bakti yang telah diberikan selama ini kepada bangsa dan negara. 

“Untuk generasi muda PUPR yang sedang dan masih terus bekerja di Kementerian PUPR agar menjaga semangat kerja yang tinggi.” pintanya.

 

Dalam upacara kali ini generasi muda Balitbang juga ikut berpartisipasi dalam pengibaran bendera. Inilah wujud pengabdian yang sedang diberikan untuk menjaga semangat kerja yang tinggi bagi generasi muda Balitbang.