berita

Berita PUPR > Serah Terima dan Alih Teknologi Model Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi Pada Permukiman Tepi Danau Maninjau


Wednesday, 12 Dec 2018, Dilihat 252 kali

Serah Terima dan Alih Teknologi Model Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi Pada Permukiman Tepi Danau Maninjau
 

Pelaksanaan Alih Teknologi dan Serah Terima Model Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi di Kawasan Linggai, merupakan program kerjasama antara Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR, melalui Balai Litbang Perumahan Wilayah I, yang berlokasi di Medan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam. Dalam rangka mendukung program 100-0-100 dan mendukung program save maninjau, telah menerapkan model air bersih dan sanitasi di Kawasan Wisata Linggai, Jorong Tanjuang, Nagari Duo Koto TA. 2018. Penerapan model sanitasi terpadu hasil Litbang Puslitbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR tersebut yang mengkombinasikan pengolahan air limbah domistik dan sampah organik disertai pengolahan air minum isi ulang dengan unit filtrasi dan desinfeksi.

Balai Litbang Perumahan Wilayah 1 Medan secara resmi pada hari Jum’at, 7 Desember 2018, menyerah terimakan model pengolahan air bersih dan sanitasi di kawasan Linggai kepada Pemerintah Kabupaten Agam, sekaligus melaksanakan alih teknologi model pengolahan air bersih dan air limbah di kawasan Linggai bagi peserta khususnya bagi calon operator/teknisi pengelola model tersebut. Pelaksanaan serah terima oleh Plt. Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah 1 Medan Agus Sarwono kepada Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Agam Erniwati yang disaksikan oleh Bupati Agam diwakili Sekda Agam, H. Martias Wanto Dt. Maruhun. Pelaksanaan Alih Teknologi oleh Elis Hastuti dengan materi meliputi, Panduan operasional dan pemeliharaan unil IPAL, Panduan operasional dan pemeliharaan unil IPA dan Pembentukan kepengelolaan model pengolahan air bersih dan sanitasi.

Acara serah terima dihadiri oleh Asisten II Setda Agam, Jetson, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Agam, Rahmad Lasmono, Kepala Kesbangpol Agam, Yunilson, Dinas Kesehatan diwakili Halim Wajdi, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Wali Nagari Duo Koto, Joni Syafri dan warga sekitar. Pada kesempatan ini, Sekda Agam, Martias Wanto menyambut baik dengan diserahkannya serta alih teknologi model pengolahan air bersih dan sanitasi tersebut. Akhir-akhir ini tidak hanya di Kabupaten Agam, bahkan di nusantara cenderung terjadi kerusakan alam dan kerusakan keseimbangan ekosistem, sehingga kualitas air jadi rusak yang menjadi resiko sangat fatal bagi masyarakat yang mengkomsumsinya. Salah satu contoh di Kabupaten Agam adalah Danau Maninjau, kondisi air danau saat ini sudah memprihatinkan yang mana air danau tidak sebening  beberapa tahun lalu dan tidak dapat lagi dikonsumsi masyarakat sekitar danau.

Dengan demikian, Martiaswanto mengajak mengajak masyarakat yang akan menikmati fasilitas ini diharapkan bersama-sama menjaga dan memelihara Model Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi yang sudah dibangun tersebut. (Agus Sarwono)