berita

Berita PUPR > Alih Teknologi Dan Serah Terima Model Teknologi Bahan Bangunan Berbasis Material Vulkanik Gunung Sinabung


Monday, 26 Nov 2018, Dilihat 203 kali

Alih Teknologi Dan Serah Terima Model Teknologi Bahan Bangunan Berbasis Material Vulkanik Gunung Sinabung
 

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan (BLPW I) menyelenggarakan kegiatan Alih Teknologi dan Serah Terima Model Teknologi Bahan Bangunan Berbasis Material Vulkanik Gunung Sinabung. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21-22 November 2018 di Kabupaten Karo, dalam rangka serah terima model unit produksi bahan bangunan berupa bangunan dan peralatan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karo. Selain itu turut melaksanakan alih teknologi terkait bangunan rumah yang tahan gempa dan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Peserta yang hadir terdiri dari kalangan Dinas Kabupaten Karo, jajaran aparatur Kecamatan dan Desa, serta warga masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung di Kecamatan Payung dan Tiganderket.

Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan peresmian serah-terima aset yang diserahkan secara langsung oleh Kepala BLPW I Medan Agus Sarwono kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana. Selanjutnya kegiatan masuk pada sesi alih teknologi, diawali dengan paparan mengenai Pengenalan Bangunan Rumah Tahan Gempa oleh Kepala BLPW I Medan Agus Sarwono. Lalu disampaikan paparan mengenai Pengenalan Teknologi RISHA oleh Rachmat Pramudji dari BLPW I Medan, serta RISHA dan aspek ekonominya oleh Bambang Sugiharto dari Puslitbang Perumahan dan Permukiman.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pencetakan dan perakitan panel RISHA kepada peserta yang dipandu oleh instruktur yaitu Rachmat Pramudji dan Bambang Sugiharto, didukung oleh tim pelatihan dari BPLW I Medan. Kegiatan ditutup secara remi oleh Kepala BLPW I Medan. Saat penutupan, Kepala BLPW I Medan menyampaikan harapannya agar teknologi tepat guna seperti RISHA dapat dikembangkan oleh stakeholder di Kabupaten Karo dengan menggunakan unit produksi yang telah tersedia, serta memanfaatkan potensi material vulkanik Gunung Sinabung yang relatif melimpah di daerah tersebut. (Bramantyo)